Olahraga dan Kebugaran

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Mar 31, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Apakah Anda selalu mengenakan pakaian hitam atau pakaian longgar lantaran tidak percaya diri dengan kondisi perut yang buncit? Atau Anda tidak percaya diri untuk memakai bikini saat berjemur di pantai lantaran perut Anda bergelambir karena lemak? Perut buncit memang relatif dikaitkan dengan masalah penampilan, namun terdapat masalah lebih penting yang perlu Anda waspadai soal perut buncit. 

Lemak di area perut lebih berbahaya dibandingkan lemak panggul dan lemak paha. Lemak yang disebut lemak visceral ini bisa menimbulkan peradangan sehingga muncul plak pada pembuluh arteri. Bahaya lemak visceral lainnya adalah risiko lebih besar terkena penyakit seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, dan gangguan metabolisme.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ingin tahu seberapa besar risiko Anda? Hitung berat badan dengan rumus BMI (Body Mass Index). Lalu ukur lingkar pinggang dari atas tulang pinggul. Lingkar pinggang wanita sebaiknya tidak lebih dari 80 cm dan lingkar pinggang laki-laki sebaiknya tidak lebih dari 90 cm.

Mengecilkan perut buncit bukanlah hal yang mudah dan cepat untuk dilakukan, namun bukan berarti tak ada jalan keluar.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

1. Olahraga Kardio dan Latihan Kekuatan

Mempertahankan berat badan yang sehat merupakan salah satu cara penting untuk mengecilkan perut buncit. Olahraga kardio dan latihan kekuatan akan membantu Anda membakar kalori serta menjaga tubuh agar tetap ramping. Anda minimal harus melakukan 30 menit kardio setiap harinya untuk membakar lemak perut.

2. Latihan Perut

Melatih otot-otot merupakan hal yang penting. Lakukan latihan otot perut bagian atas, bawah, dan samping. Misalnya dengan melakukan sit-up dengan berbagai variasi. 

3. Pola Makan Sehat

Semua latihan kardio dan sit-up akan sia-sia apabila Anda makan makanan yang tidak sehat atau memakan terlalu banyak kalori. Cara lain mengecilkan perut buncit adalah dengan mengimbangi pola makan dengan asupan bernutrisi yang rendah lemak dan kaya serat seperti gandum, sereal, dan kacang-kacangan. 

4. Hindari Bahan Makanan Tertentu

Anda harus menghindari konsumsi natrium (garam), alkohol, dan minuman berkarbonasi yang bisa menghambat proses pembakaran lemak perut Anda. Konsumsi garam berlebihan juga dapat membuat cairan tubuh berpindah dari aliran darah ke lapisan kulit Anda. Minuman beralkohol seperti bir juga mengandung banyak kalori. Saat Anda meminum bir, liver Anda bekerja untuk membakar alkohol dan bukan lemak sehingga perut pun semakin buncit. Minuman berkarbonasi termasuk diet soda, mengandung banyak gula dan kalori yang tinggi sehingga bisa membuat perut Anda menjadi buncit.

5. Hidrasi

Minum air minimal 8 gelas setiap harinya akan membantu Anda menghindari kembung dan bengkak serta menghilangkan rasa sakit pada otot.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What causes belly fat and 7 ways to lose it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323309.php)
Belly fat in women: Taking — and keeping — it off. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/belly-fat/art-20045809)
How To Lose Belly Fat - 4 Tips for a Flatter Stomach. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/features/the-truth-about-belly-fat#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app