Kenali Apa Itu Peradangan Lidah Geografis

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sebagai bagian dari organ mulut, lidah juga berperan penting terutama dalam mengecap makanan dan membantu Anda menelan makanan yang dikonsumsi. 

Namun, sama seperti bagian tubuh Anda lainnya, lidah juga bisa mengalami beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah yang disebut dengan lidah geografis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Lidah geografis merupakan suatu kelainan kondisi lidah dimana terdapat bercak-bercak di permukaan lidah Anda yang akan tampak mirip seperti kumpulan pulau-pulau yang ada di peta. 

Laku, apakah lidah geografis itu berbahaya bagi kesehatan Anda ? Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab munculnya kondisi tersebut dan bagaimanakah cara mengatasinya ? 

Untuk informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak penjelasannya di bawah ini.

Apakah sebenarnya kondisi lidah geografis itu ?

Lidah geografis adalah sebuah kondisi yang terjadi akibat adanya peradangan pada lidah Anda, peradangan tersebut kemudian menyebabkan terbentuknya lesi yang terlihat seperti pulau-pulau di peta. 

Lesi yang umumnya muncul pada bagian lidah di sisi samping atau pun sisi permukaan atas lidah, biasanya akan terlihat tak beraturan dan seringkali tampak terdapat batas putih pada bagian tepinya yang semakin memperjelas bentuk lesi tersebut. 

Permukaan lidah terkadang tampak halus dan tidak terdapat papila di atasnya yang menjadikannya terlihat seperti berbentuk sesuatu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Timbulnya lesi yang ada di satu area lidah kemungkinan bisa berpindah ke area atau sisi lainnya di lidah Anda. Bahkan, beberapa kejadian menunjukkan bahwa lesi tersebut bisa terjadi juga di daerah mulut Anda yang lain. 

Lidah geografis terjadi bisa pada semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Akan tetapi, kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

Apakah penyebab lidah geografis ?

Terjadinya peradangan lidah ini belum bisa diketahui pasti sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya. Sebagian ilmuwan mengatakan kondisi ini dengan kondisi lainnya seperti psoriasis.

Untuk memastikan keterkaitan antara keduanya, diperlukan penelitian lebih lanjut. Beberapa peneliti rupanya telah mendiagnosis 2 faktor potensial penyebab terjadinya lidah geografis, yaitu :

  • fissured tongue, yaitu kondisi lidah yang mempunyai alur pada sepanjang permukaannya; dan
  • faktor genetik, dimana kondisi ini bisa diturunkan dari generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya.

Beberapa gejala dan tanda dari kondisi lidah geografis

Sebagian orang yang menderita peradangan lidah ini rupanya tidak merasakan apapun dan tidak memiliki gejala atau tanda-tanda apapun sebelumnya. Namun, biasanya ada gejala yang umum terjadi, diantaranya yaitu :

  • Timbulnya lesi merah yang terasa halus pada permukaan lidah dan memiliki bentuk seperti pulau tak beraturan;
  • Adanya batas putih/terang yang sedikit menonjol pada tepian area lesi;
  • Adanya lesi dengan berbagai ukuran juga bentuk;
  • Lesi yang dapat berpindah dalam hitungan hari/minggu. Lesi ini pindah dari area lidah awal ke area lainnya;
  • Lidah yang sensitif pada zat tertentu, seperti pasta gigi, obat kumur, gula, makanan panas, pedas, asam yang mengakibatkan rasa tak nyaman/ terbakar di lidah dan mulut; dan
  • Sebagian orang akan mengalami gejala keretakan pada permukaan lidah, yang mungkin akan terasa sakit bahkan menyebabkan iritasi.

Gejala-gejala di atas rupanya dapat terjadi hingga satu tahun lamanya tanpa Anda sadari atau tanpa terdeteksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara dokter mendiagnosis lidah geografis

Terdapat beberapa cara yang pada umumnya dilakukan guna mendiagnosis kondisi lidah geografis, seperti :

  • Melakukan pengecekan terhadap keadaan lidah, mulut, dan tenggorokan menggunakan sinar senter/lampu khusus;
  • Melakukan pengecekan terhadap keadaan keseluruhan lidah, dimana dokter akan meminta Anda memindahkan lidah ke berbagai posisi;
  • Menyentuh lidah/merabanya guna memeriksa tekstur dan konsistensinya; serta
  • Memeriksa ada atau tidaknya tanda-tanda terjadinya infeksi, misalnya demam dan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher Anda.

Cara mengobati lidah geografis

Peradangan jenis ini pada umumnya bisa sembuh dengan sendirinya dan tanpa memerlukan penanganan khusus atau pengobatan tertentu. Akan tetapi, kemungkinan juga peradangan ini bisa bertahan hingga beberapa minggu dan tak kunjung hilang. Cara pengobatan yang umumnya bisa dilakukan adalah :

  • Pemberian obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen serta naproxen sodium;
  • Konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter, yang berguna untuk mengurangi peradangan, misalnya obat kortikosteroid yang dipakai secara langsung ke lidah, dan antihistamine dalam bentuk obat kumur;
  • Hindarilah makanan yang dapat menyebabkan iritasi semakin memburuk, misalnya makanan yang sangat panas, pedas/asam;
  • Konsumsilah suplemen vitamin B dan suplemen Zinc.

Bagi Anda yang mengalami kondisi lidah geografis, sebenarnya tak perlu terlalu panik dan khawatir. Karena kondisi ini tidak terkait dengan gangguan kesehatan lain yang serius, infeksi atau pun kanker

Akan tetapi, tetap disarankan bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lidah. Bersihkan lidah menggunakan pembersih khusus untuk mencegah masalah kesehatan lidah lainnya.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Picciani BL, et al. Geographic tongue and psoriasis: Clinical, histopathological, immunohistochemical and genetic correlation — A literature review. Anais Brasileiros de Dermatologia. 2016;4:410.
Geographic tongue. The American Academy of Oral Medicine. http://www.aaom.com/.
Goldstein BG, et al. Oral lesions. http://www.uptodate.com/home.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app