Hexetidine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 16, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Tinjau pada Mei 17, 2019 Waktu baca: 3 menit

Hexetidine merupakan salah satu jenis obat antiseptik. Obat ini memiliki kandungan antivirus dan antibakteri untuk membunuh kuman di mulut seperti kandidiasis, ulkus mulut, dan higienitas mulut yang buruk. 

Obat ini juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut yang disebabkan oleh suatu penyakit tenggorokan dan mengganggu kepercayaan diri.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Hexetidine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Larutan kumur

Kandungan:

Obat antiseptik

Farmakologi Obat Hexetidine

Obat hexetidine memiliki beberapa kandungan penting antiseptik diantaranya:

Anestetik

Obat ini mengurangi rasa nyeri yang bersumber pada gangguan mulut seperti sariawan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Astrigen

Kandungan astrigen pada obat hexedine berfungsi untuk mempercepat konstriksi jaringan mukus membaran. Kandungan astrigen juga dapat mengurangi pengeluaran sekresi mukus dan pendarahan ringan pada permukaan mulut. 

Astrigen pada hexetdine menguatkan protein dan mengeraskan kulit. Astrigen juga memberikan efek rasa pada kandugan obat.

Anti plak

Antiplak pada hexetidine dapat mengurangi dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi. Plak tersebut paling sering melekat pada bagian belakang gigi dan diantara gigi. Plak ini dapat memicu terjadinya infeksi pada gusi seperti gingiviiis dan periodontitis. 

Manfaat Obat Hexetidine

Obat hexetidine bermanfaat dalam mencegah perkembangan kuman akibat virus dan bakteri yang bersarang pada mulut dan tenggorokan. Hexetadine daoat bermanfaat mencegah beberapa paenyakit diantaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Kandidiasis

Penyakit candidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menyerang kulit. Letak kandidiasis dapat terjadi di beberapa lokasi dan derajat penyakit yang berbeda-beda. Jamur berkembang biak di permukaan kulit dan menimbulkan infeksi. 

Pada kandidiasis mulut, gejala yang ditemukan antara lain:

  • Luka berwarna putih di dalam mulut, lidah, dan gusi disertai nyeri.
  • Bibir pecah-pecah
  • Nyeri
  • Nafsu makan menurun
  • Gingivitis

Gingivitis merupakan peradangan yang terletak pada gusi dan permukaan gusi di sekitar gigi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh higienitas gigi dan gusi yang buruk. Gejala gingivitis antara lain:

  • Pembengkakan di sekitar batas gusi
  • Gusi merah
  • Gusi menjadi lunak dan nyeri
  • Bau mulut

Komplikasi tersering pada gingivitis yaitu:

  • Periodonitis
  • Abses gusi
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Ulkus mulut
  • Tonsilitis

Tonsilitis atau peradangan amandel banyak terjadi pada anak-anak. Penyebab infeksi ini memicu peradangan terutama pada anak-anak karena amandel adalah kelenjar yang memiliki fungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk mencegah infeksi. 

Tonsil mengeluarkan limfosit dan imunoglobulin pada saat terjadinya infeksi

Gejala Tonsilitis

Gejala Tonsilitis antara lain:

  • Demam tinggi
  • Nyeri tenggorokan
  • Sulit menelan
  • Makanan terasa hambar
  • Badan menjadi lemas
  • Amandel bengkak dan merah

Dosis dan Cara Pemberian Obat Hexetidine

Obat hexetidien tersedia dalam botol kumur antiseptik dengan ukuran yang bervariasi. Sediaan obat hexetidine kumur sebanyak 0,1% diberikan dengan cara dikumur perlahan minimal 30 detik lalu dibuang. 

Untuk infeksi mulut seperti kandidiasis mulut diberikan obat kumur 0,1% sebanyak 2 kali sehari setelah mengikat gigi. 

Jangan tertelan saat berkumur obat hexetidine, apabila muncul rasa baal atau nyeri pada lidah, kumur air bersih selama beberapa detik lalu bilas. 

Obat ini harus tersimpan dalam keadaan tertutup agar tidak terkontaminasi oleh kuman bakteri atau virus dari luar. Jauhkan dai jangkauan anak-anak serta simpan di tempat sejuk dengan suhu ruangan serta terhindar dari cahaya matahari. 

Jangan menggunakan obat kumur dengan jenis merk atau kandungan yang berbeda-beda setiap hari karena dapat mengganggu mekanisme obat pada pemukaan mulut.

Efek Samping Hexetidine

Obat kumur hexetidine memiliki beberapa efek samping ringan antara lain:

  • Perubahan rasa pada area mulut
  • Mulut menjadi terasa baal saat awal penggunaan obat
  • Iritasi mulut seperti nyeri dan sensasi terbakar

Interaksi Pada Pemberian Hexetidine

Obat kumur hexetidine memiliki interaksi apabila digunakan bersamaan dengan penggunaan obat lainnya seperti obat-obatan herbal dan multivitamin. Obat hexetidine sebaiknya tidak boleh diberikan bersamaan dengan makanan, minuman, serta tembakau (rokok).

Kontraindikasi

Tidak banyak informasi yang diketahui tentang dampaknya pemberian obat hexetidine pada ibu hamil dan menyusui.

Obat ini tidak boleh diberikan pada orang dengan alergi terhadap obat aspirin


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The effect of hexetidine mouthwash on the prevention of plaque and gingival inflammation: a systematic review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK85529/)
Hexetidine - C21H45N3. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/hexetidine)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app