Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Keluarga Berencana

Ayo Kenali Seluk Beluk KB Implan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.311.982 orang

Ayo Kenali Seluk Beluk KB Implan

Alat kontrasepsi semakin berkembang pesat mulai dari keberagaman jenisnya dan mereknya. Mulai dari kontrasepsi sementara hingga permanen, dari yang diminum hingga diimplan. KB implan merupakan jenis KB yang naik daun hari ini. Namun seperti apakah KB implan itu?

Mengetahui cara kerja KB Implan

Memiliki cara pemasangan yang berbeda dengan pil KB yang diminum, KB implan merupakan jenis KB yang menggunakan tabung plastik fleksibel kecil seukuran korek api. KB implan ini ditanamkan pada kulit lengan atas. Sekali pemasangan, KB implan efektif mencegah kehamilan hingga tiga tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Tabung kecil berisi cairan KB ini mengandung hormon Progestin yang berpengaruh pada peluang kehamilan. Hormon progestin ini akan mencegah ovulasi, yaitu pelepasan sel telur dari indung telur ke tuba falopi sehingga mencegah seseorang hamil karena sperma tidak dapat membuahi sel telur.

Hormon progestin ini juga berfungsi untuk menebalkan lendir di bagian leher rahim yang dapat mencegah sperma masuk ke Rahim. Hormon ini juga menipiskan lapisan dinding rahim sehingga sel telur yang berhasil dibuahi oleh sperma tidak dapat menempel pada dinding Rahim. 

Akibatnya kehamilan tidak akan terjadi.

Keefektifan KB Implan untuk mencegah kehamilan

Tidak perlu ragu terhadap keefektifan KB implan untuk mencegah kehamilan. Berdasarkan laporan yang ada, dari 100 pengguna KB implan, hanya ada 1 orang yang tetap hamil. Kemungkinan terjadinya hamil akan meningkat apabila Anda terus menggunakan KB susuk selama tiga tahun tanpa menggantinya.

Sehingga, meski penggunaannya termasuk lama, Anda harus mencatat dengan benar kapan waktu mengganti KB implan yang telah dipasang.

Selain alasan waktu penggantian yang tepat, pengaruh mengkonsumsi obat lain juga dapat mempengaruhi kinerja KB implan

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Beberapa obat dapat mempengaruhi kinerja KB sehingga tidak efektif lagi bekerja seperti antibiotik, obat ARV, dan obat herbal St. John’s Wort yang digunakan untuk obat anti depresi.

Efek samping KB Implan

Secara umum Anda harus mengetahui bahwa penggunaan KB implan tentunya tidak dapat mencegah penularan penyakit kelamin. Sehingga Anda harus menerapkan gaya hidup seksual yang sehat untuk mencegah penyakit ini dengan tetap setia pada pasangan yang sah dan tidak melakukan aktivitas yang melanggar.

Selain itu, KB implan juga memiliki efek samping terhadap tubuh seperti merubah siklus menstruasi. Selain itu efek samping dari KB implant adalah:

  • Darah haid justru menjadi lebih banyak, dan sebaliknya juga bisa menjadi lebih sedikit
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali
  • Flek darah dapat keluar meski sedang tidak menstruasi
  • Jerawatan
  • Pusing
  • Rasa sakit dan bekas tempat implan dimasukkan
  • Depresi
  • Bertambahnya berat badan
  • Nyeri pada payudara

Namun, efek samping ini tidak akan menimpa seluruh pengguna KB implant melainkan hanya sebagian saja. Efeknya juga dapat menghilang seiring waktu. Hanya saja pada wanita perokok, risiko efek samping ini akan semakin meningkat sehingga disarankan untuk berhenti merokok.

Yang cocok menggunakan KB Implan dan cara pemasangan

Jenis KB ini paling cocok digunakan untuk wanita yang tidak dapat teratur mengkonsumsi pil KB. KB implant juga cocok untuk mereka yang sedang tidak merencanakan kehamilan dalam jangka lama.

 KB Implan juga tidak disarankan untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit hati, pendarahan vagina, pembekuan darah dan beberapa tipe kanker.

Pemasangan KB implant dilakukan di rumah sakit, klinik maupun puskesmas. Pemasangan implant akan ditunda apabila Anda sedang berada pada siklus menstruasi atau menggunakan metode lain.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit