Ini Daftar Obat Sakit Mata Yang Harus Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Sep 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Banyak jenis obat untuk sakit mata yang perlu Anda ketahui untuk menangani sakit mata. Beberapa diantaranya, seperti air mata buatan (artificial tears) yang berfungsj untuk memberikan cairan ke mata yang kering, anthihistamin, antibiotik, kartikosteroid, dan obat untuk mengobati penyakit glaucoma.

Terdapat beragam jenis obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit pada mata yang dapat menghambat aktifitas keseharian anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apabila mata mengalami beberapa keluhan, obat yang akan digunakan haruslah sesuai dengan penyebab dari sakit mata itu sendiri.

Masalah pada Mata dan Pengobatannya

Sakit mata bisa muncul karena beberapa hal yang terjadi pada mata Anda. Selain itu, sakit mata juga bisa terjadi ketika tubuh Anda mengalami kodisi yang kurang baik. 

Mata juga bisa menjadi indikator penting bagi tubuh ketika kesehatan diri Anda terganggu. Mata bisa saja mengalami kelelahan akibat kegiatan Anda seharian. 

Tidak hanya itu, pengunaan lensa kontal juga dapat menjadi penyebab dari sakit  yang Anda rasakan pada mata.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit mata. Untuk mengatasi sakit mata, Anda dapat dengan mudah membeli obat sakit mata

Namun, jika sakit mata tidak kunjung reda dan semakin memburuk, maka Anda memerlukan penanganan medis sesegera mungkin. Berikut masalah mata dan obat sakit mata yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Dextamine tab 1

Mata Kering

Mata kering disebabkan oleh beberapa factor yang mempengaruhiya, diantanaya: jumlah produksi air mat yang berkurang, air mata dengan cepat menguap atau terdapat penyakit yang mendasari munculnya gejala mata kering. 

Obat-obatan tertentu juga akan menyebabkan mata terasa kering. Untuk mengatasi masalah tersebut obat yang cocok untuk adalah air mata buatan (artificial tears). 

Obat tetes mata berfungsi untuk membasahi mata yang kering sehingga mata akan selalu terjaga dengan baik dan akan mengurangi rasa tidak nyaman. 

Obat tetes mata bisa anda dapatkan di apotek yang dijual bebas tanpa menggunakan resep dari dokter. Selain dalam bentuk cairan obat sakit mata juga yang terdapat dalam bentuk gel. 

Kompreslah dengan aiar hangat selama 10 menit hal tersebut dapat membuat mata akan membentuk pelumas pada mata untuk meringankan gejala mata kering. 

Namun jika anda akan mendapatkan hasil yang tebaik maka sebaiknya anda menemui dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan medis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Jika obat tetes mata  air mata buatan tidak memberikan efek apapun, maka dokter akan meemberikan resep obat tetes seperti siklosporin untuk memicu munculnya air mata yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada mata. 

Terdapat juga obat tetes mata kortikosteroid dan obat tetes mata anti-inflamasi non steroid (OAINS) juga dapat digunakan untuk mengatasi mata kering. Konsultasikan ke dokter apabila anda akan menggunakan golongan oba tetes air mata kortikosteroid.

Mata Merah

Mata merah terjadi dalam waktu yag singkat dan akan cepat sembuh. Penyebab mata merah yakni konjungtivitis (pink eye) yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau alergi dan blefaristis. 

Obat yang digunakan dengan tepat juga tergantung dengan penyebab sepsifiknya. Untuk mengobati gejala mata merah sangatlah sederhana dengan memberikan kompresan air dingin pada mata atau bisa juga memberikan air mata buatan yang dingin biasanya akan mengatasi gejala dalam jangka waktu 1-2 minggu. 

Jika terjadi infeksi herpes pada mata Anda dapat memberikan pengobatan antivirus tetes mata atau oral. Penyakit ini perlu ditangani oleh spesialis mata. 

