Jenis Makanan Ini Juga Baik Untuk Kesehatan Mata

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Jenis Makanan Ini Juga Baik Untuk Kesehatan Mata

Makanan yang cukup dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan mata adalah wortel.  Namun, tidak hanya wortel atau vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 memiliki peran dalam menjaga kesehatan mata. 

Semua komposisi kandungan inilah yang dapat membantu mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia (semakin bertambahnya usia, dapat membuat ketajaman penglihatan semakin menurun).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini merupakan karotenoid yang ditemukan pada retina.  Kedua zat gizi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan risiko terjadinya pengembangan degenerasi makula dan katarak. 

Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi mata dari kerusakan yang bisa ditimbulkan dari paparan sinar matahari, asap rokok, asap kendaraan, dan polusi lainnya..

Cara kerja dari kedua zat ini dengan meningkatkan kepadatan pigmen dalam makula yang menyerap kelebihan cahaya dan menetralkan radikal bebas dari paparan polusi. Dengan cara kerja tersebut, lutein dan zeaxanthin yang terkandung makanan dapat melindungi mata dari kerusakan..

Telur

Zat gizi yang terkandung dalam telur dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan seperti lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng dapat melindungi mata dari kebutaan di malam hari dan mencegah terjadinya kekeringan pada mata serta mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula.

Buah sitrus dan buah berry

Buah sitrus (misalnya jeruk, lemon, dan jeruk bali) dan buah berry (misalnya strawberry, blueberry, dan raspberry) mengandung vitamin C yang tinggi.  Makanan dengan kandungan vitamin C dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Pada beberapa jenis biji-bijian dan kacang-kacangan, ambil contoh seperti  biji bunga matahari dan kacang almond, memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Vitamin E ini  diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata dengan kinerjanya yaitu menghambat terjadinya degenerasi makula. Sedangkan vitamin E dan  C bekerja sama dalam menjaga kesehatan jaringan pada mata.

Kandungan lain yang terdapat di dalam biji bunga matahari yaitu seng, selain kandungan vitamin E. Sedangkan, kacang almond memiliki kandungan asam lemak omega-3, kedua zat ini memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan mata.

Gandum

Beberapa jenis gandum atau biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, oat, pasta gandum dan roti gandum ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata karena kandungan vitamin E, seng, dan vitamin B3. Selain itu, makanan yang memiliki indeks glikemik rendah ini dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor umur.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Asam lemak omega-3 terbukti dapat membantu melindungi mata dari kekurangan cairan, mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak. 

Selain itu, bukti juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki kerja yang bersifat antiradang, yang dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula.

Asam lemak ternyata ditemukan dalam retina mata manusia. Jika kadar asam lemak dalam retina rendah, dapat menyebabkan mata menjadi kering. Jenis Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain yaitu salmon, sarden, tuna, dan makerel.

Jika Anda tidak suka makan ikan atau memiliki alergi ikan laut, asam lemak omega-3 ini bisa  dikonsumsi dalam bentuk suplemen minyak ikan atau suplemen yang memiliki kandungan minyak nabati, misalnya minyak biji kismis hitam atau minyak biji rami.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
36 Fabulous Foods to Boost Eye Health. American Academy of Ophthalmology. (https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/fabulous-foods-your-eyes)
10 best foods for eye health and eyesight. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321226)
10 Foods That Are Good for Your Eyes. WebMD. (https://www.webmd.com/eye-health/ss/slideshow-eyes-sight-foods)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app