Makanan dan Diet Sehat

Diet Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 1 menit
Diet Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Anda harus ekstra waspada jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, karena obesitas dapat memicu timbulnya beberapa penyakit berbahaya lainnya, terutama yang berhubungan kesehatan tulang dan metabolisme tubuh, seperti kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, stroke, serangan jantung, berbagai jenis kanker dan osteoporosis.

Lalu apa yang menyebabkan seseorang mengalami obesitas? Faktor keturunan, beberapa penyakit (seperti hipotiroid), stress dan malas berolahraga. Adapun penyebab utama obesitas, yaitu mengenai pola makan yang tidak tepat.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, karena karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.
  • Seringkali, seseorang makan dengan porsi yang terlalu banyak untuk kebutuhan tubuhnya. Banyak pakar yang menyarankan, sebaiknya, makanlah sebanyak empat kali dalam sehari, namun dengan porsi yang kecil.
  • Jenis makanan yang tidak sehat. Misalnya sering mengonsumsi banyak makanan berlemak dan berminyak, daging olahan, makanan (atau minuman) yang banyak mengandung gula, terlalu sering mengonsumsi camilan juga tidak baik bagi kesehatan Anda.

Berikut contoh makanan yang aman dan baik untuk melawan kegemukan :

  • Yogurt. Pilihlah yang berlabel ‘rendah lemak’ dan ‘tanpa gula’.
  • Cabai.
  • Teh hijau. Baik untuk memetabolisme dan membantu membakar lemak.
  • Buah-buahan. Seperti : grapefruit, semangka, pir dan apel.
  • Sayuran.
  • Telur. Hasil dari penelitian, makan telur untuk sarapan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan makan makanan berkarbohidrat.
  • Sereal, seperti oat meal.
  • Secangkir kopi tanpa tambahan gula dan krim sangat baik untuk meningkatkan metabolime tubuh dan membakar lemak.

Dengan memperbaiki pola makan dan diimbangi berolahraga rutin, dapat menyelematkan hidup Anda.

37 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Prevent Obesity: Tips for Kids and Adults. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-obesity)
Food and Diet. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-causes/diet-and-weight/)
Healthy Weight Checklist. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/diet-lifestyle-to-prevent-obesity/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app