Pada kasus mata merah yang terjadi karena bakteri biasanya dokter akan memberikan antibiotic tetes, salep mata maupun antibiotic oral jika terjadi gejala mata merah yang disebabkan oleh bakteri, gejala yang terjadi mata akan mengeluarkan nanah (belekan) dan biasanya akan muncul rasa nyeri dan gatal. 

Mata merah yang di ikuti dengan rasa gatal disebabkan oleh alergi dan dapat diobati dengan menghindari factor pencetus (seperti debu) kompres mata dengan menggukanan air dingin atau obat abtihistamin dapat diberikan untuk mata. 

Anda juga harus berkonsultas dengan dokter spesialis mata jika terjadi gejala mata merah yang disertai dengan nyeri mata berat dan menetap, gangguan pengelihatan, cidera kepala, dan jika tidak ada perubahan setelah pengobatan.

Glukoma

Glukoma adalah rusaknya saraf optik penghubung mata dengan otak. Jika tidak tertangani dengan baik maka akan menjadi semakin parah dan akan mengakibatkan kebutaan. 

Berikut gejala yang terjadi mata merah, sakit kepala berat, mual dan pengelihatan menjadi kabut. Obat yang digunakan biasanya carbon anhydrase (CA) inhibitor. Glukoma merupakan kondisi serius dan memerlukan tindakan dari dokter spesialis untuk menanganinya.

Mata tegang atau lelah

Mata tegang terjadi karena penggunaan mata yang terlalu berlebihan. Meskipun ketegangan mata tidak membuat nyaman, namun hal tersebut tidak akan merusak mata. 

Penggunaan gadget secara berlebihan akan membuat mata terasa tegang dan lelah. gejala yang muncul biasanya sakit kepala, pengelihatan kabur, rasa kering pada mata, untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya anda melakukanistirahat yang cukup untuk memulihkan mata dari ketegangan dan lelah dan jika belum membaik bisa juga dilakukan dengan kompres mata anda dengan kain yang direndam ke dalam air hangat

Benda asing pada mata

Benda asing pada mata adalah benda yang asing memasuki mata seperti debu, hingga hewan kecil yang secara tidak sesngaja masuk ke mata yang akan mempengaruhi kornea atau konjungtiva. 

Namun benda asing tersebut sangat jarang masuk ke bagian belakang mata. Namun benda asing yang masuk ke mata dapat membuat goresan ke kornea sehingga akan membuat gangguan pada kornea mata.

Gejala yang ditimbulkan meliputi nyeri mata, mata menjadi merah, sakit jika melihat cahaya, dan berkedip berlebihan. Benda yang sering masuk kedalam mata diantara lain bulu mata, sebuk gergaji, kotoran, pasir, kosmetik, dan lensa kontak.  

Anda perlu mengetahui bahwa kotoran yang masuk dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan cedera parah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika terjadi hal tersebut: cobalah untuk menyiram benda asing yang masuk ke mata dengan air hangat.

Kortikosteroid tetes dapat digunakan dengan saran dan dosis yang dianjurkan oleh dokter . tidak semua penyakit mata harus menggunakan kortikosteroid , kecuali penyakit mata yang dapat menimbulkan kerusakan mata. 

Simpanlah obat tetes mata sesuai dengan yang dianjurkan dan jangan biarkan obat tetes mata terbuka secara terus menerus.

Sakit mata tidak bisa dianggap sebagai hal sepele. Karena akan sangat menggangu bila sakit mata muncul. Anda dapat menggunakan obat mata sesuai dengan anjuran dokter. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pain in Eye. American Academy of Ophthalmology. (Accessed via: https://www.aao.org/eye-health/symptoms/pain-in-eye-3)
Eye Pain: Causes, Treatment, and When to See a Doctor. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/eye-pain-pain-in-the-eyes-3422041)
Eye Pain Causes, Treatment & Diagnosis. eMedicineHealth. (Accessed via: https://www.emedicinehealth.com/eye_pain/article_em.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app