Kenapa Perut di Bagian Atas Kemaluan Bisa Sakit?

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sakit perut di bagian atas kemaluan sering disebut nyeri panggul. Nyeri panggul bisa dialami oleh siapa saja, pria maupun wanita. Namun, wanita lebih sering mengalaminya. Nyeri panggul pada wanita biasanya berkaitan dengan masalah organ reproduksi, seperti rahim, ovarium, tuba falopi, serviks (leher rahim), dan vagina. 

Penyebab Sakit Perut di Atas Kemaluan pada Pria dan Wanita

Penyebab sakit perut di atas kemaluan bisa bermacam-macam dan tidak selalu disebabkan karena masalah organ reproduksi. Penyebabnya bisa karena terjadinya infeksi di kandung kemih, usus besar, tulang panggul, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa penyebab sakit perut di atas kemaluan pada pria dan wanita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Radang usus buntu (apendisitis)

Radang usus buntu merupakan peradangan pada bagian memanjang dari usus besar, bentuknya seperti tabung dengan panjang 7-9 cm, dan buntu atau tidak memiliki saluran lain. Gejalanya adalah : perut sakit di bagian dekat pusar dan kemudian berpindah ke bagian perut di kanan bawah. 

Radang kandung kemih (cystitis)

Radang kandung kemih merupakan peradangan di bagian kandung kemih sehingga menyebabkan rasa sakit dan tertekan pada kandung kemih. Penderita juga akan mengalami nyeri, mulai dari rasa tidak nyaman hingga nyeri parah di bagian panggul. Gejalanya antara lain sering buang air kecil, serta nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual. 

Hernia

Hernia merupakan penyakit akibat keluarnya bagian usus dari rongga perut melalui titik lemah otot perut. Anda akan merasa sakit di bagian munculnya hernia saat mengangkat beban berat, batuk, dan membungkuk. 

Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus besar merupakan penyakit sistem pencernaan berkaitan dengan kerja usus besar. Gejalanya antara lain perubahan frekuensi BAB serta perut terasa nyeri dan kembung. Namun, penyebab terjadinya sindrom iritasi usus besar masih belum dapat diketahui secara pasti. 

Kanker usus besar

Kanker usus besar biasanya diawali dengan tumbuhnya polip adenomatosa atau benjolan di usus besar. Apabila polip tumbuh di usus besar, lama-lama polip dapat berkembang menjadi kanker usus besar. Gejala terjadinya kanker usus besar adalah keluar darah saat BAB, perut kembung, sering kram dan nyeri perut, serta rasa sakit di perut bagian bawah.

Beberapa penyebab lain dari sakit perut di atas kemaluan antara lain : batu kandung kemih, fibromialgia, sumbatan usus, sembelit, radang prostat (prostatitis), divertikulitis, radang usus besar (colitis), penyakit Crohn, penyakit menular seksual, seperti gonore atau sifilis, maupun patah tulang panggul. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Penyebab Sakit Perut di Atas Kemaluan (Nyeri Panggul) pada Wanita

Ada beberapa penyebab lain terjadinya nyeri panggul atau sakit perut di atas kemaluan pada wanita, antara lain :

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang mungkin timbul bersama rasa sakit pada perut bagian atas kemaluan. Sebaiknya Anda tidak menyepelekannya, karena munculnya gejala lain dapat digunakan sebagai penanda perlunya penanganan medis segera. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter apabila terjadi. Gejala lain tersebut antara lain :

  • Pendarahan vagina
  • Sembelit atau diare
  • Demam
  • Nyeri di bagian pinggang dan pangkal paha
  • Kram atau sangat nyeri ketika haid
  • Sulit, nyeri, atau keluar darah saat buang air kecil
  • Perut kembung
  • Sakit ketika berhubungan seksual.

Cara Mengatasi

Penanganan rasa sakit pada perut di atas kemaluan akan lebih optimal apabila Anda mengetahui penyebab rasa sakitnya. Anda bisa mengetahui penyebabnya secara pasti dengan memeriksakan dan mengonsultasikan keadaan Anda ke dokter. 

Maka, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter supaya dapat dilakukan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut. Selain periksa ke dokter, berikut terdapat tips-tips untuk meringankan rasa sakitnya, diantaranya : 

  • Tidak menahan buang air kecil
  • Mengonsumsi air putih 6-8 gelas perhari
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
  • Tidak merokok
  • Olahraga teratur

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Abdominal Pain: Causes, Types, and Prevention. Healthline. (https://www.healthline.com/health/abdominal-pain)
Pain in lower left abdomen: 12 possible causes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320069.php)
Why Does My Stomach Hurt? 17 Possible Causes of Stomach Pain. WebMD. (https://www.webmd.com/pain-management/guide/abdominal-pain-causes-treatments)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app