Kandungan pada Salep yang Efektif Menghilangkan Bekas Luka

Namun Perlu Anda ketahui bahwa bekas luka mempunyai tatalaksana yang berbeda-beda, tidak semua bekas luka dapat diobati dengan salep penghilang bekas luka. Pada beberapa bekas luka yang cukup parah harus menggunakan prosedur medis yang dilakukan oleh dokter. Berikut ini beberapa kandungan pada salep yang efektif menghilangkan bekas luka:
Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Bekas luka memang sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika bekas luka tersebut terletak pada bagian tubuh yang mudah dilihat seperti wajah, tangan, atau kaki. 

Bagi sebagian orang hal ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri mereka, bahkan ada yang sampai mengalami stres gara-gara tidak menemukan solusi pengobatan yang efektif.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Saat ini sudah banyak sekali produk-produk atau perawatan penghilang bekas luka. Namun Perlu Anda ketahui bahwa bekas luka mempunyai tatalaksana yang berbeda-beda, tidak semua bekas luka dapat diobati dengan salep penghilang bekas luka

Pada beberapa bekas luka yang cukup parah harus menggunakan prosedur medis yang dilakukan oleh dokter. Berikut ini beberapa kandungan pada salep yang efektif menghilangkan bekas luka:

1. Retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat retinol antara lain untuk menghilangkan bekas luka dengan cara mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel. 

Selain itu, retinol juga dapat membantu produksi kolagen (protein yang dapat memberikan elastisitas pada kulit), mencegah dan menyamarkan tanda penuaan dini, mengobati jerawat, mencerahkan kulit di sekitar mata, serta mengecilkan pori-pori. 

Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan salep yang memiliki kandungan retinol dapat berupa kemerahan dan kulit mengelupas. Tapi sebenarnya hal tersebut adalah normal, itu menandakan bahwa retinol bekerja dengan aktif pada kulit.

2. Asam glikolat

Asam glikolat biasanya terdapat pada kandungan salep penghilang bekas luka, khususnya untuk menyamarkan noda bekas jerawat di wajah. Asam glikolat juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit, mengurangi kerutan, mengobati jerawat, atau keratosis. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Kandungan asam glikolat akan mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit agar regenerasi sel kulit baru dapat terjadi. Beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan salep yang memiliki kandungan asam glikolat seperti kulit terasa nyeri dan kemerahan.

3. Asam salisilat

Asam salisilat merupakan obat yang umumnya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Selain untuk menghilangkan bekas luka, asam salisilat juga mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti penebalan dan pengerasan lapisan kulit. 

Contohnya seperti kulit bersisik, kapalan, kutil, mata ikan,, psoriasis dan hiperpigmentasi akibat sinar matahari. Asam salisilat dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti iritasi, kulit kering, gatal, kulit terasa panas atau kemerahan

4. Vitamin E

Vitamin E mempunyai manfaat dalam membantu pembentukan sel baru (regenerasi sel). Sehingga salep yang memiliki kandungan Vitamin E diyakini efektif sebagai penghilang bekas luka. Tetapi hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Efek samping jika menggunakan salep yang memiliki kandungan vitamin E pada kulit sensitif dapat seperti gatal, kemerahan, dan ruam pada kulit.

5. Vitamin C

Vitamin C mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka. Selain itu, menggunakan salep atau krim yang memiliki kandungan vitamin C juga memberi manfaat untuk meratakan warna kulit dan dapat mencerahkan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Anda bisa membeli secara bebas di apotek atau klinik produk salep penghilang bekas luka yang memiliki beberapa kandungan di atas. Sedangkan untuk formulasi yang lebih kuat, Anda memerlukan resep dokter dan digunakan di bawah pengawasan dokter. 

Pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan salep. Apabila setelah menggunakan salep penghilang bekas luka Anda mengalami efek samping yang cukup mengganggu, segera hentikan penggunaan. 

Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan bekas luka yang tepat sesuai jenis dan kondisi kulit Anda.


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scar - Keloid Scar. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/scars.html)
Scars & Scar Tissue: Removal & Treatment. Cleveland Clinic. (Accessed via: https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11030-scars)
Scar Treatment & Removal Information. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/scars/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app