Ginkgo - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 18 menit
Telah dibaca 850.337 orang

Ginkgo adalah pohon besar dengan daun berbentuk kipas. Meskipun Ginkgo adalah tanaman asli dari Cina, Jepang, dan Korea, pohon ginkgo telah tumbuh di Eropa sejak sekitar tahun 1730 dan di Amerika Serikat sejak sekitar tahun 1784. 

Pohon ginkgo dianggap sebagai salah satu pohon tertua yang hidup, berasal dari lebih dari 200 juta tahun.

Daun ginkgo sering dikonsumsi untuk gangguan memori termasuk penyakit Alzheimer. Daun ginkgo juga digunakan untuk kondisi yang tampaknya disebabkan oleh berkurangnya aliran darah di otak, terutama pada lansia. 

Kondisi-kondisi ini termasuk kehilangan ingatan, pusing, sulit berkonsentrasi, dan gangguan mood. Beberapa orang menggunakan daun ginkgo untuk nyeri kaki ketika berjalan terkait dengan aliran darah yang buruk (klaudikasio).

Daftar kegunaan lain dari ginkgo sangat panjang. Mungkin karena ramuan ini sudah ada sejak lama. Ginkgo biloba adalah salah satu spesies pohon terpanjang di dunia. Pohon ginkgo dapat hidup selama seribu tahun. Menggunakan ginkgo untuk asma dan bronkitis dijelaskan pada tahun 2600 SM.

Dalam pembuatannya, ekstrak daun ginkgo digunakan dalam kosmetik. Dalam makanan, biji ginkgo panggang, yang dihilangkan ampasnya, adalah makanan lezat yang bisa dimakan di Jepang dan Cina.

Bagaimana cara kerjanya?

Ginkgo tampaknya meningkatkan sirkulasi darah, yang mungkin membantu otak, mata, telinga, dan kaki berfungsi lebih baik. Ginkgo dapat bertindak sebagai antioksidan untuk memperlambat penyakit Alzheimer dan mengganggu perubahan di otak yang dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran.

Biji ginkgo mengandung zat yang mungkin membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan infeksi dalam tubuh. Bijinya juga mengandung racun yang dapat menyebabkan efek samping serius seperti kejang dan kehilangan kesadaran.

