Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kesehatan Anak

Kapan Tulang Anak Tumbuh Paling Pesat? Penting Diketahui Jika Ingin Anak Tumbuh Tinggi

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2020 Waktu baca: 3 menit

Postur tubuh yang tinggi adalah dambaan setiap orang. Namun sebagian besar orang tidak seberuntung yang lainnya. Kebanyakan orang memiliki tinggi badan di bawah rata-rata. 

Seperti yang kita semua ketahui, pertumbuhan berhenti pada usia 21 tahun. Satu pertanyaan yang mungkin membuat Anda penasaran adalah apakah bisa jika Anda memaksimalkan pertumbuhan Anda saat Anda masih kecil? 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Untuk lebih lengkapnya, mari disimak artikel yang satu ini.

Mengenal lonjakan pertumbuhan?

Pertumbuhan seseorang paling maksimal saat menginjak masa lonjakan pertumbuhan. Lonjakan pertumbuhan dapat terjadi selama masa bayi, tetapi paling sering dikaitkan dengan pubertas dan remaja. 

Selama masa ini terjadi percepatan pertumbuhan, hormon-hormon termasuk hormon pertumbuhan, testosteron, estrogen dan progesteron dan lainnya, mendorong laju pertumbuhan dengan sangat cepat. 

Sehingga menghasilkan pertumbuhan tinggi badan dan penambahan berat badan yang lebih banyak daripada masa kanak-kanak lainnya.

Pada anak perempuan, pubertas dimulai sekitar usia 10 dan mulai menstruasi terjadi sekitar usia 12 1/2 tahun. 

Sedangkan pada Anak laki-laki pubertas dimbulai sekitar 2 tahun lebih lambat daripada anak perempuan, sekitar usia 12 hingga 13 tahun. Pada usia-usia inilah terjadi pertumbuhan yang paling optimal pada baik laki-laki maupun perempuan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apakah proses pertumbuhan seorang anak bisa dikendalikan?

70% tinggi badan akan dipengaruhi oleh faktor genetik. Artinya jika orang tua Anda memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 150-160cm, maka hampir mustahil jika Anda memiliki tinggi badan 190 atau lebih (kecuali Anda mengalami kondisi medis yang menyebabkan gangguan hormon seperti gigantisme).

Namun walaupun sebagian besar tingi badan ditentukan oleh faktor genetik, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk setidaknya menambah tinggi badan Anda hingga diatas rata-rata orang tua Anda. 

Berikut beberapa hal yang dapat lakukan untuk memaksimalkan tinggi badan sejak keci :

Mengkonsumsi Makanan Dengan Diet Seimbang

Selama masa pertumbuhan Anda, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Diet Anda harus meliputi:

  • buah segar
  • sayuran segar
  • biji-bijian
  • protein
  • susu

Anda harus membatasi atau menghindari makanan yang mengandung:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D sejak masa anak-anak.

Menggunakan suplemen dengan hati-hati

Hanya ada beberapa kasus di mana suplemen mungkin perlu digunakan untuk menambah tinggi badan pada anak-anak dan mencegah terjadinya osteoporosis pada orang dewasa yang lebih tua. 

Misalnya, jika Anda memiliki kondisi yang memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH), dokter dapat merekomendasikan penggunaan suplemen yang mengandung HGH sintetis.

Anda harus menghindari suplemen dengan janji dapat meningkatkan tinggi badan. Setelah pelat pertumbuhan Anda menyatu, tidak ada kemungkinan Anda dapat menambah tinggi badan, terlepas dari apa yang diiklankan oleh produk tersebut.

Mendapatkan waktu tidur yang cukup

Jika selama masa remaja Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka pertumbuhan Anda akan lebih optimal. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda melepaskan HGH saat Anda tidur. Produksi hormon ini berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

Disarankan bahwa:

  • bayi baru lahir hingga usia 3 bulan mendapatkan 14-17 jam tidur setiap hari
  • bayi usia 3-11 bulan mendapatkan 12-17 jam
  • balita usia 1-2 tahun mendapat 11-14 jam
  • anak-anak usia 3-5 tahun mendapat 10-13 jam
  • anak-anak usia 6-13 mendapatkan sembilan hingga 11 jam
  • remaja usia 14-17 mendapatkan delapan hingga 10 jam
  • orang dewasa berusia 18-64 mendapat tujuh hingga sembilan jam
  • orang dewasa yang berusia 65 dan lebih tua mendapatkan tujuh hingga delapan jam

Tetap aktif

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah memperkuat otot dan tulang Anda, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, dan meningkatkan produksi HGH.

Menjaga Postur Tubuh

Postur yang buruk dapat membuat Anda terlihat lebih pendek dari yang sebenarnya. Dan seiring waktu, membungkuk juga dapat mempengaruhi ketinggian Anda yang sebenarnya.

Proses lonjakan pertumbuhan adalah proses yang misterius bagi kebanyakan orang. Benar-benar tidak ada rumus atau cara yang baku untuk meningkatkan tinggi badan. 

Namun dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat membantuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan membantu meningkatkan tinggi badan. 


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Many Bones Does a Baby Have and Why Do Adults Have Fewer?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-many-bones-does-a-baby-have)
How to increase bone density naturally. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325903.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit