Inilah Alasan Mengapa Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping

Alasan penderita asam urat tidak boleh makan emping adalah karena emping mempunyai kadar purin yang cukup tinggi yaitu pada 100 gram emping mengandung sekitar 150-800 mg purin. Purin adalah senyawa alami yang terdapat dalam makanan dan minuman yang nantinya diurai oleh asam urat dalam tubuh Anda.
Dipublish tanggal: Jun 22, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Inilah Alasan Mengapa Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Emping

Makanan emping sering dikaitkan dengan kambuhnya penyakit asam urat. Bahkan penderita asam urat dilarang makan emping, karena pada buah melinjo terdapat kandungan yang dapat menyebabkan nyeri dan bengkak di persendian seluruh tubuh. 

Namun apakah benar makan emping bisa membuat penyakit asam urat kambuh ataukah hanya mitos saja? Simak uraian di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Penyebab asam urat kambuh

Purin adalah zat yang secara alami dihasilkan oleh tubuh, tetapi juga terdapat pada makanan dan minuman. Asam urat merupakan produk sampingan dari purin. Penyakit asam urat disebabkan oleh uric acid yaitu senyawa yang dihasilkan oleh tubuh ketika memecah purin. 

Sebagian besar asam urat dibuang melalui urine dan feses. Penderita asam urat memiliki kadar asam urat yang melebihi batas normal. Hal tersebut terjadi karena tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal hanya mampu melepaskan sedikit asam urat ke dalam urin. 

Apabila kondisi tersebut berlangsung lama, asam urat yang menumpuk dalam tubuh akan membentuk semacam kristal tajam pada persendian dan mengelilingi jaringan, sehingga bisa menimbulkan peradangan, bengkak, dan rasa nyeri.

Kandungan dalam emping yang berbahaya bagi penderita asam urat

Emping dibuat dari buah melinjo yang biasanya mudah ditemukan di pasaran. Buah melinjo yang sudah matang kemudian ditumbuk sampai halus, dicetak dan dikeringkan. Proses produksi selanjutnya yaitu emping digoreng dalam minyak. 

Kandungan lemak dalam emping juga tidak baik bagi penderita asam urat. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram emping yaitu:

Alasan mengapa penderita asam urat tidak boleh makan emping

Alasan penderita asam urat tidak boleh makan emping adalah karena emping mempunyai kadar purin yang cukup tinggi yaitu pada 100 gram emping mengandung sekitar 150-800 mg purin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

Purin adalah senyawa alami yang terdapat dalam makanan dan minuman yang nantinya diurai oleh asam urat dalam tubuh Anda.

Apabila Anda mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang mempunyai kandungan purin tinggi, maka sistem pencernaan Anda akan memproduksi asam urat lebih banyak juga. Kondisi tersebut yang menyebabkan asam urat Anda sering kambuh.

Selain tidak boleh makan emping, penderita asam urat juga tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mempunyai kandungan purin yang tinggi. Semakin banyak sistem pencernaan memecah purin, maka semakin banyak juga asam urat yang dihasilkan dan akan menumpuk di persendian Anda.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

Anda harus berhati-hati dalam memilih menu makanan agar penyakit asam urat Anda tidak mudah kambuh. Berikut merupakan makanan yang harus Anda hindari:

  • Jeroan hewan, termasuk hati, ginjal, jantung, limpa, otak, babat, usus, dan paru
  • Ikan sarden, ikan teri, ikan tuna, dan ikan makarel
  • Makanan laut seperti udang, cumi, kerang
  • Kaldu daging
  • Sosis atau olahan produk daging lainnya
  • Bebek
  • Burung

Terdapat beberapa faktor pemicu penyakit asam urat dan salah satunya adalah dari makanan yang mempunyai kandungan purin tinggi termasuk emping. Sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi makanan tersebut supaya Anda tetap sehat dan penyakit asam urat Anda tidak sering kambuh.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What Causes Gout? 8 Foods That Trigger Attacks. Health.com. (https://www.health.com/condition/gout/what-causes-gout-8-foods-that-trigger-attacks)
Foods to Avoid with Gout. Healthline. (https://www.healthline.com/health/foods-to-avoid-with-gout)
Gout and diet: Foods to eat and avoid. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315732)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app