10 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan Dengan Fisioterapi

Fisioterapi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk kebanyakan kondisi dan salah satu dari perawatan ini dapat membantu mengurangi waktu pemulihan setelah berbagai operasi.Gangguan kesehatan yang dapat disembuhkan dengan fisioterapi:
Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Jan 19, 2022 Waktu baca: 4 menit
10 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan Dengan Fisioterapi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fisioterapi adalah pengobatan cedera, penyakit, dan gangguan melalui metode fisik seperti olahraga, pijat, manipulasi, dan perawatan lainnya;
  • Untuk mengatasi carpal tunnel syndrome, fisioterapis akan melakukan tes fleksi pergelangan tangan, tanda tinel, serta studi kelistrikan dan kecepatan konduksi saraf;
  • Fisioterapi dapat membantu meringankan rasa nyeri pada punggung belakang, skiatika, hingga engkel (angkle);
  • Gangguan kesehatan lainnya yang juga dapat diatasi dengan fisioterapi adalah penyakit Parkinson, cerebral palsy, hingga golfer elbow;
  • Dapatkan paket fisioterapi dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Alami keseleo atau cedera yang menyiksa? Jangan biarkan begitu saja, tapi jangan juga asal melakukan penanganan tanpa memperhatikan jenis gangguan kesehatan yang dialami. Alih-alih menyembuhkan, penanganan yang tidak tepat justru bisa memperparah kondisi, lho! Setiap jenis cedera dapat diatasi dengan metode fisioterapi yang berbeda-beda. Apa saja gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan fisioterapi? Berikut daftarnya.

Apa itu fisioterapi?

Fisioterapi adalah pengobatan cedera, penyakit, dan gangguan melalui metode fisik seperti olahraga, pijat, manipulasi, dan perawatan lainnya, melebihi dari pengobatan dan pembedahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan menggunakan berbagai perawatan guna mengurangi rasa sakit dan mengembalikan fungsi, atau dalam kasus cedera permanen atau penyakit dapat mengurangi efek dari disfungsi apa pun.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Beberapa prosedur tindakan fisioterapi terdiri dari:

  1. Menjalani pemeriksaan fisik dan evaluasi, termasuk riwayat kesehatan dan prosedur pengujian tertentu, termasuk evaluasi postur, gerakan dan fleksibilitas, serta gerak dan kinerja otot dan sendi;
  2. Menerima diagnosis klinis, prognosis, rencana perawatan, dan tujuan jangka pendek dan panjang;
  3. Menerima perawatan dan intervensi terapi fisik berdasarkan evaluasi dan diagnosis terapi;
  4. Rekomendasi manajemen diri.

Baca juga: 6 Alat Fisioterapi dan Fungsinya Bagi Pemulihan Tubuh

Gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan fisioterapi

Fisioterapi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk banyak kondisi. Selain itu, salah satu dari perawatan ini juga dapat membantu mengurangi waktu pemulihan setelah berbagai operasi.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang dapat disembuhkan dengan fisioterapi, antara lain:

1. Sindrom carpal tunnel

Carpal tunnel syndrome (CTS) adalah kondisi umum pergelangan tangan dan tangan yang dapat memengaruhi penggunaan seluruh lengan. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan pada saraf di pangkal telapak tangan (saraf median).

Untuk mengatasi carpal tunnel syndrome, fisioterapis akan melakukan sejumlah pemeriksaan berupa: 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

  1. Tes fleksi pergelangan tangan (Phalen): Terapis akan meminta Anda menyatukan kedua tangan selama 1 menit. Kesemutan atau mati rasa di jari-jari Anda yang terjadi dalam 60 detik mungkin merupakan indikasi CTS;
  2. Tanda Tinel: Terapis menggunakan palu atau jari refleks untuk menyadap saraf median di pergelangan tangan. Jika Anda mengalmai kesemutan pada ibu jari dan jari telunjuk serta jari tengah, Anda mungkin mengalami CTS;
  3. Studi kelistrikan (electromyogram / EMG) dan kecepatan konduksi saraf (NCV): Tes ini menentukan transmisi saraf dan tingkat keparahan CTS.

2. Cerebral palsy

Cerebral Palsy adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kecacatan non-progresif yang dihasilkan dari kerusakan jaringan otak selama kehamilan, kelahiran, atau selama masa kanak-kanak. 

Perkembangan abnormal atau cedera pada jaringan otak mengganggu sinyal saraf ke otot-otot. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan dengan gerakan, postur, dan koordinasi.

3. Disfungsi temporomandibular

Sendi temporomandibular (TMJ) adalah nama persendian yang terletak di kedua sisi kepala, tepat di depan telinga. Sendi ini menghubungkan mandibula Anda (tulang rahang) ke tulang temporal (tengkorak).

Tanda atau gejala TMD termasuk rasa sakit dan nyeri di atau sekitar telinga, sendi rahang, otot-otot rahang, wajah, atau pelipis. 

Gejala lainnya adalah masalah membuka atau menutup mulut dan suara klik, popping, crunching atau grinding ketika Anda mengunyah, menguap, atau membuka mulut. TMD dapat dihubungkan dengan nyeri leher dan sakit kepala.

4. Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan sistem saraf progresif yang memengaruhi gerakan. Gejala Parkinson terjadi secara bertahap, kadang-kadang dimulai dengan tremor yang nyaris tak terlihat hanya di satu tangan. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Tremor sering terjadi, tetapi kelainan ini juga biasanya menyebabkan kekakuan atau memperlambat gerakan. Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah Anda mungkin menunjukkan sedikit atau tanpa ekspresi. Lengan Anda mungkin tidak terayun saat Anda berjalan. 

Selain itu, gaya bicara Anda mungkin menjadi lunak atau tidak jelas. Hati-hati, gejala penyakit Parkinson dapat memburuk seiring waktu. Namun, penyakit Parkinson termasuk salah satu gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan fisioterapi secara rutin.

5. Nyeri punggung belakang

Nyeri punggung bagian bawah sangat umum. Kondisi ini biasanya berkembang karena cedera kecil, tetapi terkadang mungkin tidak ada penyebab yang jelas. Namun, nyeri punggung bawah juga bisa menjadi gejala kondisi medis yang mendasarinya.

Rasa sakit dapat muncul tiba-tiba atau secara bertahap dan dapat berkisar dari sakit tumpul hingga rasa sakit yang hebat dan tajam. Pada beberapa orang, rasa sakitnya mungkin kronis.

6. Nyeri skiatika

Sciatica mengacu pada rasa sakit yang memancar di sepanjang jalur saraf skiatika,  yang bercabang dari punggung bawah melalui pinggul dan bokong dan turun ke setiap kaki. Biasanya, nyeri panggul hanya mempengaruhi satu sisi tubuh Anda.

Nyeri panggul paling sering terjadi ketika piringan hernia, taji tulang pada tulang belakang, atau penyempitan tulang belakang (stenosis tulang belakang) menekan bagian saraf. Hal ini menyebabkan peradangan, rasa sakit, dan sering menimbulkan mati rasa di kaki yang sakit.

7. Vertigo

Vertigo adalah sensasi perasaan ketidakseimbangan yang disertai pusing berputar. Vertigo sering disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam. Beberapa penyebab vertigo paling umum termasuk vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV).

BPPV terjadi ketika partikel-partikel kalsium kecil (canaliths) menggumpal di kanal telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam mengirimkan sinyal ke otak tentang gerakan kepala dan tubuh relatif terhadap gravitasi.

Ini membantu Anda menjaga keseimbangan. BPPV dapat terjadi tanpa alasan yang diketahui dan dapat dikaitkan dengan usia.

8. Golfer elbow

Golfer elbow adalah suatu kondisi yang menyebabkan rasa sakit di mana tendon otot lengan menempel pada tonjolan tulang di bagian dalam siku. Rasa sakit mungkin menyebar ke lengan dan pergelangan tangan.

9. Ankle sprain

Ankle sprain atau keseleo pada daerah mata kaki disebabkan oleh ligamen yang menyediakan koneksi antara tulang-tulang pergelangan kaki, terluka ketika lebih dari kekuatan pergelangan terjadi puntiran atau tarikan yang berlebih, yang diikuti oleh tekanan kuat dari tubuh bagian atas.

10. Shin splint

Atlit dengan shin splints mengeluh sakit di tulang kaki bagian bawah, atau tibia. Shin splints paling sering ditemukan pada atlet yang pelari atau berpartisipasi dalam kegiatan lari, seperti sepak bola. 

Atlet biasanya mendapatkan shin splints yang didiagnosis pada awal musim permainan, karena mereka meningkatkan aktivitas atau jarak tempuh terlalu cepat.

Baca juga: 6 Jenis Cedera yang Sering Menimpa Pemain Bola

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Physiotherapy. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/)
Do Physiotherapists Have the Skill to Engage in the “Psychological” in the Bio-Psychosocial Approach?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5125500/)
Physiotherapy - Techniques. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/how-it-works/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Buka di app