Kanker Pankreas: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: Apr 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 770.571 orang

Kerap kali masyarakat selalu takut jika didiagnosa mengidap kanker, namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan kanker? Kanker adalah keadaan saat sel-sel di dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali. 

Sel di hampir semua bagian tubuh bisa menjadi kanker, dan bisa menyebar ke area tubuh yang lain, begitu juga dengan sel di pankreas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jenis kanker pankreas

Seperti yang kita ketahui, Pankreas terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian yang memiliki fungsi eksokrin yang mana memproduksi enzim-enzim pencernaan dan bagian lain yang memiliki fungsi endokrin yang mana memainkan peranan penting dalam mengontrol gula darah.

Karena adanya 2 bagian tersebut, pankreas membentuk berbagai jenis tumor. Sangat pentinggt;untuk mengetahui apakah kanker di pankreas Anda adalah kanker pada bagian eksokrin atau endokrin. 

Keduanya memiliki faktor dan penyebab risiko yang berbeda, memiliki tanda dan gejala yang berbeda, didiagnosis dengan tes yang berbeda, ditangani dengan cara yang berbeda, dan memiliki perbedaan harapan kesembuhan.

Kanker Pankreas Eksokrin

Kanker eksokrin adalah jenis kanker pankreas yang paling umum. Jika Anda didiagnosa menderita kanker pankreas, kemungkinan besar kanker pankreas yang Anda derita adalah kanker pankreas eksokrin. Sekitar 95% kanker pankreas eksokrin adalah merupakan adenokarsinoma. 

Adenokarsinoma Kanker ini biasanya tumbuh pada sisi pankreas yang lebih lebar. Selain itu, terkadang sel kanker tumbuh pada bagian pankreas yang memproduksi enzym, dalam hal ini mereka disebut karsinoma sel asinar

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Tumor Endokrin Pankreas (tumor neuroendokrin)

Tumor pankreas endokrin jarang terjadi, prevalensinya hanya kurang dari 5% dari semua kanker pankreas yang terjadi. Mereka sering disebut tumor neuroendokrin pankreas (NET) atau tumor sel islet. 

Jika terdapat benjolan pada pankreas, benjolan tersebut belum tentu merupakan keganasan, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan keganasan atau bukan.

Gejala yang ditimbulkan oleh Kanker Pankreas

Sejumlah tanda dan gejala kanker pankreas tak muncul dalam tahap awal. Tapi setelah tumbuh dan menyebar, nyeri sering berkembang di perut bagian bawah dan kadang-kadang menyebar ke punggung. Rasa sakit bisa menjadi lebih buruk setelah orang makan atau berbaring. Dan gejala lain yang mungkin muncul antara lain: 

  1. Penyakit kuning
    Kanker pankreas yang menghalangi saluran empedu hati dapat menyebabkan penyakit kuning. Tanda-tanda termasuk kulit dan mata kuning, urine berwarna gelap, dan tinja berwarna pucat.
  2. Nyeri.
    Sebuah tumor yang tumbuh bisa menekan saraf di perut Anda, yang menyebabkan rasa sakit yang bisa menjadi parah. Obat nyeri bisa membantu Anda merasa nyaman. 
  3. Penurunan berat badan.
    Sejumlah faktor dapat menyebabkan penurunan berat badan pada orang dengan kanker pankreas. Mual dan muntah yang disebabkan pengobatan kanker atau tumor menekan perut Anda yang bisa membuat Anda sulit untuk makan. Atau tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan dalam memproses nutrisi dari makanan karena pankreas tidak membuat cukup cairan pencernaan.             Suplemen enzim pankreas mungkin disarankan untuk membantu pencernaan. Cobalah untuk menjaga berat badan Anda dengan menambahkan kalori ekstra di mana Anda bisa dan membuat waktu makan menyenangkan dan santai. 
  4. Obstruksi usus. 
    Kanker pankreas yang tumbuh ke dalam atau menekan pada usus kecil (duodenum) dapat memblokir aliran makanan yang dicerna dari lambung ke dalam usus Anda. 
  5. Depresi 
  6. Bekuan darah

Faktor risiko penyebab Kanker Pankreas

Faktor risiko adalah segala sesuatu yang memengaruhi peluang Anda terkena penyakit seperti kanker.Kanker yang berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda. Beberapa faktor risiko, seperti merokok, bisa diubah. 

Namun faktor resiko Lainnya, seperti usia seseorang atau riwayat keluarga, tidak dapat diubah. 

Tetapi memiliki faktor risiko, atau bahkan banyak faktor risiko, tidak berarti Anda akan mendapatkan suatu penyakit dengan pasti dan banyak orang yang terkena penyakit ini mungkin memiliki sedikit atau tidak memiliki faktor risiko sama sekali. 

Beberapa faktor dapat memengaruhi peluang seseorang terkena kanker pankreas dan sebagian besar faktor resiko tersebut menyebabkan kanker eksokrin.

Faktor risiko yang bisa diubah

  • Penggunaan tembakau
  • Kegemukan dan obesitas
  • Paparan tempat kerja untuk bahan kimia tertentu

Faktor risiko yang tidak dapat diubah

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Ras
  • Sejarah keluarga
  • Warisan sindrom genetik
  • Diabetes
  • Pankreatitis kronis

Diagnosis Kanker Pankreas

Beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kanker pankreas termasuk:

  • Ultrasound scan, CT, MRI, dan PET scan. Bila hasil tidak mencukupi, tes endoluminal ultrasonography (EUS) juga dapat dilakukan.
  • Laparoskopi - bertujuan untuk melihat organ-organ di dalam rongga perut dan panggul.
  • Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP) hampir sama dengan EUS, yaitu proses memasukkan endoskop melalui mulut dan menuju lambung. Namun, dalam proses ERCP digunakan untuk menyuntikkan pewarna khusus ke saluran pankreas dan empedu guna mengetahui keberadaan tumor yang menyumbat. Tes ini dilakukan jika seseorang menderita penyakit kuning.
  • Biopsi

Mengobati Kanker Pankreas

Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker pankreas, Dokter Anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan dengan Anda. Penting bagi Anda untuk memikirkannya secara hati-hati. 

Anda ingin mempertimbangkan manfaat dari setiap pilihan pengobatan terhadap kemungkinan risiko dan efek samping. Perawatan mana yang digunakan untuk kanker pankreas?

Tergantung pada jenis dan stadium kanker dan faktor lainnya, pilihan pengobatan untuk penderita kanker pankreas dapat termasuk:

  • Bedah
  • Perawatan ablasi atau embolisasi
  • Terapi radiasi
  • Kemoterapi dan obat-obatan lainnya

Untuk kebanyakan pasien kontrol nyeri juga merupakan bagian penting dari perawatan. Terkadang, pilihan terbaik untuk penangan kanker pankreas mungkin mencakup lebih dari satu jenis perawatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit