Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. SCIENTIA INUKIRANA
Bekas Luka

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Mei 20, 2019 Waktu baca: 4 menit
Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

Terkadang beberapa bekas luka tidak mudah hilang dengan sendirinya. Adakalanya penyembuhan luka tidak sebaik dan secepat yang diharapkan, artinya ketika luka mulai sembuh justru akan meninggalkan bekas. Tentu saja bekas luka tersebut akan merusak penampilan apalagi jika luka terletak di posisi yang mudah terlihat seperti wajah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara menghilangkan bekas luka yang ampuh dan terbukti efektif.

Tahukah Anda, luka lecet atau luka ringan sebenarnya dapat sembuh dengan sempurna tanpa meninggalkan bekas. Luka hanya akan menimbulkan bekas akibat pembentukan jaringan parut (scar) yang biasanya terjadi pada luka yang dalam, misalnya luka robek karena kecelakaan, luka yang memerlukan jahitan, luka bakar, luka akibat terkena knalpot ataupun luka bekas jerawat.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Untuk itu berikut ini dijelaskan bahan-bahan serta cara menghilangkan bekas luka secara alami ataupun melalui prosedur medis yang sudah terbukti efektif meminimalisir atau menyamarkan bekas luka bahkan menghilangkannya dengan tuntas.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Jus Lemon

Jus lemon mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang memiliki fungsi peremajaan kulit sehingga dapat membantu menggantikan sel-sel kulit yang mati dan rusak dengan sel-sel kulit yang baru serta membantu mengembalikan tampilan kulit normal. Di samping itu, jus lemon juga bermanfaat sebagai agen eksfoliatif ringan yang membantu proses regenerasi dan menghilangkan bekas jerawat

Caranya mudah, gunakan bola kapas steril untuk menerapkan jus lemon pada kulit bekas luka setelah kulit dicuci bersih, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air mengalir. Selama memakai jus lemon hindari paparan langsung sinar matahari karena dapat membuat menjadi perih dan menyebabkan kulit sensitif. Jika kulit terasa sakit, memerah atau pedih, hindari pemakaiannya untuk beberapa hari.

Selain itu, bisa juga dibuat campuran kunyit, yogurt, dan jus lemon untuk membantu menghilangkan bekas luka. Caranya, ambil mangkuk kecil dan tambahkan 4-5 tetes jus lemon, ½ sdt kunyit dan 1 sdt yoghurt. Campur bahan lembut dan oleskan pada bekas luka selama 10 menit. Andapun akan merasakan perbedaan yang signifikan dalam beberapa hari.

Madu

Madu murni dapat berfungsi sebagai pelembab alami serta membantu mempromosikan regenerasi sel kulit. Selain itu, madu juga dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk hasil terbaik, campurlah madu dengan baking soda (1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh baking soda), pijat pada wajah atau bekas luka selama 3-4 menit, lalu bersihkan. Madu sendiri juga dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mampu menenangkan kulit karena mengandung antioksidan serta vitamin C di dalamnya.

Jus Bawang Merah

Jus bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga dapat berperan sebagai agen pengisi yang alami (filler). Karena manfaat jus bawang merah yang luar biasa ini sudah berbagai produsen menjual campuran gel bawang merah untuk membantu menghilangkan bekas luka. Jus bawang memang bekerja agak lambat dan mungkin memakan waktu berbulan-bulan untuk menghasilkan efek nyata penghilangan bekas luka sehingga dibutuhkan kesabaran dalam prosesnya.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya atau aloe vera gel memiliki kemampuan luar biasa dalam mempromosikan regenerasi sel kulit. Selain itu, gel lidah buaya dapat memberikan efek menenangkan ketika dioleskan pada kulit karena mengandung kalsium dan antioksidan yang ampuh digunakan dalam mengurangi peradangan (inflamasi) dan pembengkakan

Gel lidah buaya (aloe vera) tersedia secara komersial dalam bentuk lotion, gel, dan salep. Akan tetapi bahan yang terbaik dalam menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan bahan lidah buaya yang segar dan belum diolah. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya ini cukup mudah, yaitu dengan cara mematahkan kulit lidah buaya sehingga gel akan keluar, lalu oleskan pada bekas luka setidaknya 2-3 kali sehari.

Minyak Zaitun (Olive Oil)

Minyak zaitun berperan baik sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas luka karena sifat keasaman yang tinggi dan fungsi antioksidan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin yang dapat meremajakan kulit seperti vitamin E dan vitamin K.

Cara menggunakan minyak zaitun juga mudah, yaitu dengan mengambil sejumlah kecil minyak zaitun di telapak tangan dan gunakan jari untuk memijat lembut minyak zaitun di seluruh bagian bekas luka. Gosok perlahan dan biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan mencuci atau mengelapnya dengan kain bersih.

Demikian bahan alami yang bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara efektif dan mudah dilakukan, namun jika Anda masih belum mendapatkan hasil yang maksimal dan ingin segera mempercepat prosesnya, Anda juga bisa menghilangkan bekas luka dengan cara medis berikut ini.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka dengan Tindakan Medis

Beberapa cara medis terbukti ampuh menghilangkan bekas luka, namun tentunya harus dilakukan oleh tenaga profesional atau dokter kecantikan dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini cara ampuh menghilangkan bekas luka dengan tindakan medis:

Terapi Laser

Sinar laser memberikan energi cahaya intens yang dapat mengurangi pigmentasi (penghitaman kulit) sehingga efektif menghilangkan bekas luka yang menghitam dan bekas luka terutama pada wajah. Terapi laser adalah salah satu prosedur yang paling direkomendasikan dalam membantu menghilangkan bekas luka.

Operasi atau Bedah

Operasi atau tindakan pembedahan juga bisa dijadikan prosedur perawatan untuk mengobati bekas luka, terutama bekas luka yang cukup parah dengan luka yang sangat menonjol, tetapi pilihan ini sangat jarang dilakukan. Selain bedah, suntikan steroid dapat membantu menghilangkan bekas luka keloid atau hipertrofi di mana luka tersebut akan disuntik untuk melunakkan bekas luka dan meratakan kembali kulit.

Dermabrasi

Dermabrasi biasanya digunakan pada bekas luka yang kasar atau tidak rata pada kulit. Prosedur dermabrasi yang menggunakan alat khusus akan membuat kulit terlihat lebih halus dan lembut sehingga akan menyamarkan bekas luka. Untuk membantu menghilangkan bekas luka akibat jerawat, garis halus (keriput), serta tanda penuaan lainnya biasanya dilakukan dengan menggunakan metode mikrodermabrasi.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Web MD (2018). Cosmetic Procedures: Scars. (https://www.webmd.com/beauty/cosmetic-procedures-scars)
Berman, B. Medscape (2018). Keloid and Hypertrophic Scar Treatment Management. (https://emedicine.medscape.com/article/1057599-treatment)
Cafasso, J. Healthline (2017). Treatments for Hypertrophic Scars. (https://www.healthline.com/health/hypertrophic-scar-treatment)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit