Ganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang juga memberikan anjuran panduan konsumsi sehari-hari yang disebut sebagai Tumpeng Gizi Seimbang, yang inti pokoknya adalah:
Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apakah Anda masih mengingat slogan yang digembar-gemborkan pemerintah dari tahun 1950-an, yakni “Makanan 4 Sehat 5 Sempurna”? Slogan tersebut sangat terkenal hingga bertahun-tahun untuk mengkampanyekan pola makan sehat bagi masyarakat Indonesia. 

Namun, kini slogan tersebut berganti, karena dianggap sudah tidak memenuhi perkembangan dan pemenuhan gizi manusia sekarang ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Prinsip tersebut kini beralih menjadi Pedoman Gizi Seimbang yang mengacu pada hasil dari kesepakatan konferensi pangan sedunia tahun 1992, yakni Nutrition Guide for Balanced Diet, Makanan 4 sehat 5 sempurna itu kini digantikan dengan Pedoman Gizi Seimang yang memiliki 4 pokok utama untuk memenuhi kebutuhan gizi, yaitu:

1. Mengkonsumsi makanan beragam

Tidak semua makanan mengandung seluruh kebutuhan gizi yang harus tersedia bagi tubuh. Contohnya, Protein akan sangat banyak ditemukan pada ikan, namun kalorinya hanya sedikit, sedangkan buah dan sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun kandungan protein dan kalorinya rendah. 

Oleh karena itu, makanan satu dengan yang lain akan saling melengkapi. Khusus untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, dianjurkan untuk mendapatkan ASI eksklusif tanpa ada tambahan makanan lainnya.

2. Membiasakan perilaku hidup bersih

Lingkungan yang bersih akan menghindarkan dan mencegah terjadinya infeksi dari bakteri, virus, dan jamur. 

Kebiasaan hidup bersih yang baik adalah seperti selalu menggunakan alas kaki ketika keluar dari rumah, menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk supaya tidak menularkan penyakit ke orang lain.  

Menutup makanan supaya tidak dihinggapi lalat yang dikenal sebagai agen penyebar kuman, serta rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali menyiapkan dan hendak makan, setelah buang air besar atau buang air kecil, dan sebelum menyentuh bayi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

3. Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas olahraga dapat membantu tubuh menjadi tetap sehat karena dapat mengendalikan berat badan atau obesitas, mengurangi risiko penyakit dan kondisi tertentu, mengurangi stress atau depresi, meningkatkan kekuatan otot dan menambah energi. 

Olahraga juga dapat membantu kita untuk memiliki kualitas tidur yang baik, menjaga dan membangun tulang, mencegah penuaan pada sel kulit, meningkatkan memori dan kesehatan otak, mengurani otot kaku dan nyeri akibat kurang digerakka, dan juga dapat meningkatkan gairah seksual.

4. Mempertahankan dan memantau berat badan

Indeks Massa Tubuh (IMT) seringkali digunakan sebagai acuan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi da berat badan. Nilai IMT yang diatas normal mengindikasikan adanya obesitas, sedangkan nilai IMT yang terlalu rendah dapat berarti bahwa terjadi kekurangan asupan kalori dan protein dalam tubuh. 

IMT bisa menjadi alat pengukuran yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Kondisi tubuh yang terlalu gemuk akan menghambat berbagai aktivitas dan bahkan dapat menyebabkan penyakit, sama juga halnya ketika tubuh terlalu kurus akibat kukurangan nutrisi, maka tubuh akan menjadi lemas dan tidak berdaya.

Pemerintah kini semakin gencar untuk lebih memperkenalkan pedoman ini kepada masyarakat karena dampak positif yang ditimbulkan akan sangat baik dan kemudian dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. 

Pedoman Gizi Seimbang juga memberikan anjuran panduan konsumsi sehari-hari yang disebut sebagai Tumpeng Gizi Seimbang, yang inti pokoknya adalah:

  • Batasan asupan gula (4 sendok makan), garam (1 sendok teh), dan minyak (5 sendok makan)
  • Anjuran konsumsi makanan sumber protein seperti ikan, daging, ayam, telur, makanan laut, kacang-kacangan sebganyak 2 sampai 4 porsi sehari
  • Minum air putih sesuai kebutuhan (umumnya 8 gelas)
  • Makan sayuran sebanyak 3 sampai 4 porsi
  • Mengkonsumsi buah-buahan sebanyak 2 sampai 3 porsi
  • Mengkonsumsi karbohidrat sebanyak 3 sampai 4 porsi
  • Rutin berolahraga dan bergerak
  • Memantai berat badan dengan IMT
  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Marilah mempraktekkan Pedoman Gizi Seimbang pengganti makanan 4 sehat 5 sempurna dalam kehidupan sehari-hari dan di keluarga Anda. Ikuti anjuran dari pedoman ini supaya Anda dan keluarga dapat menjaga kesehatan tubuh melalui pola makan yang sehat, yakni tidak kelebihan ataupun juga tidak kekurangan gizi. 

Semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula kebutuhan gizi yang tercukupi bagi tubuh.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app