Thyroid Conditions: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jun 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 6 menit
Thyroid Conditions: Penyebab, Gejala, dan Obat

Tiroid adalah kelenjar kecil di bagian depan leher yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu. Separuh tiroid terletak di satu sisi batang tenggorokan(lobus), dan setengahnya terletak di sisi lainnya. Tiroid terletak di antara jakun dan tulang dada.

Tiroid yang sehat menghasilkan hormon yang mengendalikan metabolisme cara tubuh memecah makanan dan menggunakan atau menyimpan energi. Fungsi tiroid anak mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Anak-anak bisa mengalami kondisi tiroid, yang meliputi:

Terlalu banyak hormon tiroid (tiroid yang terlalu aktif, atau hipertiroidisme)

Ini termasuk penyakit Graves. Pada penyakit Graves, sistem imun anak sendiri membuat antibodi (protein yang biasanya melawan infeksi) yang tidak normal dan meningkatkan aktivitas tiroid.

Terlalu sedikit hormon tiroid (tiroid yang kurang aktif, atau hipotiroidisme)

Ini termasuk penyakit Hashimoto atau tiroiditis Hashimoto. Dalam penyakit Hashimoto, sistem kekebalan anak itu sendiri membuat antibodi yang tidak normal dan mengurangi aktivitas tiroid.

Nodul tiroid

Berupa benjolan kecil yang terbentuk di tiroid. Mereka bisa berupa kantung berisi cairan (kista) atau massa padat. Sebagian besar nodul tiroid adalah jinak (bukan kanker), tetapi ada juga yang ganas (kanker).

Kanker tiroid

Jenis kanker tiroid yang paling umum pada anak-anak disebut karsinoma papiler. Anak-anak juga dapat terkena kanker tiroid jenis lain, termasuk karsinoma folikuler tiroid dan karsinoma meduler tiroid (MCT). MCT dapat diwariskan dalam keluarga. Beberapa anak dengan kanker tiroid memiliki kondisi lain yang diwariskan dalam keluarga yang disebut multiple endocrine neoplasia type 2 (MEN II). 

Penyakit Grave dan penyakit Hashimoto merupakan kondisi yang umum terjadi. Kondisi ini tampaknya mengarah ke nodul tiroid dan kanker tiroid pada anak-anak dan remaja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Masalah dengan kelenjar paratiroid

Di dekat tiroid terdapat 4 kelenjar kecil yang disebut kelenjar paratiroid. Ini mengontrol tingkat kalsium dalam tubuh. Mereka juga dapat mengembangkan masalah, seperti menjadi terlalu aktif (hiperparatiroidisme). Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif menyebabkan kadar kalsium anak lebih tinggi dari normal.

Gejala Kondisi Tiroid

Gejala kondisi tiroid tergantung pada jenis masalah, termasuk apakah itu menyebabkan hormon tiroid terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Beberapa anak dengan kondisi tiroid tidak memiliki gejala.

Gejala tiroid yang terlalu aktif

Anak-anak dengan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dapat:

  • Lebih gugup, gelisah, atau emosional daripada biasanya
  • Sulit tidur
  • Berat badan turun meskipun mereka tampaknya makan cukup
  • Keringat lebih dari biasanya
  • Memiliki jantung berdebar (berdebar atau melompat dalam detak jantung mereka)
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Mengalami diare

Tiroid yang terlalu aktif dapat membuat tiroid menjadi lebih besar. Tiroid yang membesar disebut gondok. Sebagian gondok memiliki ukuran kecil dan tidak menyebabkan gejala apa pun, namun sebagian lain dapat menyebabkan:

  • Pembengkakan di bagian depan leher, di kedua sisi atau hanya 1 sisi, yang bisa Anda lihat atau rasakan
  • Terasa tertekan atau sesak di leher atau tenggorokan jika gondok sangat besar. Ini mungkin memengaruhi cara anak menelan atau bernapas, menyebabkan batuk, atau membuat anak menjadi serak.

Gejala tiroid yang tidak aktif

Anak-anak dengan hormon tiroid yang terlalu sedikit (hipotiroidisme) dapat:

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7
  • Tampak lamban atau berenergi rendah
  • Menjadi depresi
  • Mulai menambah berat badan meskipun mereka belum mengubah pola makan atau olahraga mereka

Nodul tiroid

Nodul tiroid biasanya tidak menimbulkan gejala. Mereka dapat menyebabkan benjolan di leher yang Anda, anak, atau penyedia layanan kesehatan dapat rasakan. Lihat informasi tentang gejala kanker tiroid.

Gejala paratiroid yang terlalu aktif

Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan kadar kalsium yang tinggi dalam darah, yang dapat menyebabkan gejala-gejala ini:

Mendiagnosis Kondisi Tiroid

Jika anak memiliki gejala tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif atau benjolan di leher, dokter akan bertanya tentang latar belakang kesehatan anak dan melakukan pemeriksaan. Ini termasuk merasakan tiroid anak untuk mengetahui apakah itu ukuran dan bentuk normal dan apakah ada nodul.

Jika anak tidak memiliki gejala, Anda mungkin mencari tahu tentang masalah tiroid karena dokter merasakan sesuatu yang tidak normal di leher anak selama pemeriksaan rutin anak.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kondisi anak, dokter dapat meminta 1 atau lebih dari tes ini.

Tes darah

Tes darah dapat memeriksa kadar hormon tiroid dan antibodi yang dapat mempengaruhi cara kerja tiroid. Tes dapat meliputi:

-Penyerapan resin T3 (T3RU)

-Total T3 (triiodothyronine)

-T4 (tiroksin)

-Hormon perangsang tiroid (TSH)

-Antibodi tiroglobulin (TgAb)

-Antibodi tiroid peroksidase

Studi pencitraan

Studi pencitraan seperti ultrasound pada leher anak memungkinkan dokter untuk memeriksa gambar bagian dalam tubuh anak. Mereka dapat menilai ukuran dan tekstur tiroid anak dan memeriksa nodul atau tanda-tanda penyakit lainnya.

Biopsi aspirasi jarum halus

Jika anak memiliki nodul tiroid atau massa tiroid, mereka mungkin perlu biopsi. Tujuan dari biopsi adalah untuk mengetahui apakah nodul atau massa adalah kanker (ganas) atau bukan kanker (jinak).

Rumah sakit menggunakan metode biopsi yang disebut aspirasi jarum halus, yang dilakukan oleh ahli THT rumah sakit. Untuk sebagian besar anak-anak, kita dapat melakukan pemeriksaan fisik dan biopsi aspirasi jarum-halus di klinik yang sama mengunjungi dan menghindari kebutuhan untuk anestesi umum.

Rumah sakit mematikan leher bagian depan menggunakan perangkat bebas jarum yang disebut J-tip yang mendorong obat (buffered lidocaine) ke kulit anak dengan embusan udara yang kuat. Kemudian rumah sakit menggunakan jarum yang sangat tipis (lebih tipis dari pada jarum yang digunakan untuk pengambilan darah) untuk mengambil sampel sel. Rumah sakit menggunakan ultrasound untuk memandu jarum ke tempat yang tepat.

Mengobati Kondisi Tiroid

Hormon tiroid (dan hormon lainnya) terkait erat dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga anak-anak dengan kondisi tiroid perlu menemui ahli pediatrik.

Ahli endokrin pediatrik rumah sakit mungkin dapat mendiagnosis dan mengobati masalah tiroid anak tanpa perlu operasi. Obat mungkin yang paling dibutuhkan anak untuk mengoreksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid.

Jika anak benar-benar membutuhkan pembedahan, ahli bedah rumah sakit yang berpengalaman akan bekerja sama dengan tim perawatan kesehatan anak dan dengan Anda untuk memberitahu prosedur mana yang terbaik dan bagaimana menyesuaikannya dengan sisa perawatan anak.

Terapi untuk tiroid yang aktif

Obat-obatan

Untuk anak dengan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme), termasuk penyakit Graves, dokter dapat meresepkan obat yang diminum setiap hari untuk memblokir aktivitas tiroid. Obat-obatan umum untuk ini disebut propylthiouracil dan methimazole. Atau dokter mungkin menyarankan perawatan dengan yodium radioaktif (radioiodine, atau I-131) yang diminum. Kelenjar tiroid cenderung mengambil, atau berkonsentrasi, setiap yodium dalam tubuh. Kemudian radioaktivitas menyusutkan tiroid, menurunkan jumlah hormon.

Operasi

Seorang anak dengan tiroid yang terlalu aktif mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat tiroid jika hal-hal ini terjadi:

  • Obat tidak memperbaiki tingkat hormon mereka.
  • Obat ini menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan atau reaksi alergi.
  • Anak tidak dapat memiliki yodium radioaktif karena usia atau ukurannya.
  • Tiroid menjadi terlalu besar.

Perawatan tiroid yang tidak aktif

Untuk anak dengan terlalu sedikit hormon tiroid (hipotiroidisme), termasuk penyakit Hashimoto, dokter mungkin akan meresepkan pil hormon pengganti tiroid. Ini dapat menjaga tingkat hormon dalam kisaran yang tepat. Anak-anak yang meminum pil ini, perlu meminumnya seumur hidup dan mengunjungi dokter secara teratur. Dokter akan memeriksa kadar hormon mereka dan menyesuaikan obat mereka seiring bertambahnya usia.

Melakukan pengobatan nodul tiroid

Seorang anak dengan nodul tiroid yang jinak (bukan kanker) mungkin perlu dioperasi untuk mengangkat nodul jika ukurannya cukup besar untuk menyebabkan masalah, seperti kesulitan menelan atau bernapas. Lihat bagaimana rumah sakit mengobati kanker tiroid.

Beberapa pengobatan endokrin neoplasia

Jika Anda telah diberitahu bahwa multiple endocrine neoplasia type 2 (MEN II) menurun di keluarga Anda, dokter Anda mungkin menyarankan tes genetik dan konseling genetik. Ini dapat membantu mengetahui apakah anak menderita MEN II dan dapat memberi Anda informasi tentang opsi Anda. Anak-anak dengan MEN II hampir selalu mengalami kanker tiroid, sehingga keluarga dapat memilih untuk menghilangkan tiroid anak sejak dini⎯biasanya sebelum usia 5 untuk mencegah kanker dari awal.

Perawatan paratiroid yang aktif

Untuk 1 atau lebih kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, ahli bedah dapat mengangkat kelenjar yang menyebabkan masalah. Ada 4 kelenjar paratiroid di dekat tiroid. Tubuh hanya membutuhkan 1 untuk fungsi normal.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ferri FF. Hypothyroidism. In: Ferri's Clinical Advisor 2019. Philadelphia, Pa.: Elsevier; 2019. https://www.clinicalkey.com.
Jameson JL, et al., eds. Hypothyroidism. In: Harrison's Principles of Internal Medicine. 20th ed. New York, N.Y.: The McGraw-Hill Companies; 2018. https://accessmedicine.mhmedical.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app