Kegunaan & Keefektifan

Mungkin efektif untuk

  • Kegelisahan
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo selama 4 minggu dapat mengurangi gejala kecemasan.
  • Demensia terkait dengan penyakit Alzheimer, penyakit pembuluh darah atau penyakit lainnya
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ginkgo hingga sedikitnya satu tahun memperbaiki beberapa gejala Alzheimer, vaskular, atau demensia lainnya. Dosis 240 miligram per hari mungkin bekerja lebih baik daripada dosis 120 miligram per hari. Namun, ada kekhawatiran bahwa temuan dari banyak studi ini mungkin tidak dapat diandalkan. Sementara sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa ginkgo membantu untuk gejala penyakit Alzheimer dan demensia lainnya, ada beberapa temuan yang saling bertentangan. Hal ini membuat sulit untuk menentukan orang mana yang mungkin mendapat manfaat. Sementara ginkgo dapat membantu mengobati gejala berbagai jenis demensia, ginkgo tampaknya tidak membantu mencegah demensia berkembang. Selain itu, tampaknya tidak mencegah demensia terkait Alzheimer memburuk. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo khusus yang disebut EGb 761 (Dr Willmar Schwabe Pharmaceuticals) setiap hari selama 22-24 minggu tampaknya sama efektifnya dengan obat donepezil (Aricept) untuk mengobati penyakit Alzheimer ringan hingga sedang. Tapi, penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak daun ginkgo mungkin kurang efektif daripada obat konvensional donepezil (Aricept) dan tacrine (Cognex). Mengkonsumsi ginkgo bersamaan dengan obat-obatan resep seperti donepezil atau rivastigmine tampaknya tidak lebih baik daripada meminum obat saja untuk gejala-gejala penyakit Alzheimer.
  • Masalah penglihatan pada penderita diabetes
    Ada beberapa bukti bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut selama 6 bulan dapat meningkatkan warna penglihatan pada orang dengan kerusakan retina yang disebabkan oleh diabetes.
  • Hilangnya penglihatan terkait dengan glaukoma
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut hingga 12,3 tahun tampaknya memperbaiki kerusakan yang sudah ada sebelumnya pada bidang visual pada beberapa orang dengan glaukoma. Namun, karena penelitian yang bertentangan menunjukkan bahwa ginkgo tidak mencegah perkembangan glaukoma ketika hanya dikonsumsi dalam 4 minggu, mungkin perlu dikonsumsi untuk waktu yang lebih lama untuk melihat adanya perbaikan.
  • Nyeri kaki saat berjalan terkait dengan aliran darah yang buruk (penyakit arteri perifer)
    Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo meningkatkan jarak orang dengan sirkulasi darah yang buruk di kaki mereka dapat berjalan tanpa rasa sakit. Mengkonsumsi ginkgo juga dapat mengurangi kemungkinan membutuhkan operasi. Namun, orang dengan kondisi ini mungkin perlu mengkonsumsi ginkgo selama setidaknya 24 minggu sebelum mereka melihat peningkatan.
  • Sindrom prahaid (PMS)
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut tampaknya meringankan nyeri payudara dan gejala lain yang terkait dengan PMS ketika dimulai selama hari ke-16 dari siklus menstruasi dan berlanjut sampai hari ke-5 dari siklus berikut.
  • Skizofrenia
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ginkgo setiap hari selain obat antipsikotik konvensional selama 8-16 minggu dapat mengurangi gejala skizofrenia. Ginkgo juga dapat mengurangi beberapa efek samping seperti rasa haus dan sembelit dan efek samping yang terkait dengan obat antipsikotik, haloperidol.
  • Gangguan gerakan yang disebut tardive dyskinesia
    Tardive dyskinesia adalah kelainan gerakan yang disebabkan oleh obat-obatan antipsikotik tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo tertentu (EGb 761, Yi Kang Ning, Yang Zi Jiang Pharmaceuticals Ltd., Jiangsu, China) selama 12 minggu dapat mengurangi keparahan gejala tardive dyskinesia pada orang dengan skizofrenia yang menggunakan obat antipsikotik.
  • Pusing (vertigo)
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut tampaknya memeperbaiki gejala pusing dan gangguan keseimbangan.

Mungkin tidak efektif untuk

  • Disfungsi seksual disebabkan oleh obat antidepresan
    Meskipun beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut dapat memperbaiki masalah seksual yang disebabkan oleh obat antidepresan, penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa itu mungkin tidak efektif.
  • Masalah mental yang disebabkan oleh kemoterapi
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo khusus yang disebut EGb 761 (Dr. Willmar Schwabe Pharmaceuticals) dua kali sehari dimulai sebelum siklus kemoterapi kedua dan berlanjut sampai satu bulan setelah pengobatan kemoterapi berakhir tidak mencegah masalah mental yang disebabkan oleh kemoterapi pada orang yang dirawat untuk kanker payudara.
  • Tekanan darah tinggi 
    Penelitian menunjukkan bahwa mengambil ekstrak daun ginkgo khusus (EGb 761) melalui mulut hingga 6 tahun tidak mengurangi tekanan darah pada lansia dengan tekanan darah tinggi.
  • Sklerosis ganda
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo atau ginkgolide B, bahan kimia khusus yang ditemukan dalam ekstrak ginkgo, tidak meningkatkan fungsi mental atau kecacatan pada orang dengan sklerosis ganda
  • Depresi musiman (gangguan afektif musiman)
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut tampaknya tidak mencegah gejala depresi musim dingin pada orang dengan depresi musiman.
  • Dering di telinga (tinnitus)
    Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo melalui mulut tampaknya tidak memperbaiki dering di telinga.

Sangat tidak efektif untuk

Penyakit jantung. Mengkonsumsi ekstrak ginkgo khusus (EGb 761, Dr Willmar Schwabe Pharmaceuticals) tidak mengurangi kemungkinan mengalami serangan jantung, nyeri dada, atau stroke pada orang tua.

Tidak cukup bukti untuk

  • Hilangnya penglihatan terkait usia (degenerasi makula terkait usia)
    Ada beberapa bukti awal bahwa ekstrak daun ginkgo dapat memperbaiki gejala dan jarak penglihatan pada orang dengan kehilangan penglihatan terkait usia.
  • Hayfever (rinitis alergi)
    Penelitian awal menunjukkan bahwa meneteskan tetes mata khusus (Trium, SOOFT) yang mengandung ekstrak ginkgo dan asam hilauronat tiga kali sehari selama satu bulan dapat mengurangi kemerahan mata, pembengkakan dan pelepasan pada orang dengan pembengkakan mata karena alergi musiman.
  • Penyakit ketinggian 
    Penelitian tentang efek ekstrak daun ginkgo pada penyakit ketinggian tidak konsisten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo dapat mengurangi gejala penyakit ketinggian ketika dikonsumsi 4 hari sebelum mendaki. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo khusus (GK501, Pharmaton Natural Health Products) selama 1-2 hari sebelum mendaki tidak mencegah penyakit ketinggian.
  • Asma
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi dua kapsul produk khusus yang mengandung ekstrak ginkgo, jahe, dan Picrorhiza kurroa (AKL1, AKL International Ltd) dua kali sehari selama 12 minggu tidak memperbaiki fungsi paru-paru atau gejala asma pada orang dewasa dengan asma.
  • Attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD)
    Efek ginkgo pada gejala yang berhubungan dengan ADHD tidak jelas. Ada bukti awal bahwa produk yang mengandung ekstrak daun ginkgo dan ginseng Amerika dapat membantu memperbaiki gejala ADHD seperti kecemasan, hiperaktif, dan impulsif pada anak usia 3-17 tahun. Tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo tidak memperbaiki gejala ADHD dibandingkan dengan metilfenidat, obat yang digunakan untuk mengobati ADHD, pada anak-anak berusia 6-14 tahun. Juga, mengambil ekstrak ginkgo bersama dengan metilfenidat tampaknya tidak banyak memperbaiki gejala ADHD yang dilaporkan oleh orang tua atau guru dibandingkan dengan metilfenidat saja pada anak-anak 6-12 tahun.
  • Autism
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo khusus (Ginko T.D. Tolidaru Pharmaceuticals) setiap hari selama 10 minggu bersama dengan pengobatan konvensional tidak memperbaiki gejala autisme pada anak-anak.
  • Penyakit paru-paru yang disebut penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) 
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk khusus yang mengandung ekstrak ginkgo, jahe, dan Picrorhiza kurroa (AKL1, AKL International Ltd) dua kali sehari selama 8 minggu tidak memperbaiki fungsi paru-paru pada orang dengan PPOK.
  • Kecanduan kokain
    Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 dua kali sehari selama 10 minggu tidak membantu orang dengan kecanduan kokain.
  • Fungsi mental 
    Efek ekstrak daun gingko pada fungsi mental dan memori pada orang dewasa yang sehat tidak jelas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo dapat meningkatkan daya ingat, kecepatan berpikir, dan perhatian pada orang dewasa yang sehat. Tetapi penelitian lain tidak menunjukkan manfaat. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek ginkgo pada fungsi mental pada orang dewasa yang sehat.
  • Kanker kolorektal
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menyuntikkan ekstrak daun ginkgo khusus (EGb 761, ONC) melalui pembuluh darah bersama dengan obat antikanker mungkin bermanfaat bagi orang dengan kanker kolorektal lanjut.Disleksia. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo khusus (EGb 761) selama sekitar 30 hari dapat mengurangi disleksia pada anak-anak berusia 5-16 tahun.
  • Fibromyalgia
    Penelitian awal menunjukkan bahwa meminum tablet ekstrak daun ginkgo khusus (Bio-Biloba, Pharma Nord) bersama dengan kapsul koenzim Q-10 (Bio Quinone Q10, Pharma Nord) melalui mulut selama 84 hari dapat meningkatkan perasaan kesehatan dan persepsi kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi rasa sakit pada orang dengan fibromyalgia.
  • Kanker lambung
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi karbohidrat dari lapisan luar buah ginkgo melalui mulut dua kali sehari selama 30 hari dapat mengurangi ukuran tumor pada orang dengan kanker lambung.
  • Gangguan pendengaran
    Ada beberapa bukti awal bahwa mengkonsumsi ginkgo dapat membantu gangguan pendengaran jangka pendek karena penyebab yang tidak diketahui. Namun, banyak dari orang-orang ini yang pulih dengan sendirinya. Sulit untuk mengetahui apakah ginkgo memiliki pengaruh.
  • Wasir 
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi kombinasi ginkgo dan obat konvensional tertentu dapat mengurangi beberapa gejala wasir, termasuk perdarahan dan rasa sakit.
  • Sakit kepala terkait migrain
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ginkgolide B, bahan kimia yang ditemukan dalam ekstrak daun ginkgo, dapat membantu mencegah migrain pada anak-anak dan wanita.
  • Kanker ovarium
    Bukti menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak daun ginkgo selama 6 bulan dikaitkan dengan penurunan risiko kanker ovarium.
  • Kanker pankreas 
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan bentuk suntik khusus dari ekstrak daun ginkgo (EGb 761) melalui pembuluh darah bersama dengan obat antikanker dapat memperlambat perkembangan kanker pankreas pada beberapa orang.
  • Kualitas hidup
    Bukti awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak ginkgo (LI 1370, Lichtwer Pharma) selama 6 bulan dapat meningkatkan kadar kualitas hidup seperti aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, suasana hati, tidur, dan ketajaman perhatian pada lansia.
  • Paparan radiasi
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo khusus (EGb 761, Tanakan Ipsen) dapat mengurangi beberapa efek negatif radiasi pada tubuh.
  • Toksisitas kulit yang disebabkan oleh radiasi
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan produk krim khusus (Radioskin 2, Herbalab di Perusahaan Perazza Massimiliano) yang mengandung ekstrak ginkgo, Lidah buaya, dan logam esculetina bersama dengan produk lain (Radioskin 1, Herbalab di Perusahaan Perazza Massimiliano) dapat memperbaiki kelembaban kulit dan mengurangi efek samping kulit pada pasien kanker payudara yang menerima perawatan radiasi.
  • Gangguan pembuluh darah (sindrom Raynaud)
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo selama 10 minggu melalui mulut dapat mengurangi jumlah serangan menyakitkan per minggu pada orang dengan kelainan pembuluh darah yang disebut sindrom Raynaud. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa ginkgo tidak bermanfaat atau kurang efektif daripada obat-obatan seperti nifedipine.
  • Disfungsi seksual
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo setiap hari selama 8 minggu tidak memperbaiki fungsi seksual pada wanita dengan gangguan gairah seksual. Namun, mengkonsumsi produk kombinasi khusus yang mengandung ginkgo, ginseng, damiana, L-arginine, multivitamin, dan mineral (ArginMax for Women) selama 4 minggu nampaknya meningkatkan kepuasan seksual pada wanita dengan disfungsi seksual.
  • Stroke
    Efek ginkgo untuk pemulihan pada orang yang mengalami stroke yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah tidak jelas. Beberapa bukti menunjukkan bahwa orang mungkin membaik setelah stroke ketika dirawat dengan ginkgo. Namun, penelitian yang berkualitas lebih tinggi tidak menunjukkan manfaat.
  • Perubahan warna kulit (Vitiligo)
    Ada beberapa penelitian awal yang mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo khusus (Ginkgo Plus, Seroyal) dapat mengurangi ukuran dan penyebaran lesi kulit.
  • Kolesterol Tinggi.
  • "Pengerasan pembuluh darah" (aterosklerosis).
  • Gumpalan darah.
  • Masalah berpikir terkait dengan penyakit Lyme.
  • Sindrom kelelahan kronis (CFS).
  • Diare berdarah.
  • Bronkitis.
  • Gangguan kencing
  • Gangguan pencernaan.
  • Kudis.
  • Luka kulit.
  • Kondisi lainnya.

Diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai ginkgo untuk penggunaan ini.

Efek samping

Efek Samping & Keamanan

EKSTRAK DAUN Ginkgo SANGAT AMAN bagi kebanyakan orang ketika diminum dalam dosis yang sesuai. Ekstrak daun ginkgo dapat menyebabkan beberapa efek samping kecil seperti sakit perut, sakit kepala, pusing, sembelit, detak jantung yang kuat, dan reaksi kulit alergi.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa ekstrak daun ginkgo dapat meningkatkan risiko kanker hati dan tiroid. Namun, hal ini hanya terjadi pada hewan yang diberi dosis ginkgo yang sangat tinggi. Tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah itu bisa terjadi pada manusia.

Buah dan ampas ginkgo dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang parah dan iritasi selaput lendir. Ginkgo dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang alergi terhadap poison ivy, poison oak, poison sumac, kulit mangga, atau minyak kulit jambu mete.

Ada beberapa kekhawatiran bahwa ekstrak daun ginkgo dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan. Ginkgo menipiskan darah dan mengurangi kemampuannya untuk membentuk gumpalan. 

Beberapa orang yang memakai ginkgo mengalami pendarahan di mata, otak, dan paru-paru dan pendarahan yang berlebihan setelah operasi. Ekstrak daun ginkgo dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit pada beberapa orang.

EKSTRAK DAUN Ginkgo MUNGKIN AMAN bila digunakan melalui pembuluh darah, jangka pendek. Ekstrak daun ginkgo telah digunakan dengan aman hingga 10 hari.

BIJI GINKGO PANGGANG atau TANAMAN GINKGO MENTAH MUNGKIN TIDAK AMAN saat dikonsumsi. Makan lebih dari 10 biji ginkgo panggang per hari dapat menyebabkan kesulitan bernapas, denyut nadi lemah, kejang, kehilangan kesadaran, dan syok.

BENIH SEGAR TIDAK AMAN saat dikonsumsi. Mengkonsumsi biji ginkgo segar dapat menyebabkan kejang dan kematian. Biji segar beracun dan dianggap berbahaya. Mengkonsumsi biji ginkgo segar dapat menyebabkan kejang dan kematian.

Tidak ada informasi yang cukup andal yang tersedia untuk mengetahui apakah ginkgo aman ketika digunakan untuk kulit.

