Pedoman Gizi Seimbang Pengganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Dipublish tanggal: Jun 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Pedoman Gizi Seimbang Pengganti Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pedoman makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari asupan makanan pokok berisi karbohidrat dari nasi, tepung gandum, jagung, sagu; protein baik dari hewani maupun nabati; sayur-sayur; buah-buahan kemudian disempurnakan dengan susu, kini sudah diganti. 

Slogan 4 sehat 5 sempurna memang dikampanyekan langsung oleh pemerintah sejak tahun 1952. Hanya saja pedoman ini dianggap sudah tidak relevan dengan pola hidup hari ini. Sehingga pemerintah kini mengkampanyekan Pedoman Gizi Seimbang (PDG) sebagai pedoman asupan nutrisi harian.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Apa itu Pedoman Gizi Seimbang (PDG)?

Pedoman Gizi Seimbang (PDG) diambil dari Nutrition Guide for Balanced Diet yang diterbitkan di tahun 1992 pada konferensi pangan sedunia. Terdapat 4 poin yang diajarkan pada Pedoman Gizi Seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anda dan keluarga.

Membiasakan perilaku bersih

Membiasakan hidup bersih menjadi salah satu poin yang terkandung dalam Pedoman Gizi Seimbang. Dengan membiasakan perilaku hidup bersih, anda dapat menghindarkan diri dari infeksi bakteri, kuman penyebab penyakit serta infeksi akibat virus. Beberapa langkah berikut merupakan langkah untuk memulai hidup bersih:

  1. Menutup makan untuk menghindarkannya dari lalat, debu maupun kotoran-kotoran
  2. Keluar rumah menggunakan alas kaki untuk menghindarkan diri dari cemaran kotoran di luar rumah
  3. Menutup hidung dan mulut ketika bersin agar tidak menyebarkan virus ke orang di skeitar
  4. Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setiap akan makan dan minum maupun setelah keluar dari kamar mandi. Ini untuk menghindarkan diri dari bakteri dan virus

Berolahraga rutin

Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari. Olahraga rutin baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah atau menurunkan risiko penyakit tertentu seperti kolesterol dan sebagainya. 

Olahraga yang rutin juga baik untuk menjaga kesehatan otak dan menguatkan daya ingat. Olahraga juga membuat anda dapat tidur dengan nyenyak dan menunda penuaan dini.

Menjaga berat badan ideal

Indeks Massa Tubuh adalah nilai pengukuran lemak tubuh yang didasarkan pada berat badan dibandingkan tinggi badannya. Nilai IMT yang terlalu tinggi menunjukkan obesitas atau kelebihan berat badan. Namun, jika nilai IMT rendah artinya anda kekurangan asupan protein dan kalori harian.

Mengonsumsi makanan yang beraneka ragam

Bedanya Pedoman Gizi Seimbang dengan 4 sehat 5 sempurna adalah penekanan untuk mengkonsumsi makanan yang beragam setiap harinya. Hal ini dikarenakan makanan yang berbeda akan mengandung nutrisi yang berbeda. 

Dengan mengkonsumsi makanan yang beragam setiap harinya anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan seimbang dan tidak berlebihan pada satu jenis makanan saja.

Tumpeng Gizi Seimbang

Dalam Pedoman Gizi Seimbang (PDG) juga terdapat panduan Tumpeng Gizi Seimbang yang merupakan panduan konsumsi makanan harian. Di dalam Tumpeng Gizi Seimbang terdapat beberapa anjuran seperti:

  1. Rutin berolahraga dan bergerak
  2. Konsumsi air putih 8 gelas
  3. Makan makanan sumber karbohidrat sebanyak tiga sampai empat porsi
  4. Mengkonsumsi sayuran tiga sampai empat porsi
  5. Sumber protein dari daging, telur, ayam, seafood dan ikan maupun dari nabati seperti kacang-kacangan harus dikonsumsi harian sebanyak dua sampai empat porsi
  6. Asupan gula, garam dan minyak dibatasi. Gula maksimal sebanyak empat sendok makan, minyak makan sebanyak lima sendok makan dan garam sebanyak satu sendok teh
  7. Buah-buahan dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga porsi
  8. Menjaga berat badan tetap ideal
  9. Menjaga kebersihan lingkungan dan rumah

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app