Hipertensi Arteri Paru - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 885.170 orang

Hipertensi arteri pulmonal (PAH) adalah kondisi medis yang jarang terjadi tetapi serius. Pada kondisi ini, arteri yang membawa darah ke paru-paru menyempit sehingga membuat aliran darah menjadi sulit.

Darah mengalir dari jantung ke paru-paru melalui arteri. Ketika darah mencapai paru-paru, akan mengambil oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh Anda. Dalam kondisi hipertensi arteri paru, kondisi ini menyebabkan arteri-arteri itu menyempit sehingga menyebabkan peningkatan tekanan untuk membantu memindahkan darah melalui arteri-arteri yang menyempit. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, di arteri paru-paru ini menyebabkan sisi kanan jantung bekerja lebih keras dan akhirnya melemah.

Penyebab Hipertensi Arteri Paru

Hipertensi arteri paru idiopatik merupakan kondisi yang tidak memiliki penyebab jelas. Kondisi inijuga bisa menjadi penyakit bawaan. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini, peluang Anda untuk mengembangkan kondisi lebih tinggi.

Hipertensi arteri paru paling sering disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti:

  • gagal jantung
  • cacat jantung bawaan
  • bekuan darah di paru-paru
  • penyakit paru obstruktif kronik

Gejala Hipertensi Arteri Paru

Gejala PAH biasanya tidak muncul sampai tahapan lanjutan. Salah satu gejala awal yang biasa terjadi adalah sesak napas dan kelelahan setelah aktivitas fisik ringan. Anda mungkin mengalami saat-saat pusing atau bahkan pingsan karena kondisi ini dapat mengurangi aliran darah ke dalam otak.

Kondisi hipertensi arteri paru menyebabkan jantung menjadi tegang untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh Anda dengan benar. Oleh karena itu, menimbulkan penumpukan cairan.

Jika Anda menderita PAH, Anda juga mungkin mengalami pembengkakan pergelangan kaki. Segera periksakan diri bila mengalami gejala-gejala seperti yang telah disebutkan.

Pengobatan Hipertensi Arteri Paru

Obat untuk hipertensi paru

Tidak ada obat yang tersedia untuk PAH. Perawatan ini berfokus pada menghilangkan gejala dan memperlambat perkembangan penyakit. Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah atau mengurangi pertumbuhan sel berlebih di dalam arteri.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia minimal belanja Rp50.000!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Beberapa obat yang biasanya diresepkan dokter untuk mengobati PAH termasuk sildenafil, prostanoid, dan penghambat saluran kalsium. Digoxin juga dapat digunakan untuk membantu jantung berdetak lebih kuat.

Obat diuretik juga mungkin diperlukan untuk membantu menurunkan tekanan darah dengan mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Selain itu, dokter juga dapat meresepkan obat untuk membantu mengobati kondisi medis yang mengarah pada hipertensi paru.

Septostomi atrium

Septostomi atrium adalah prosedur yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aliran darah pada jantung. Selama prosedur ini, dokter akan memasukan kateter melalui arteri ke ruang atas jantung, yang disebut dengan atrium. Kateter masuk melalui septum, dinding tipis yang memisahkan atrium kanan dan atrium kiri.

Setelah itu, dokter akan mengembangkan balon kecil di ujung kateter setelah penyisipan untuk memungkinkan lebih banyak aliran darah antara dua kamar jantung. Hal ini memudahkan tekanan yang tumbuh di atrium kanan yang disebabkan oleh PAH.

Transplantasi paru-paru

Orang dengan kasus PAH yang paling serius mungkin memerlukan transplantasi paru-paru. Pilihan pengobatan ini sebagian besar dianjurkan bagi pilihan terakhir bagi penderita yang memiliki kondisi serius. Pasien yang juga memiliki penyakit jantung yang parah atau gagal jantung karena PAH dapat menjadi kandidat untuk transplantasi jantung-paru.

Tromboendarterektomi paru

Terkadang, bekuan darah kecil di paru-paru larut dengan sendirinya. Tapi, jika Anda memiliki gumpalan darah di arteri paru-paru, seorang ahli bedah mungkin perlu mengeluarkannya. Diperlukan prosedur tromboendarterektomi paru saat bekuan darah tersangkut di bagian dalam arteri paru, sehingga menghambat aliran darah.

Prosedur ini dapat menyebabkan tekanan darah di arteri pulmonalis kembali ke kisaran yang sehat, sertai juga dapat membantu memperbaiki beberapa kerusakan pada sisi kanan jantung.

Pencegahan komplikasi

Untuk mencegah terjadinya komplikasi serius lainnya, perubahan gaya hidup perlu dilakukan, termasuk:

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit