Kenali Muntah Darah Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 492.356 orang

Muntah darah atau hematemesis merupakan gejala yang perlu diwaspadai karena bisa saja disebabkan oleh penyakit serius. Ketika mendapatinya maka segera datangi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Kondisi ini merupakan gejala terjadinya pendarahan pada lambung, kerongkongan, atau usus dua belas jari.

Gejala ini terjadi berbeda-beda berdasarkan volume dan warna darah yang dikeluarkan. Terkadang darah yang keluar berupa percikan yang keluar bersama makanan, darah yang berwarna merah terang, atau darah yang berwarna kehitaman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Darah yang keluar berwarna merah segar pada umumnya memiliki volume yang cukup banyak. Pada umumya merupakan adanya indikasi gangguan lambung yang cukup parah. Sedangkan darah yang berwarna hitam dapat disebabkan karena adanya luka di dalam lambung. Kondisi ini menandakan bahwa darah sudah berada di dalam perut dalam waktu yang lama.

Kondisi ini tidak dapat disepelekan karena bisa saja merupakan gejala penyakit serius. Sehingga tidak sedikit orang yang merasa takut ketika mengalaminya. Oleh karena itu kita harus waspada agar penyakit ini tidak bertambah parah.

Mengetahui Gejala Muntah Darah yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Kerongkongan

Hematemesis dapat terjadi karena kerongkongan mengalami pendarahan. Pendarahan di kerongkongan ini bisa disebabkan oleh varises kerongkongan. Kondisi ini ditandai dengan pembuluh dara pada dinding di bagian bawah kerongkongan yang membesar. Pada umumnya disebabkan oleh seringnya minum minuman keras.

Selain itu karena peradangan pada kerongkongan yang merupakan akibat dari penyakit GERD. Penderita juga bisa mengidap kanker esofagus atau kerongkongan. Serta karena Sindrom Mallory-Weiss, yaitu kondisi di mana terjadi pendarahan akibat lapisan esofagus yang robek. Lapisan yang robek itu dapat menjadi penyebab batuk dan muntah darah yang berulang-ulang.

Gangguan Lambung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pada lambung gejala ini disebabkan karena beberapa hal yaitu kanker lambung, gastritis, dan tukak lambung. Tukak lambung sendiri meruapkan kondisi di mana terjadi luka pada lapisan lambung yang disebabkan oleh efek samping penggunaan obat aspirin dan OAINS, serta karena bakteri pylori.

Pendarahan juga disebabkan oleh peradangan yang merusak pembuluh darah. Penderita akan merasakan sakit dan perih di lambung.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kondisi ini muncul ketika asam lambung naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan peradangan pada kerongkongan sehingga mengakibatkan pendarahan. Penderita akan sering merasa mual dan ingin muntah. Saat muntah, darah akan ikut keluar bersama muntahannya.

Usus Dua Belas Jari

Pendarahan yang berasal dari duodenum atau usus dua belas jari dapat disebabkan karena adanya ulkus dan peradangan pada lapisan duodenum.

Konsumsi Obat Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik bagi kesehatan. Misalnya karena terus menerus mengonsumsi obat ini. Konsumsi obat anti nyeri dapat menyebabkan gejala muntah darah ini. Biasanya kondisi ini sering dialami orang tua yang berlebihan dalam mengonsumsi obat-obatan

Gejala TBC

Gejala penyakit tuberkolusis juga dapat ditandai dengan darah yang keluar saat muntah ini. Darah keluar pada saat muntah atau penderita saat batuk. Ketika batuk ini penderita akan mengeluarkan dahak yang berupa darah segar.

Jika mengalami kondisi seperti ini maka segera memeriksakan diri pada dokter. Karena penyakit ini juga merupakan penyakit berbahaya yang berpengaruh pada sistem pernapasan, khususnya pada paru-paru yang mengalami kerusakan.

Penyebab Lain

Muntah darah bisa saja terjadi karena penyebab penyakit lain seperti darah yang tertelan ketika mimisan. Selain itu juga karena kelainan pembuluh darah pada saluran pencernaan karena pankreatitis akut. Lalu dikarenakan saluran cedera saluran cerna.

Kelainan darah juga dapat menjadi pemicu gejala ini. Misalnya karena leukemia, hemofilia, anemia, dan kekurangan trombosit di dalam darah.

Selain itu, penderita juga menelan racun seperti zat asam yang bersifat korosif atau arsenik yang bisa memicu adanya gejala pendarahan.

Karena muntah darah bisa menjadi pertanda penyakit serius maka bagi yang menderita bisa segera periksa ke dokter. Karena gejala ini sendiri disebabkan oleh banyak faktor. Ada yang berada ditingkatkan biasa hingga menandakan penyakit serius seperti TBC, kanker, dan lain-lain.

Gejala ini bisa terjadi pada siapa saja bahkan pada anak-anak. Anda harus segera memberikan penanganan yang cepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit