IgA nephropathy - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 789.937 orang

Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang yang terletak di dalam rongga perut di kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal bertanggung jawab untuk menyaring limbah (filtrasi) dari darah dan memproduksi urin dalam tubuh.

Glomerulus ada struktur di dalam ginjal yang berfungsi untuk menyaring limbah. Banyak penyakit dapat mempengaruhi fungsi ginjal Anda dengan menyerang dan merusak glomerulus. Gangguan pada fungsi glomerulus juga disebut penyakit glomerular. 

Penyakit glomerular mencakup banyak kondisi dengan berbagai penyebab. Immunoglobulin A Nephropathy, disingkat IgAN, atau penyakit Berger, adalah suatu kondisi yang dapat merusak glomerulus di dalam ginjal Anda dan dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Apa yang menyebabkan IgA Nephropathy?

Penyebab pasti terjadinya IgAN tidak dipahami dengan baik. IgAN bukan hanya penyakit ginjal, tetapi IgAN adalah respons dari sistem kekebalan tubuh Anda (sistem pertahanan tubuh Anda) terhadap benda asing (seperti virus). 

Respon imun inilah yang mempengaruhi ginjal Anda. Respon imun melepaskan Immunoglobulin A (IgA). Immunoglobulin A adalah protein yang membantu tubuh Anda melawan infeksi. 

Nefropati IgA terjadi ketika terjadi penumpukan protein IgA di ginjal yang menyebabkan peradangan. Peradangan menyebabkan ginjal Anda tidak dapat menyaring komponen penting yang seharusnya tidak ikut dibuang ke dalam urin seperti sel darah dan protein (biasanya segera). 

Jika kondisi ini terjadi selama bertahun-tahun, ginjal Anda dapat kehilangan fungsi dan menyebabkan gagal ginjal.

Dalam beberapa kasus, penyakit ini tampaknya merupakan penyakit keturunan. Beberapa peneliti percaya ada faktor genetik yang mungkin berperan dalam menyebabkan penyakit ini.

Tanda dan gejala nefropati IgA N

Setiap orang mungkin memiliki serangkaian tanda dan gejala yang berbeda saat menderita IgA N. Anda mungkin tidak menderita gejala apa apapun, Namun pada kondisi yang cukup parah, mungkin Anda menemukan tanda-tanda khas dari IgA N yang meliputi :

  • Hematuria: Terdapat darah dalam urin Anda yang terkadang dapat membuatnya berwarna coklat gelap atau berwarna seperti cola.
  • Proteinuria: Urin berbusa karena sejumlah besar protein bocor ke urin Anda.

Apakah penyakit IgA Nephropathy dapat dicegah?

Para peneliti belum menemukan cara untuk mencegah terjadinya IgA nephropathy. 

Orang-orang dengan riwayat keluarga nefropati IgA harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk mengetahui langkah-langkah apa yang dapat mereka ambil untuk menjaga kesehatan ginjal mereka, seperti mengendalikan tekanan darah dan menjaga kolesterol darah pada tingkat yang sehat.

Walaupun para peneliti belum menemukan bahwa makanan berperan dalam menyebabkan atau mencegah nefropati IgA. Penyedia layanan kesehatan merekomendasikan bahwa orang dengan penyakit ginjal, seperti nefropati IgA, untuk mengubah pola makan seperti :

  • membatasi asupan natrium makanan, untuk membantu menurunkan tekanan darah
  • mengurangi asupan cairan
  • makan makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk membantu mengontrol kadar lipid, atau lemak, dalam darah

Pengobatan apa yang perlu dilakukan jika saya memiliki nefropati IgA?

Diagnosa

Setelah menemukan gejala seperti urin berwarna coklat, dokter Anda dapat melakukan tes untuk membantu memahami penyebab gejala Anda dan menemukan perawatan yang tepat untuk Anda.

Pemeriksaan yang mungkin dilakukan meliputi :

  • Tes urin: Tes urin akan membantu menemukan protein dan darah dalam urin Anda di bawah mikroskop.
  • Tes darah: Tes darah akan membantu menemukan kadar protein, kolesterol, dan limbah dalam darah Anda.
  • Glomerular filtration rate (GFR): Tes darah akan dilakukan untuk mengetahui seberapa baik fungsi ginjal Anda dalam menyaring limbah dari tubuh Anda.
  • Biopsi ginjal: Dalam tes ini, sepotong kecil ginjal Anda akan diambil menggunakan jarum khusus, dan dilihat di bawah mikroskop. Biopsi ginjal dapat menunjukkan jika Anda memiliki jenis protein tertentu yang membantu tubuh Anda melawan infeksi, yang disebut antibodi IgA, di glomerulus.

Pengobatan

Upaya memperlambat proses kerusakan ginjal dapat dilakukan dengan cara:

  • Kortikosteroid dan obat imunosupresif: Obat-obatan ini digunakan untuk mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda (IgA) dan menghentikannya menyerang glomerulus pada ginjal.
  • ACE inhibitor dan ARB: Ini adalah obat tekanan darah yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehilangan protein dan mengendalikan tekanan darah.
  • Perubahan diet: Beberapa perubahan diet mungkin diperlukan, seperti mengurangi konsumsi garam (natrium) dan protein untuk meringankan beban limbah pada ginjal.
  • Penyedia layanan kesehatan Anda dapat merekomendasikan penggunaan suplemen vitamin dalam bentuk minyak ikan. Beberapa penelitian telah menunjukkan penggunaan suplemen minyak ikan dapat membantu dalam pengobatan IgAN. 
  • Sebelum mulai mengkonsumsi suplemen atau vitamin apa pun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit