Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Lidah Putih, Apakah Benar Berbahaya Bagi Kesehatan?

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.341.441 orang

Lidah Putih, Apakah Benar Berbahaya Bagi Kesehatan?

Pemandangan lidah putih saat Anda melihat cermin kamar mandi pada pagi hari mungkin terlihat menakutkan, tetapi kondisi ini biasanya tidak berbahaya. 

Lidah putih terjadi karena adanya lapisan ekstra pada lidah Anda. Seluruh lidah Anda mungkin berwarna putih, atau Anda bisa saja memiliki bintik-bintik putih atau bercak di lidah Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lidah putih biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi pada keadaan-keadaan tertentu, gejala ini dapat merupakan sebgai pertanda suatu kondisi yang lebih serius seperti HIV/AIDS atau kanker dini. 

Itulah mengapa penting jika muncul bercak putih pada lidah, Anda harus mengamati gejala lain yang muncul pada diri Anda, Anda dapat menghubungi dokter Anda jika lapisan putih tidak hilang dalam beberapa minggu.

Kondisi apa yang bisa menyebabkan lidah putih?

Muncul bercak putih pada lidah erat kaitannya dengan kebersihan mulut seseorang. Lidah Anda bisa menjadi putih ketika benjolan kecil (papillae) yang melebar dan meradang.

Saat papila tersebut meradang, bakteri, jamur, kotoran, makanan, dan sel-sel mati semuanya bisa terjebak di antara papila yang membesar tersebut. Kumpulan dari komponen ini lah yang membuat lidah Anda terlihat putih.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan muncul bercak putih pada lidah:

  • menyikat gigi dan flossing yang buruk
  • mulut kering
  • kebiasaan bernapas melalui mulutmu
  • dehidrasi atau kurang minum
  • iritasi, seperti dari tepi tajam pada gigi atau instrumen gigi Anda
  • demam
  • merokok atau mengunyah tembakau
  • rutin mengkonsumsi alkohol

Beberapa kondisi medis yang terkait dengan lidah putih

  • Leukoplakia: Kondisi ini menyebabkan bercak putih terbentuk pada bagian dalam pipi Anda, dan sepanjang gusi Anda, dan kadang-kadang di lidah Anda. Anda bisa menderita leukoplakia jika Anda merokok atau mengunyah tembakau.

    Selain itu leukoplakia bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan.Leukoplakia biasanya tidak berbahaya. Tetapi pada kasus-kasus tertentu, leukoplakia dapat berkembang menjadi kanker mulut.

  • Oral lichen planus: Kondisi ini terjadi karena adanya masalah dengan sistem kekebalan Anda sehingga menyebabkan bercak putih terbentuk di mulut Anda dan di lidah Anda.

    Seiring dengan munculnya bercak putih pada lidah, gusi Anda mungkin akan terasa sakit. Sepanjang lapisan dalam mulut Anda juga mungkin akan mengalami luka.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Oral thrush: Kondisi ini adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur Candida. Anda mungkin rentan menderita kondisi ini, jika Anda menderita diabetes, sistem kekebalan yang lemah dari kondisi seperti HIV atau AIDS, kekurangan zat besi atau vitamin B, atau jika Anda memakai gigi palsu dengan higiene yang buruk.

  • Sifilis: Infeksi menular seksual ini dapat menyebabkan luka di mulut Anda. Jika sifilis tidak diobati, bercak putih yang disebut leukoplakia sifilis dapat terbentuk di lidah Anda.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan lidah putih meliputi:

  • lidah geografis, atau bercak papila yang hilang di lidah Anda yang terlihat seperti pulau di peta
  • obat-obatan seperti antibiotik, yang dapat menyebabkan infeksi jamur di mulut Anda
  • kanker mulut atau lidah 

Kapan sebaiknya Anda mengunjungi dokter terkait bercak putih pada lidah?

Jika keluhan Anda hanya munculnya bercak putih pada lidah, Anda tidak perlu mengunjungi dokter. Tetapi jika bercak putih tersebut tidak hilang dalam dua minggu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk pergi ke dokter.

Hubungi dokter Anda segera, jika Anda memiliki gejala yang lebih serius seperti:

  • Lidah Anda terasa sakit atau terasa seperti terbakar.
  • Anda memiliki luka terbuka di mulut Anda.
  • Anda mengalami kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara.
  • Anda memiliki gejala lain, seperti demam, penurunan berat badan, atau ruam kulit

Penanganan bercak putih pada lidah

Lidah putih mungkin tidak perlu diobati. Gejala ini sering hilang dengan sendirinya. Anda mungkin bisa menghilangkan lapisan putih dari lidah Anda dengan menyikatnya secara lembut dengan sikat gigi yang lembut. Minum banyak air juga dapat membantu membersihkan bakteri dan kotoran dari mulut Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jika Anda memang membutuhkan penanganan medis, maka penanganannya bergantung pada kondisi yang menyebabkan lidah putih Anda seperti :

  • Leukoplakia tidak perlu diobati. Namun, Anda harus menemui dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan kondisi ini tidak semakin buruk. Untuk membersihkan bercak putih,Anda bisa berhenti merokok atau berhenti mengunyah tembakau, dan kurangi jumlah alkohol yang Anda minum.

  • Oral lichen planus juga tidak perlu diobati. Jika kondisi Anda parah, dokter Anda mungkin akan meresepkan semprotan steroid atau obat kumur yang terbuat dari pil steroid yang dilarutkan dalam air.

  • Oral Thrush diobati dengan obat antijamur. Sediaanya ada dalam beberapa bentuk seperti: gel atau cairan.

  • Sifilis diterapi dengan satu dosis penicillin. Antibiotik ini membunuh bakteri yang menyebabkan sifilis. Jika Anda menderita sifilis selama lebih dari satu tahun, Anda mungkin perlu mengonsumsi lebih dari satu dosis antibiotik.

HIV/AIDS dan bercak putih pada lidah

Pada pasien HIV yang mana terjadi penurunan sistem imun, akan rentan terjadi infeksi, termasuk infeksi jamur di mulut. Infeksi jamur kandida (candidiasis) adalah salah satu tanda yang paling awal dan paling umum ditemukan pada penderita HIV/AIDS. 

Secara klinis candidiasis tampak sebagai bercak putih atau kombinasi bercak putih dan kemerahan yang dapat terjadi di bagian manapun di rongga mulut. Terkadang bercak ini mudah berdarah dan terdapat daerah kemerahan di bawah bercak putih, disertai rasa sakit dan rasa seperti terbakar.

Namun yang perlu diingat adalah belum tentu jika muncul bercak putih pada lidah maka seseorang tersebut menderita HIV, untuk menegakan diagnosa HIV, dibutuhkan tes laboratorium di rumah sakit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini