Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Propylthiouracil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.581.044 orang

Propylthiouracil atau PTU adalah obat untuk penyakit hipertiroid, yang merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid. Propylthiouracil adalah obat yang digunakan untuk menangani gejala gejala keringat berlebih, berat badan menurun, mudah emosi, pembesaran kelenjar tiroid serta tremor yang biasa terdapat pada penyakit hipertiroid dimana terdapat banyak hormon tiroid dalam tubuh.

Propylthiouracil merupakan terapi pilihan untuk ibu hamil trimester pertama yang mengalami kondisi hipertiroidisme. Selain itu, obat ini dapat diberikan sebagai alternatif bagi penderita hipertiroid yang tidak mampu mengkonsumsi obat methimazole dan tidak dapat menerima terapi radioaktif maupun operasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Mengenai Obat Propylthiouracil

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Antitiroid

Manfaat Obat Propylthiouracil

Propylthiouracil biasa digunakan sebagai obat penyakit hipertiroid dan termasuk dalam kategori obat yang tidak bebas dijual dan dibeli hanya melalui resep dokter, sehingga kita pun sebagai konsumen harus bijak dalam menggunakan obat ini. 

Propylthiouracil bekerja dengan cara meng-inhibisi produksi hormon tiroid sehingga mencegah senyawa iodida teroksidasi di dalam kelenjar tiroid, sehingga keluhan bisa dikendalikan. Obat ini harus digunakan sesuai dengan penyakit, indikasi dan bisa digunakan baik oleh anak, dewasa atau lanjut usia.

Dosis dari Propylthiouracil

Bentuk sediaan Propylthiouracil adalah tablet yang digunakan untuk masing masing keluhan yang berbeda beda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Hipertiroid

Dewasa: 150 – 450 mg/hari dalam dosis terbagi. Dalam kasus berat, diawali dengan dosis 600 – 1200 mg/hari. Dosis maintenance bila sudah tercapai euthyroid (kadar tiroid dalam darah normal) adalah 50 – 150 mg. Terapi hipertiroid biasanya berlangsung selama 1 -2 tahun sampai target tercapai dan keluhan berkurang.

Anak:

  • Neonatus                     : 2.5 – 5mg/kg 2x sehari.
  • 1 bulan – 1 tahun         : 2.5 mg/kg 3x sehari.
  • 1 – 5 tahun                   : 25 mg 3x sehari.
  • 5 – 12 tahun                 : 50 mg 3x sehari.
  • 12 – 18 tahun               : 100 mg 3x sehari.

Dikarenakan penggunaan obat ini harus menggunakan resep dari dokter, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter yang telah memeriksa Anda secara langsung. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat dosis obat yang tepat bagi kondisi Anda. Bacalah petunjuk pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter dalam mengkonsumsi obat ini.

Efek Samping dari Propylthiouracil

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Propylthiouracil sendiri adalah:

  • Alergi seperti gatal, kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, lidah dan tenggorokan atau bahkan sampai pingsan
  • Nyeri dada
  • Batuk, demam serta menggigil.
  • Nyeri tenggorokan
  • Perubahan warna feses menjadi hitam dan berlemak.
  • Penurunan napsu makan, mual muntah, gatal, urin yang berwarna gelap, feses berwarna gelap, serta tubuh menjadi kuning
  • Efek samping lain yang jarang terjadi antara lain pusing, nyeri kepala, mual dan muntah.

Tentunya tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut diatas. Bila Anda merasa khawatir dalam penggunaan obat ini ataupun mengalami salah satu keluhan yang telah disebutkan diatas, konsultasikan keadaan Anda kepada dokter terdekat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Domperidone IF digunakan untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat keterlambatan proses pengosongan lambung. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Domperidone if 10mg tab 1

Ibu Hamil dan Menyusui

Perlu diketahui bahwa penggunaan Propylthiouracil untuk ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kagetori D, yaitu tidak direkomendasikan karena diduga dapat menyebabkan kecacatan janin

Hubungi dan konsultasikan kembali kepada dokter bila Anda ingin mengkonsumsi Propylthiouracil dalam keadaan hamil atau menyusui

Interaksi Obat Propylthiouracil

Obat propylthiouracil dapat berinteraksi apabila penggunaannya bersama dengan obat lain seperti:

  • Antikoagulan
  • Beta blocker dan teofilin
  • Glikosida digitalis

Perhatian

Dalam menggunakan Propylthiouracil, ada beberapa hal yang perlu di waspadai, seperti:

  • Diperlukan pemeriksaan fungsi ginjal pada pemberian obat ini, karena jika terdapat gangguan fungsi ginjal, diperlukan penyesuaian dan pengurangan dosisnya.
  • Berhati-hati dalam pemberian pada penderita gangguan fungsi hati karena bisa menyebabkan perburukan fungsi hati.
  • Perhatikan bila terjadi efek samping terhadap hati seperti penurunan napsu makan, mual muntah, gatal, urin yang berwarna gelap, feses berwarna gelap serta tubuh menjadi kuning, ataupun jika terjadi tanda tanda agranulositosis seperti demam dan nyeri tenggorokan.
  • Beritahu dokter atau tenaga medis jika Anda mengkonsumsi obat obatan seperti antikoagulan, β-blocker, digitalis, dan theophylline karena diperlukan penyesuaian dosis.

Tanda-tanda Overdosis

Gejala overdosis Propylthiouracil antara lain mual muntah hebat, nyeri epigastrium, pusing, demam, gatal, edema, dan pansitopenia serta gejala gejala agranulositosis

Segera cari bantuan medis bila Anda atau kerabat Anda mengalami keluhan seperti ini karena diperlukan penanganan segera.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp