Inilah Pilihan Alat Kontrasepsi Populer dan Efek Sampingnya

Apalagi, bagi wanita yang rutin mengonsumsi obat-obatan lain, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, apabila dibarengkan dengan alat KB berupa pil apakah berisiko? Lebih jelasnya, simak pilihan alat kontrasepsi populer beserta efek samping yang mungkin terjadi berikut ini!
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 3, 2019 Waktu baca: 2 menit
Inilah Pilihan Alat Kontrasepsi Populer dan Efek Sampingnya

Bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan selanjutnya, disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi. Alat ini berguna untuk mencegah terjadinya pembuahan yang dilakukan oleh sperma terhadap sel telur dalam tubuh wanita. 

Ada beragam pilihan alat kontrasepsi yang dapat digunakan baik oleh wanita itu sendiri maupun pasangannya. Yang jelas, tiap alat kontrasepsi atau KB tersebut memiliki efek samping yang berbeda bagi wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Untuk itu, sebelum menentukan jenis alat KB yang akan digunakan, sebaiknya pahami dulu tentang cara kerja dan efeknya terhadap kondisi tubuh Anda. Apalagi, bagi wanita yang rutin mengonsumsi obat-obatan lain, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, apabila dibarengkan dengan alat KB berupa pil apakah berisiko? 

Lebih jelasnya, simak pilihan alat kontrasepsi populer beserta efek samping yang mungkin terjadi berikut ini!

Pil KB

Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi populer yang dikonsumsi oleh wanita. Ada dua jenis pil KB yaitu yang mengandung hormon progesteron dan pil KB yang mengandung kombinasi progesteron-estrogen. Keduanya bersifat temporer.

 Artinya, mampu mencegah terjadinya kehamilan apabila dikonsumsi secara teratur. Keunggulan dari pil KB adalah harganya terjangkau dan penggunaan yang mudah. Namun, bagi Anda yang mengonsumsi pil KB, pastikan untuk meminumnya secara teratur setiap hari. 

Bahkan, ada beberapa jenis pil KB yang harus dikonsumsi pada jam yang sama demi tingkat keberhasilan yang tinggi. Dari seluruh wanita yang menggunakan pil KB, tingkat kegagalannya hanya 8%.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah risiko darah tinggi, penyakit kardiovaskular, berat badan naik, mengganggu produk ASI, pendarahan tiba-tiba (bukan menstruasi, mual, sakit kepala, nyeri payudara, dan gairah seks yang menurun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Suntik KB

Selain pil KB, alat kontrasepsi populer lain adalah suntik KB. Ada dua jenis suntik KB berdasarkan lama waktu penundaan kehamilan yaitu 1 bulan dan tiga bulan. Masih bersifat temporer, tingkat kegagalan bagi wanita yang menggunakan secara teratur sebesar 3 persen. 

Sedangkan efek samping yang dialami oleh penggunanya yaitu mual, berat badan naik, menurunnya gairah seks, sakit kepala, jerawatan, dan keluar darah tiba-tiba diluar jadwal haid bahkan tidak mengalami haid sama sekali.

Implan

Kontrasepsi populer lain yang sering digunakan oleh wanita adalah implan KB. Jenis kontrasepsi ini dengan menanamkan benda kecil sebesar korek api ke dalam lengan atas dibagian bawah kulit. Metode implan in bersifat temporer dan mampu mencegah kehamilan selama 3 tahun. 

Dibandingkan dengan pil KB dan suntik KB, memang implan ini terbilang lebih mahal. Namun, tingkat kegagalannya jauh lebih kecil yaitu sebesar 3 persen dan tidak mengganggu produksi ASI.

Efek samping yang akan dialami oleh penggunanya yaitu nyeri dibagian lengan tempat implan ditanam, menstruasi yang tidak teratur, berat badan naik, hingga mengurangi kesuburan.

IUD

Intra Uterine Device merupakan salah satu metode kontrasepsi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebab, IUD mampu mencegah kehamilan dalam jangka waktu yang lama, perawatan yang minimal, serta kegagalan yang rendah. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Birth Control (Kontrasepsi) via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket birth control (kontrasepsi) hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia h12 birth control %28kontrasepsi%29

Tersedia dua pilihan IUD dengan jangka waktu berbeda yaitu 10 tahun untuk IUD dari tembaga dan 5 tahun untuk IUD mengandung hormon.

Efek samping yang ditunjukkan oleh alat KB ini yaitu kram perut dibagian bawah perut, pendarahan yang banyak saat haid maupun jadwal yang tidak teratur, risiko IUD lepas, serta infeksi ketika tubuh menolak adanya IUD.

Nah, dari pilihan alat kontrasepsi di atas, manakah yang cocok dengan kondisi Anda?


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Which method of contraception suits me?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/contraception/which-method-suits-me/)
Common Birth Control and Contraceptive Options. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/available-prescription-birth-control-906875)
Products - Data Briefs - Number 327 - December 2018. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/nchs/products/databriefs/db327.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app