Tindakan pencegahan & peringatan khusus

  • Kehamilan dan menyusui
    Ginkgo MUNGKIN TIDAK AMAN bila dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini dapat menyebabkan persalinan dini atau perdarahan ekstra saat melahirkan jika digunakan di dekat waktu tersebut. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan ginkgo selama menyusui. Jangan gunakan ginkgo jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Bayi dan anak-anak 
    Ekstrak daun Ginkgo MUNGKIN AMAN bila dikonsumsi dalam waktu singkat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kombinasi khusus ekstrak daun ginkgo ditambah ginseng Amerika mungkin aman pada anak-anak bila digunakan jangka pendek. Jangan biarkan anak-anak memakan biji ginkgo. Ini sangat tidak aman. Benih segar telah menyebabkan kejang dan kematian pada anak-anak
  • Gangguan pendarahan
    Ginkgo mungkin memperburuk gangguan pendarahan. Jika Anda memiliki gangguan pendarahan, jangan gunakan ginkgo.
  • Diabetes
    Ginkgo mungkin mengganggu pengelolaan diabetes. Jika Anda menderita diabetes, pantau gula darah Anda dengan cermat.
  • Kejang
    Ada kekhawatiran bahwa ginkgo dapat menyebabkan kejang. Jika Anda pernah mengalami kejang, jangan gunakan ginkgo.
  • Kekurangan enzim dehidrogenase glukosa-6-fosfat (G6PD) 
    Ginkgo dapat menyebabkan anemia berat pada orang yang mengalami kekurangan enzim G6PD. Sampai lebih banyak diketahui, gunakan dengan hati-hati atau hindari menggunakan ginkgo jika Anda memiliki kekurangan G6PD.
  • Kemandulan
    Penggunaan Ginkgo dapat mengganggu kehamilan. Diskusikan penggunaan ginkgo Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mencoba untuk hamil.
  • Pembedahan 
    Ginkgo mungkin memperlambat pembekuan darah. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan ekstra selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan ginkgo setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

Interaksi

Interaksi Utama

Jangan gunakan kombinasi ini

Ibuprofen berinteraksi dengan GINKGO

Ginkgo dapat memperlambat pembekuan darah. Ibuprofen juga bisa memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi ginkgo dengan ibuprofen dapat memperlambat pembekuan darah terlalu banyak dan meningkatkan kemungkinan memar dan berdarah.

Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan Antikoagulan / Antiplatelet) berinteraksi dengan GINKGO

Ginkgo dapat memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi ginkgo bersama dengan obat yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan. 

Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), diclofenac (Voltaren, Cataflam, lainnya), ibuprofen (Advil, Motrin, lainnya), naproxen (Anaprox, Naprosyn, lainnya), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin, warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Warfarin (Coumadin) berinteraksi dengan GINKGO

Warfarin (Coumadin) digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Ginkgo mungkin juga memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi ginkgo bersama dengan warfarin (Coumadin) dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan. 

Pastikan darah Anda diperiksa secara teratur. Dosis warfarin Anda (Coumadin) mungkin perlu diubah.

Interaksi sedang

Berhati-hatilah dengan kombinasi ini

Alprazolam (Xanax) berinteraksi dengan GINKGO

Mengkonsumsi Ginkgo bersama dengan alprazolam dapat mengurangi efek alprazolam.

Buspirone (BuSpar) berinteraksi dengan GINKGO

Ginkgo tampaknya mempengaruhi otak. Buspirone (BuSpar) juga mempengaruhi otak. Seseorang merasa terlalu aktif dan bersemangat saat menggunakan ginkgo, buspirone (BuSpar), dan obat-obatan lainnya. Tidak jelas apakah interaksi ini disebabkan oleh ginkgo atau obat lain.

Efavirenz (Sustiva) berinteraksi dengan GINKGO

Efavirenz digunakan untuk mengobati infeksi HIV. Mengkonsumsi efavirenz bersama dengan ekstrak ginkgo dapat mengurangi efek efavirenz. Sebelum mengkonsumsi ginkgo, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda minum obat untuk HIV.

Fluoxetine (Prozac) berinteraksi dengan GINKGO

Mengkonsumsi ginkgo bersama dengan tanaman wort St. John, herbal lain dan fluoxetine (Prozac) dapat menyebabkan Anda merasa kesal, gugup, gelisah, dan bersemangat. 

Hal ini disebut hypomania. Tidak diketahui apakah ini merupakan masalah ketika hanya ginkgo yang diminum dengan fluoxetine (Prozac).

Obat-obatan yang diubah oleh substrat hati (Cytochrome P450 1A2 (CYP1A2)) berinteraksi dengan GINKGO

Beberapa obat diubah dan dipecah oleh hati. Ginkgo mungkin mengurangi seberapa cepat hati memecah beberapa obat. Mengkonsumsi ginkgo bersama dengan beberapa obat yang diubah oleh hati dapat meningkatkan efek dan efek samping dari beberapa obat. 

Sebelum mengkonsumsi ginkgo, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengkonsumsi obat yang diubah oleh hati. Beberapa obat yang diubah oleh hati termasuk clozapine (Clozaril), cyclobenzaprine (Flexeril), fluvoxamine (Luvox), haloperidol (Haldol), imipramine (Tofranil), mexiletine (Mexitil), olanzapine (Zyprexa), pentazocine (Talwin), propranolol (Inderal), tacrine (Cognex), theophylline, zileuton (Zyfripto) , dan lain-lain.

Obat-obatan untuk diabetes (obat-obatan antidiabetes) berinteraksi dengan GINKGO

Obat diabetes digunakan untuk menurunkan gula darah. Ginkgo dapat meningkatkan atau menurunkan insulin dan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. 

Mengkonsumsi ginkgo bersama dengan obat diabetes dapat mengurangi seberapa baik obat Anda bekerja. Pantau gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah. 

Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glburida (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone ( Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lainnya.

Obat-obatan yang meningkatkan kemungkinan kejang (obat penurun ambang kejang) berinteraksi dengan GINKGO

Beberapa obat meningkatkan kemungkinan kejang. Mengkonsumsi ginkgo dapat menyebabkan kejang pada beberapa orang. Mengkonsumsi obat yang meningkatkan kemungkinan kejang bersama dengan ginkgo mungkin sangat meningkatkan risiko kejang. 

Jangan minum ginkgo dengan obat-obatan yang meningkatkan kemungkinan kejang. Beberapa obat yang meningkatkan kemungkinan kejang termasuk anestesi (propofol, yang lain), antiaritmia (mexiletine), antibiotik (amfoterisin, penisilin, sefalosporin, imipenem), antidepresan (bupropion, lainnya), antihistamin (cyproheptadine, lainnya), imunosupresan (siklosporin), narkotika (fentanyl, lainnya), stimulan (metilfenidat), teofilin, dan lain-lain.

Obat yang digunakan untuk mencegah kejang (Antikonvulsan) berinteraksi dengan GINKGO

Obat yang digunakan untuk mencegah kejang mempengaruhi zat kimia di otak. Ginkgo juga dapat mempengaruhi zat kimia di otak. Dengan mempengaruhi zat kimia di otak, ginkgo dapat menurunkan efektivitas obat yang digunakan untuk mencegah kejang. 

Beberapa obat yang digunakan untuk mencegah kejang termasuk fenobarbital, primidon (Mysoline), asam valproat (Depakene), gabapentin (Neurontin), carbamazepine (Tegretol), phenytoin (Dilantin), dan lainnya.

Trazodone (Desyrel) berinteraksi dengan GINKGO

Trazodone (Desyrel) mempengaruhi zat kimia di otak. Ginkgo juga dapat mempengaruhi zat kimia di otak. Mengambil trazodone (Desyrel) bersama dengan ginkgo dapat menyebabkan efek samping yang serius di otak. 

Seseorang memakai trazodone dan ginkgo mengalami koma. Jangan mengkonsumsi ginkgo jika Anda mengonsumsi trazodone (Desyrel).

Interaksi Kecil

Waspada dengan kombinasi ini

Hidroklorotiazid berinteraksi dengan GINKGO

Hidroklorotiazid digunakan untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mengontrol tekanan darah. Mengkonsumsi hidroklorotiazid bersama dengan ginkgo dapat meningkatkan tekanan darah. 

Sebelum mengkonsumsi ginkgo, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda jika Anda minum obat untuk tekanan darah tinggi.

Omeprazole (Prilosec) berinteraksi dengan GINKGO

Omeprazole (Prilosec) diubah dan dipecah oleh hati. Ginkgo dapat meningkatkan seberapa cepat hati memecah omeprazole (Prilosec). Mengkonsumsi ginkgo dengan omeprazole (Prilosec) dapat mengurangi seberapa baik omeprazole (Prilosec) bekerja.

Takaran

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

MELALUI MULUT:

  • Untuk kecemasan
    80 miligram atau 160 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 telah diminum tiga kali sehari selama 4 minggu.
  • Untuk demensia
    60-480 miligram per hari ekstrak daun ginkgo, dibagi dalam dua atau tiga dosis, telah diminum hingga satu tahun. Dosis yang paling umum dipelajari adalah 120-240 miligram per hari dengan 240 miligram mungkin lebih efektif. Sebagian besar studi klinis tentang efektivitas daun ginkgo untuk demensia telah menggunakan ekstrak standar EGb 761 (Dr. Willmar Schwabe Pharmaceuticals and Ipsen) dan LI 1370 (Lichtwer Pharma).
  • Untuk kerusakan retina yang disebabkan oleh diabetes
    120 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 telah dikonsumsi setiap hari selama 6 bulan.
  • Untuk nyeri kaki berjalan yang berhubungan dengan sirkulasi yang buruk (klaudikasio, penyakit pembuluh darah perifer)
    120-240 miligram per hari ekstrak daun ginkgo (EGb 761), dibagi menjadi dua atau tiga dosis, telah dikonsumsi hingga 6,1 tahun. Dosis yang lebih tinggi mungkin lebih efektif.
  • Untuk pusing (vertigo)
    160 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 telah diminum sekali sehari atau dalam dua dosis terbagi setiap hari selama 3 bulan.
  • Untuk sindrom pramenstruasi (PMS)
    80 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 telah diminum dua kali sehari, mulai dari hari keenam belas dari siklus menstruasi hingga hari kelima dari siklus berikutnya. Juga 40 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut Ginko T.D. telah diminum tiga kali sehari mulai dari hari keenam belas dari siklus menstruasi sampai hari kelima dari siklus berikutnya.
  • Untuk kehilangan penglihatan terkait dengan glaukoma 
    120-160 miligram ekstrak daun ginkgo telah dikonsumsi dalam dua atau tiga dosis terbagi per hari hingga 12,3 tahun.
  • Untuk skizofrenia 
    120-360 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761 (Yi Kang Ning, Yang Zi Jiang Pharmaceuticals Ltd., Jiangsu, China) telah digunakan setiap hari selama 8-16 minggu.
  • Untuk gangguan pergerakan yang disebut tardive dyskinesia
    80 miligram ekstrak daun ginkgo yang disebut EGb 761, tiga kali sehari selama 12 minggu, telah dikonsumsi.

Untuk semua penggunaan, mulailah dengan dosis yang lebih rendah tidak lebih dari 120 miligram per hari untuk menghindari efek samping gastrointestinal (GI). 

Meningkatkan dosis yang lebih tinggi ditunjukkan sesuai kebutuhan. Dosis dapat bervariasi tergantung pada formulasi khusus yang digunakan. Sebagian besar peneliti menggunakan ekstrak daun Ginkgo biloba standar tertentu. 

Beberapa orang mengambil 0,5 mililiter larutan standar 1:5 dari daun ginkgo mentah tiga kali sehari.

Anda harus menghindari bagian tanaman ginkgo mentah. Bagian ini dapat mengandung tingkat berbahaya bahan kimia beracun yang ditemukan dalam benih tanaman dan di tempat lain. Zat kimia ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah.


Referensi

Graff-Radford, J. Mayo Clinic (2017) Ginkgo biloba: Can it prevent memory loss?

Lava, N. WebMD (2017). Memory Loss.

Mayo Clinic (2016). Healthy aging. Memory loss: 7 tips to improve your memory.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp