Penis Keluar Nanah, Waspada Beberapa Penyakit Ini!

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Penis Keluar Nanah, Waspada Beberapa Penyakit Ini!

Bila mengalami kondisi dimana penis keluar nanah maka jangan dianggap sepele. Gangguan ini bisa jadi merupakan gejala penyakit seperti penyakit kelamin dan penyakit lainnya. 

Oleh karena itu segera konsultasikan ke dokter jika mengalami kondisi penis keluar nanah agar penyakit bisa segera ditangani dengan tepat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Bagi kaum pria, kesehatan penis merupakan hal yang penting. Hal ini karena kesehatan penis mempengaruhi sistem reproduksi, kemampuan ereksi dan ejakulasi

Bila Anda mengalami penis yang keluar nanah maka segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Ketika berhubungan seksual atau saat pagi hari merupakan hal wajar jika penis mengeluarkan cairan bening atau keputihan

Namun berbeda kondisinya jika cairan yang dikeluarkan penis merupakan nanah atau cairan berwarna putih kental, kuning atau hijau dengan disertai rasa sakit ketika buang air kecil. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda penyakit yang berbahaya. 

Penile discharge adalah cairan abnormal selain urine dan sperma yang keluar dari penis disertai rasa sakit, rasa perih saat buang air kecil dan rasa gatal di sekitar penis. 

Beberapa penyakit yang dapat diprediksi dari kondisi ini antara lain infeksi saluran kandung kemih, penyakit menular seksual seperti gonore, kencing nanah, herpes, radang pada kepala penis, hingga kanker penis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Berikut adalah penjelasan beberapa penyakit yang diawali dengan keluarnya cairan abnormal pada penis:

Gonore atau Kencing Nanah

Gonore merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae

Penyakit ini sering disebut dengan kencing nanag karena saat buang air kecil terasa nyeri dan disertai penis keluar nanah. Biasanya juga terjadi pembengkakan di sekitar testis. 

Area yang ikut terasa dampak penyakit ini adalah mata, tenggorokan, dan rektum. Kencing nanah ini ternyata dapat menurunkan kesuburan baik untuk pria maupun wanita. 

Dokter biasanya akan merekomendasikan suntikan intramuskular tunggal ceftriaxone

Nongonococcal Urethritis

Nongonococcal Urethritis adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang bagian uretra. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Penyakit ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Namun wanita memiliki risiko lebih besar daripada pria untuk terkena penyakit ini. 

Hal ini disebabkan oleh uretra pada pria lebih panjang daripada uretra seorang wanita sehingga bakteri akan lebih mudah masuk ke uretra wanita.

Nongonococcal Urethritis bisa menyebabkan penile discharge yang gejalanya hampir mirip dengan gonore. 

Balantis

Balantis adalah kondisi infeksi pada kepala penis akibat bakteri atau jamur yang diyakini saat berhubungan seksual kondisi kebersihan kurang terjaga. 

Penyakit ini sering ditemukan pada pria yang tidak melakukan sirkumsisi. Untuk menangani penyakit ini, dokter akan menyarankan pemberian obat krim antigatal, antiradang, dan antibiotic. Tentu obat-obat ini harus sesuai dengan resep yang disarankan oleh dokter.

Kanker Penis

Kanker penis adalah penyakit yang jarang terjadi dan menyerang kulit serta area penis. Gejala dari kanker penis sendiri adalah timbulnya rasa nyeri pada penis yang lebih dari satu bulan, warna kulit penis berubah, perdarahan dari penis, dan keluar nanah berbau busuk. Untuk menangani kondisi ini segera konsultasikan kepada dokter agar tidak semakin parah. 

Infeksi Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini dapat dialami oleh wanita maupun pria. 

Untuk tahap awal penularan penyakit biasanya akan terasa dalam 1 hingga 3 pekan. 

Gejala yang ditimbulka oleh penyakit ini antara lain penis keluar cairan abnormal, perdarahan setelah berhubungan seksual, buang air kecil lebih sering dan terasa sakit, nyeri ketika berkemih, serta nyeri pada testis. 

Bila terkena penyakit klamidia maka dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain seperti radang panggul dan lain sebagainya. Oleh karena itu, jika mengalami gejala-gejala seperti di atas jangan tunggu lama untuk memeriksakan diri ke dokter.

Upaya pencegahan penyakit klamidia dapat dilakukan seperti jangan bergonta ganti pasangan, lakukan hubungan seksual yang sehat, gunakan kondom saat berhubungan seksual, melakukan vaksin, teratur membersihkan alat reproduksi dan area sekitarnya serta terapkan pola hidup sehat.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua penyakit penis keluar nanah dapat dicegah. Oleh karena itu cek kondisi kesehatan penis Anda secara teratur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why is my penis smelly and sore?. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/common-health-questions/mens-health/why-is-my-penis-smelly-and-sore/)
Male discharge that is not an STD: 5 causes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326507.php)
How to Know If Your Male Discharge Is Normal. Healthline. (https://www.healthline.com/health/male-discharge-normal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app