Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Gallbladder sludge - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.287.041 orang

Kantung empedu adalah salah satu organ pencernaan yang terletak di antara usus dan hati. Kantung empedu berfungsi untuk menyimpan empedu yang diproduksi oleh hati. Empedu berfungsi untuk membantu proses pencernaan dan memberikan warna kuning kecoklatan pada tinja.

Empedu mengandung berbagai macam komponen seperti kolesterol atau garam kalsium,pada kondisi tertentu, proses sirkulasi di dalam kantung empedu menjadi terhambat, sehingga kolesterol dan kalsium dalam cairan empedu dapat mengendap dan menimbulkan pembentukan cairan empedu yang mengental yang disebut gallbladder sludge.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apa yang menyebabkan pembentukan endapan pada kantung empedu?

Endapan kantung empedu tampaknya lebih umum terjadi selama kehamilan, terutama jika Anda mengikuti diet ketat. Walaupun pembentukan endapan pada kantung empedu jarang terjadi, ada orang-orang tertentu yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami pembentukan endapan pada kantung empedu

Orang-orang yang memiliki resiko lebih tinggi mengalami pembentukan endapan pada kantung empedu meliputi:

  • Wanita
  • Orang yang mendapatkan nutrisi melalui infus atau alternatif lain
  • Orang yang sedang sakit parah
  • Penderita diabetes
  • Orang yang kelebihan berat badan dan orang yang kehilangan berat badan dengan sangat cepat
  • Orang yang telah menjalani transplantasi organ

Apa saja gejala terbentuknya endapan kantung empedu?

Beberapa orang yang mengalami pembentukan endapan kantung empedu biasanya tidak akan menunjukkan gejala apapun dan terkadang orang dengan kondisi ini tidak menyadari jika mereka memilikinya.

Namun kondisi endapan kantung empedu dapat menyebabkan gejala jika endapan membentuk batu dan menyebabkan peradangan pada empedu. Gejala utamanya adalah nyeri perut, terutama di perut sisi kanan atas di bawah tulang rusuk. Nyeri ini dapat meningkat segera setelah makan.

Gejala lain dapat yang dapat muncul meliputi:

  • sakit dada
  • sakit bahu kanan
  • mual dan muntah
  • tinja seperti tanah liat

Batu empedu yang menimbulkan gejala mungkin memerlukan pembedahan. Dalam beberapa kasus, batu empedu ini dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran empedu. Penyumbatan saluran empedu adalah keadaan darurat medis dan membutuhkan pertolongan segera.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Endapan kantung empedu juga dapat menyebabkan kondisi peradangan kantung empedu. Jika kantong empedu Anda sering menyebabkan rasa sakit kronis, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengangkat kantung empedu melalui proses pembedahan.

Dalam kasus yang sangat parah, kantung empedu yang meradang dapat menyebabkan erosi dinding kantung empedu, yang menyebabkan cairan empedu bocor ke dalam rongga perut. Kondisi ini paling sering terjadi pada lansia.

Endapan kantung empedu juga dapat menyebabkan pankreatitis akut, atau peradangan pada pankreas. Peradangan dapat menyebabkan respons sistemik, yang menyebabkan syok atau bahkan kematian. Komplikasi ini dapat terjadi jika endapan atau batu empedu menghalangi saluran pankreas.

Bagaimana cara mencegah terbentuknya endapan pada kantung empedu?

Pembentukan endapan pada kantung empedu jarang menimbulkan gejala yang mengganggu. Tetapi pada beberapa kasus, endapan kantung empedu dapat menimbulkan peradangan pada pankreas dan kantung empedu. 

Terbentuknya endapan kantung empedu tidak selalu dapat dicegah, namun Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah terbentuknya endapan pada kantung empedu, seperti :

Jika Anda mengalami kondisi medis seperti diabetes atau baru menjalani transplantasi organ, sebaiknya Anda rutin periksa ke dokter untuk memantau perkembangan Anda secara keseluruhan, termasuk pemantauan pembentukan endapan pada kantung empedu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi endapan kantung empedu?

Jika Anda mengalami sakit perut, dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan dan gejala Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dengan menekan beberapa bagian di perut Anda. 

Jika dokter mencurigai bahwa rasa sakit berasal dari empedu, Dokter akan melakukan pemeriksaan USG perut, yang dapat mendeteksi batu empedu dengan akurasi yang tepat.

Setelah menemukan adanya endapan atau batu empedu, Dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan yang kemungkinan akan mencakup tes darah, untuk memeriksa kadar kolesterol dan natrium Anda. Dokter Anda juga dapat melakukan pemeriksaan darah untuk memantau fungsi hati.

Pengobatan endapan lumpur kantung empedu

Jika lumpur kantong empedu Anda tidak menyebabkan gejala apapun, Anda tidak memerlukan pengobatan. Karena saat penyebab yang mendasarinya sembuh,seringkali kondisi ini hilang dengan sendirinya.

Dokter Anda dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu melarutkan endapan atau batu empedu.

Dalam beberapa kasus, ketika endapan menyebabkan rasa sakit, peradangan, atau batu empedu, dokter Anda dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kantung empedu secara keseluruhan.

Jika endapan kantung empedu menimbulkan masalah berulang, Anda mungkin perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah masalah ini timbul di masa depan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit