Jika 8 Bagian Perut Ini Terasa Sakit, Sebaiknya Anda Tidak Mengabaikannya

Ada 8 bagian perut yang sebaiknya tidak Anda abaikan ketika terasa sakit. Berikut ini 8 bagian di area perut dan sekitarnya yang perlu mendapat perhatian intensif saat terasa nyeri atau tak nyaman.
Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Jika 8 Bagian Perut Ini Terasa Sakit, Sebaiknya Anda Tidak Mengabaikannya

Rasa sakit pada perut sering dianggap sebagai rasa sakit maag. Padahal tidak semua rasa sakit perut disebabkan karena rasa sakit maag. Meskipun rasa sakit pada bagian perut dapat hilang dengan sendirinya, namun sebaiknya Anda tidak mengabaikannya begitu saja. 

Karena bisa jadi hal ini disebabkan penyakit yang lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada 8 bagian perut yang sebaiknya tidak Anda abaikan ketika terasa sakit. Berikut ini 8 bagian di area perut dan sekitarnya yang perlu mendapat perhatian intensif saat terasa nyeri atau tak nyaman. 

1. Rasa nyeri saat buang air besar dan mengeluarkan tinja disertai darah

Penyebabnya bisa karena adanya penyumbatan pada bagian usus buntu. Sehingga mungkin terjadi pendarahan pada bagian usus. Hal ini menjadi gejala pendarahan internal. Jika terasa rasa sakit tersebut, sebaiknya pasien segera mendapatkan pertolongan medis.

2. Pada bagian tulang dada terasa seperti terbakar

Rasa terbakar pada bagian tulang dada disebabkan karena mulas atau refleks asam. Salah satu cara yang dapat dilakukan mengatasi hal ini yaitu dengan menghindari makanan berlemak atau berminyak.

3. Bagian tulang rusuk yang seperti ditusuk-tusuk

Apabila Anda mengalami rasa sakit pada bagian tulang rusuk seperti ditusuk-tusuk, maka hal ini mungkin saja disebabkan karena Anda mengalami gangguan pada bagian batu ginjal. Jika rasa sakit disertai dengan demam, kemungkinan juga Anda terserang sakit ginjal atau kandung kemih.

4. Rasa nyeri pada bagian pusar bawah

Rasa nyeri bagian pusar bawah yang disertai dengan gas disebabkan karena perut kembung atau konstipasi. Bisa juga disebabkan karena sembelit yang disebabkan pengerasan tinja secara berlebihan sehingga tidak mudah dikeluarkan. Hal ini yang kemudian menimbulkan terjadinya rasa sakit.

5. Nyeri di bagian perut kanan, menyebar hingga punggung

Kondisi rasa sakit pada perut semacam ini mungkin disebabkan karena batu empedu maupun peradangan pada kandung empedu. Apabila rasa sakit tersebut terus terjadi, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

6. Nyeri pada bagian perut kiri paling bawah

Jika Anda merasakan nyeri pada bagian perut kiri paling bawah dan disertai mual muntah, maka hal ini menandakan bahwa Anda mengalami masalah pada bagian usus besar. Penanganan masalah ini perlu pengobatan jangka panjang dan harus menjalani kolonoskopi.

7. Nyeri bagian perut disertai dengan rasa sakit pada kepala

Rasa sakit semacam ini bisa saja terjadi bagi Anda yang sering kali merokok dan mempunyai tekanan darah cukup tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena adanya pelebaran aorta yang dapat menimbulkan pendarahan secara fatal.

8. Sakit perut yang disertai kembung, diare dan sembelit

Kondisi seperti ini disebabkan karena adanya penyakit kronis seperti sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, intoleransi makanan, maag, penyakit Crohn, celiac dan ulcerative colitis. Untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut, maka Anda harus segeralah memeriksakan ke dokter.

Rasa sakit pada bagian perut mungkin sudah menjadi hal yang biasa dirasakan hampir semua orang. Namun rasa sakit yang dirasakan setiap orang tentunya tidaklah sama. Oleh karena itu Anda harus datang ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang sesuai.

Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, rasa sakit perut juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit lainnya di dalam tubuh. Oleh karena itu Anda tidak boleh mengabaikannya.Segera coba atasi agar rasa sakit di bagian perut itu dapat disembuhkan. 

 


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wong CS, et al. (2017). Meckel’s diverticulitis: A rare entity of Meckel’s diverticulum. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5219046/)
Pelvic inflammatory disease (PID) - CDC fact sheet. (2016). (http://www.cdc.gov/std/pid/stdfact-pid.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app