Ingin Operasi Sedot Lemak? Datangi Dokter Bedah Plastik

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ingin Operasi Sedot Lemak? Datangi Dokter Bedah Plastik

Pada kebanyakan orang yang sudah melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan biasanya akan merasa putus asa jika tidak ada hasil yang sebanding dengan usaha mereka. Dari makan sehari sekali sampai mengkonsumsi suplemen penurun berat badan semua sudah dilakukan.

Nah, saat ini sedang populer tindakan penurunan berat badan dengan melakukan operasi sedot lemak bagi mereka yang mengalami obesitas. Namun kebanyakan orang yang berkeinginan melakukanya masih merasa bingung, ke dokter siapa seharusnya dilakukannya operasi lemak?

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Jika Anda berkeinginan untuk melakukan operasi sedot lemak konsultasikan lah masalah Anda tersebut ke dokter bedah plastik. Dokter bedah plastik merupakan dokter yang dapat melakukan prosedur bedah yang dapat membantu mengembalikan bentuk dan fungsi tubuh yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan. 

Selain dapat mengembalikan bentuk dan fungsi tubuh, dokter bedah plastik juga dapat melakukan prosedur sedot lemak.

Apa itu operasi sedot lemak?

Sedot lemak merupakan prosedur kosmetik yang dilakukan dokter bedah plastik untuk menghilangkan lemak yang tampaknya tidak bisa Anda hilangkan melalui diet dan olahraga.

Dokter bedah plastik atau dermatologis biasanya melakukan prosedur sedot lemak tersebut pada area pinggul, perut, paha, bokong, punggung, lengan, atau wajah untuk memperbaiki bentuknya. 

Tetapi sedot lemak juga dapat dilakukan dengan operasi plastik lainnya, termasuk facelift, pengurangan payudara, dan pengencangan perut.

Siapa yang dapat melakukan sedot lemak?

Sedot lemak paling baik dilakukan bagi orang yang berada pada atau mendekati berat ideal mereka (dalam 30%) tetapi masih memiliki simpanan lemak lokal yang tidak proporsional yang tidak dapat dikurangi dengan olahraga dan diet. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Kandidat terbaik untuk melakukan sedot lemak adalah orang non-perokok yang umumnya dalam keadaan sehat dan memiliki pandangan positif serta harapan realistis tentang hasil prosedur tersebut.

Dokter umumnya tidak merekomendasikan prosedur sedot lemak jika Anda memiliki masalah kesehatan dengan aliran darah atau memiliki penyakit jantung, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Jenis-jenis operasi sedot lemak

Hanya ada beberapa teknik sedot lemak yang biasa digunakan. Berikut beberapa jenis-jenisnya:

  • Sedot lemak Tumescent adalah teknik yang paling umum dilakukan. Dokter bedah akan menyuntikkan larutan steril ke area di mana lemak akan dibuang. Larutan tersebut terdiri dari saline yang merupakan air garam bersama dengan lidokain dan epinefrin. 

Larutan tersebut membuat prosedur operasi lebih mudah untuk menyedot lemak dengan resiko kehilangan darah yang lebih sedikit dan sedikit rasa sakit.

  • Ultrasound-Assisted Liposuction, (UAL), merupakan prosedur yang menggunakan energi gelombang suara di bawah kulit untuk memecah dinding sel lemak. Alat tersebut membantu mencairkan lemak sehingga bisa disedot keluar.
  • Laser-Assisted Liposuction, atau SmartLipo, merupakan prosedur yang menggunakan laser untuk menghasilkan semburan energi untuk mengencerkan lemak.

Risiko dan komplikasi sedot lemak

Seperti halnya prosedur bedah, ada risiko dan kemungkinan komplikasi. Untuk sedot lemak, ini termasuk:

  • Perdarahan atau hematoma yang berlebihan
  • Nekrosis (kematian jaringan)
  • Gumpalan lemak, ketika lemak masuk ke aliran darah dan bersarang di pembuluh darah
  • Pembengkakan atau nyeri persisten
  • Perubahan sensasi kulit
  • Trombosis vena dalam
  • Komplikasi jantung dan paru
  • Kerusakan saraf, pembuluh darah, otot dan organ
  • Jaringan parut yang tidak menguntungkan, perubahan warna kulit, penyimpangan kontur, kulit kendur, atau hasil estetika yang tidak memuaskan lainnya

Hubungi dokter bedah plastik Anda segera jika Anda mengalami nyeri dada, sesak napas, detak jantung yang tidak biasa atau pendarahan yang berlebihan terjadi setelah operasi sedot lemak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Apakah hasil sedot lemak permanen?

Sel-sel lemak dikeluarkan secara permanen selama operasi sedot lemak. Tetapi Anda dapat mengalami penambahan berat badan kembali, dengan sel-sel lemak baru, yang biasanya muncul di berbagai area tubuh.

Untuk menjaga bentuk tubuh Anda setelah operasi, ikuti diet yang mencakup banyak konsumsi protein tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak serta berolahraga secara teratur.

Pembengkakan dan memar pasca operasi dapat muncul setelah melakukan operasi sedot lemak, sehingga hasilnya tidak dapat sepenuhnya dinilai untuk jangka waktu setidaknya 1 hingga 3 bulan setelah operasi. 

Sementara sebagian besar memar pasca operasi akan hilang dalam waktu 2 hingga 4 minggu, beberapa pembengkakan yang tersisa mungkin memakan waktu hingga enam bulan untuk pulih sepenuhnya.

Prosedur sedot lemak saat ini biasanya melibatkan penggunaan sayatan yang sangat kecil, yang biasanya akan menghilang seiring waktu sehingga hampir tidak terdeteksi. Hasil yang diinginkan dari operasi sedot lemak adalah kontur yang lebih halus dan proporsi tubuh yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app