Anak Balita

6 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Bayi Anda

Kismis adalah gudang nutrisi dan jika Anda benar-benar ingin bayi Anda mendapatkan manfaat dari buah kering ini, pastikan untuk selalu mengingat rekomendasi dari dokter Anda.
Dipublish tanggal: Agu 30, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 2 menit

Kismis adalah sumber karbohidrat dan zat besi yang baik yang menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk bayi Anda. Ini bisa menjadi alternatif yang sehat untuk cokelat dan permen. Hanya anggur terbaik dan termanis yang dikeringkan untuk membentuk kismis.

Namun, Anda harus berhati-hati terhadap bahaya tersedak yang datang dengan kismis berukuran kecil. Karena bayi memiliki kecenderungan untuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka, pastikan untuk mencari rekomendasi dari dokter Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Umur yang direkomendasikan untuk bayi untuk mengkonsumsi kismis

Kismis adalah gudang nutrisi dan jika Anda benar-benar ingin bayi Anda mendapatkan manfaat dari buah kering ini, pastikan untuk selalu mengingat rekomendasi dari dokter Anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk usia berapa bayi dapat mengonsumsi kismis:

  • Anda sebaiknya tidak memberikan kismis sampai bayi Anda setidaknya berusia 7 hingga 9 bulan.
  • Anda akan tahu bahwa bayi siap untuk mengonsumsi kismis ketika bayi mulai meraih sendok ketika Anda memberinya makan.
  • Bagian belakang atau gigi molar muncul , umumnya setelah satu setengah tahun.
  • Bayi dengan masalah fisik dan keterlambatan perkembangan merasa sulit untuk menelan atau mengunyah. Anda sebaiknya tidak menawarkan kismis untuk bayi dalam kasus ini.

Efek samping merugikan yang perlu Anda ketahui 

Kismis memiliki rasa yang manis dan kandungan gula, yang dapat menimbulkan efek kesehatan tertentu yang merugikan, meliputi:

  • Kismis cenderung menempel pada gigi dan menimbulkan pembentukan bakteri. Ini dalam jangka panjang juga dapat memengaruhi enamel pada gigi.
  • Disarankan bahwa kismis diberikan sebagai bagian dari makanan utama. 
  • Anda tidak boleh menawarkan kismis kepadanya selama waktu tidur karena itu meningkatkan bahaya tersedak.
  • Kembangkan kebiasaan untuk menyikat gigi sebelum waktu tidur untuk memastikan semua residu kismis dihilangkan.
  • Jangan memberi makan kismis jika Anda berada di mobil yang bergerak, karena ia mungkin mulai tersedak. Ingat, bayi kecil tidak membuat suara tersedak dan Anda mungkin tidak menyadari semuanya.
  • Pastikan bahwa ia tidak memasukkan lebih dari satu kismis sekaligus. Tawarkan kismis satu per satu.

Manfaat kesehatan kismis untuk bayi

Benar bahwa kismis untuk bayi yang terlalu muda memiliki bahaya tersedak, tetapi kismis memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, termasuk:

  • Kismis kaya akan mineral seperti kalium, fosfor, zat besi, kalsium dan magnesium yang membantu perkembangan mental dan fisik bayi Anda.
  • Kismis mengurangi kemungkinan asidosis dengan mengurangi kadar asam dalam tubuhnya. Ini membantu dalam memastikan kesehatan yang baik.
  • Kismis adalah obat pencahar alami yang membantu mengatasi sembelit. Asupan kismis secara teratur membantu meningkatkan pergerakan usus dan meningkatkan sistem pencernaan bayi Anda. Anda bisa menawarkan kismis dengan merebusnya dalam air dan kemudian menghancurkannya untuk membuat pasta yang halus.
  • Kismis sangat membantu selama demam. Sama seperti kurma, kismis dapat bertindak sebagai tonik pada demam.
  • Kismis sangat bermanfaat dalam mengobati cedera otak. Buah-buahan kering ini membantu melindungi sistem saraf pusat. Terlepas dari ini, kismis juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.
  • Kismis mengandung sifat antimikroba.

Kiat untuk para ibu

Kismis juga memiliki kandungan gula yang tinggi dan oleh karena itu lebih baik untuk menghindari konsumsi berlebihan buah kering ini untuk menghindari kerusakan gigi.

  • Lebih baik menghindari jus kismis, karena meningkatkan kemungkinan gigi berlubang
  • Menghancurkannya menjadi potongan-potongan kecil adalah cara terbaik untuk membuat makan kismis lebih mudah untuk bayi Anda.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kismis dalam memasak dan membuat kue.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Iron-Rich Foods for Toddlers: 10 to Try. Healthline. (https://www.healthline.com/health/parenting/iron-rich-foods-for-toddlers)
Iron-rich foods for toddlers: 11 foods and recipes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322574.php)
Baby's Eating Milestones: Solids, Finger Foods, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-food-milestones)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit