Hyoscine Butylbromide: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Definisi Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide adalah kelompok obat antispasmodik. Merek dagang hyoscine butylbromide yang banyak dikenal adalah Buscopan.

Indikasi penggunaan Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide digunakan untuk meredakan kram otot pada perut, usus, uretra, dan kandung kemih. Hyoscine butylbromide juga dapat digunakan untuk meredakan gejala iritasi saluran pencernaan (irritable bowel syndrome/IBS).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara kerja Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide bekerja dengan cara merelaksasi otot halus pada perut, usus, kantung kemih, dan uretra. Kemudian mengurangi motilitas atau pergerakan lambung dan usus untuk menghentikan kontraksi otot yang tiba-tiba.Oleh karena itu kram, nyeri, kembung, dan rasa tidak nyaman pada perut, usus, uretra, dan kantung kemih dapat berkurang.

Cara penggunaan Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide tersedia dalam dua bentuk sediaan, yaitu tablet 10 mg dan injeksi 20 mg/ml. Hyoscine butylbromide tablet dapat langsung diminum utuh dengan air. Tidak dibenarkan untuk memotong/membagi tablet, menggerus, atau mengunyak tablet.

Dosis hyoscine butylbromide yang direkomendasikan untuk orang dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun adalah 2 tablet setiap 4 kali minum per hari, atau tergantung hasil pemeriksaan dan petunjuk dokter.

Sedangkan dosis untuk anak-anak usia 6 – 12 tahun adalah 1 tablet setiap 3 kali minum per hari. Hysoscine butylbromide tidak direkomendasikan untuk anak-anak dibawah usia 6 tahun.

Hyoscine butylbromide diminum hanya setiap kali Anda merasa nyeri atau kram dan dapat diminum sebelum atau setelah makan. Hyoscine butylbromide bekerja sangat cepat sehingga nyeri dan kram perut dapat reda dalam waktu 15 menit.

Apabila nyeri dan kram sudah mereda dan tidak muncul kembali, obat tidak perlu diminum lagi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sedangkan untuk hyoscine butylbromide dalam bentuk injeksi, dosis yang direkomendasikan adalah 10 mg atau 20 mg untuk disuntikkan secara intramuscular (ke dalam otot), intravena (ke dalam pembuluh darah vena), atau secara subkutan (ke bawah kulit). Dosis injeksi maksimal adalah 100 mg per hari.

Efek samping Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide biasanya tidak menimbulkan efek samping, tetapi beberapa orang dapat mengalami efek samping yang terjadi 1 dari 100 orang, yaitu:

Reaksi alergi biasanya juga dapat muncul segera setelah seseorang meminum hyoscine butylbromide. Tanda dan gejala dari reaksi alergi tersebut yaitu:

  • Kemerahan/ruam pada kulit
  • Mata, bibir, atau lidah membengkak/gatal
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas
  • Denyut jantung meningkat
  • Nyeri dada

Apabila Anda mengalami tanda dan gejala reaksi alergi setelah meminum obat, segera bawa ke instalasi gawat darurat terdekat.

Perhatian penggunaan Hyoscine Butylbromide

Hyoscine butylbromide dapat diperoleh dengan atau tanpa resep dokter. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan/menginformasikan pada dokter atau apoteker sebelum terapi dengan hyoscine butylbromide, apabila:

  • Riwayat alergi terhadap hyoscine butylbromide atau alergi lainnya
  • Riwayat kondisi medis terutama glaucoma atau masalah kesehatan mata lainnya, penyakit jantung, pembesaran prostat, penyakit miastenia gravis, penyakit tiroid, permasalaha pada saluran cerna seperti perdarahan saat BAB
  • Obat-obatan, supplemen herbal, atau vitamin yang sedang dikonsumsi
  • Dalam kondisi hamil atau menyusui
  • Dalam kondisi mengemudi atau mengoperasikan mesin
  • Berusia diatas 40 tahun

Interaksi Hyoscine Butylbromide dengan obat lain

Hyoscine butylbromide dapat bereaksi secara tidak terprediksi dengan obat-obatan lain. Hal ini dapat mempengaruhi mekanisme kerja obat dan meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Beberapa contoh obat yang berinteraksi dengan hyoscine butylbromide misalnya:

Apabila lupa meminum Hyoscine Butylbromide

Apabila Anda lupa meminum hyoscine butylbromida, segera minum setelah Anda ingat. Tetapi apabila telah mendekati waktu minum obat selanjutnya, Anda tidak perlu meminum dua dosis (untuk waktu minum obat yang tertinggal dan untuk waktu minum obat sekarang) sekaligus.

Penyimpanan Hyoscine Butylbromide

Simpan hyoscine butylbromide sesuai dengan kemasannya pada suhu ruangan, terhindar dari panas, kelembaban, dan cahaya langsung. Tidak dibenarkan menyimpan obat dalam lemari pendingin. Hindarkan dari jangkauan anak-anak.

Tanyakan pada tenaga kesehatan apabila Anda ingin membuang sisa obat yang tidak digunakan.


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
HIOSIN BUTILBROMIDA. Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas). (http://pionas.pom.go.id/monografi/hiosin-butilbromida)
[The treatment of irritable colon. Efficacy and tolerance of buscopan plus, buscopan, paracetamol and placebo in ambulatory patients with irritable... National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/2210587)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app