Femoral neck fracture of the hip - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sendi pinggul adalah sendi “bola dan soket” yang mana terdiri dari bagian atas tulang paha (femur) dan tulang panggul Anda. Di bagian atas tulang paha Anda, terdapat kepala tulang paha yang berbentuk seperti bola yang menempel pada bagian soket panggul.

Fraktur (Patah tulang) leher femur adalah salah satu jenis cedera pada sendi pinggul. Leher femur berada di bagian bawah struktur tulang paha yang menempel pada soket tulang panggul seperti yang dijelaskan sebelumnya. Berdasarkan lokasinya, fraktur femur dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  • subkapital adalah persimpangan kepala dan leher femur
  • transcervical adalah bagian tengah leher femur
  • basicervical adalah pangkal leher femur

Fraktur leher femur dapat terjadi pada siapa saja, tetapi fraktur leher femur lebih sering terjadi pada orang lanjut usia yang memiliki kepadatan tulang yang buruk. Lebih dari 90% dari fraktur ini terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 50 tahun.

Fraktur leher femur dapat merobek pembuluh darah dan memotong suplai darah ke bagian kepala femur. Jika suplai darah ke bagian kepala femur hilang, jaringan tulang akan mati yang pada akhirnya akan menyebabkan tulang keropos.

Apa penyebab terjadinya fraktur leher femur?

Fraktur leher femur paling sering disebabkan oleh trauma seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan lalu lintas. Tetapi seseorang yang berusia di atas 50 tahun atau memiliki kondisi medis yang membuat tulang Anda rapuh, seperti osteoporosis atau kanker tulang, dapat meningkatkan resiko terjadinya fraktur leher femur.

Fraktur leher femur jarang terjadi pada anak-anak. Fraktur leher femur dapat terjadi pada anak-anak saat mereka mengalami trauma dengan hantaman yang kuat, selain itu kondisi medis seperti osteopenia atau osteoporosis, cerebral palsy atau distrofi otot juga dapat menyebabkan fraktur leher femur pada anak-anak atau orang dewasa yang berusia relatif muda.

Gejala fraktur leher femur

Gejala yang paling sering ditemukan jika Anda mengalami fraktur leher femur adalah rasa sakit di pangkal paha yang semakin memburuk ketika Anda meletakkan beban pada pinggul yang mengalami cedera atau mencoba untuk memutar pinggul. Jika patah tulang disebabkan oleh kondisi medis seperti osteoporosis, kanker, atau kondisi medis lainnya, Anda mungkin mengalami nyeri pada pangkal paha menjelang terjadinya patah tulang.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Jika Anda mengalami fraktur leher femur, kaki Anda mungkin tampak lebih pendek daripada kaki yang tidak mengalami fraktur.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Fraktur leher femur?

Mencegah terjatuh
Sebagian besar patah tulang pinggul terjadi sebagai akibat dari jatuh, dan sebagian besar jatuh terjadi di rumah. Terjatuh dapat dicegah dengan peningkatan keamanan rumah sederhana, seperti  menyediakan pencahayaan yang cukup, dan memasang pegangan di kamar mandi.

Olahraga
Olahraga ringan dapat memperlambat pengeroposan tulang dan mempertahankan kekuatan otot. Olahraga juga dapat meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Pilihan olahraga yang baik adalah jalan santai, bersepeda dan berenang.

Pertahankan kesehatan tulang Anda seiring bertambahnya usia
Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang kita juga akan menurun. Kita tidak dapat mengubah gen kita, tetapi kita dapat mengontrol tingkat nutrisi dan aktivitas kita, dan jika perlu, minum obat untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Diagnosa

Dokter biasanya dapat menentukan apakah Anda mengalami patah tulang pinggul berdasarkan gejala yang Anda alami disertai dengan posisi pinggul dan kaki Anda. Setelah pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen untuk memastikan bahwa gejala yang Anda alami disebabkan oleh fraktur leher femur.

Jika fraktur tidak dapat dilihat menggunakan foto rontgen, dokter dapat merekomendasikan pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, atau MRI atau scan tulang untuk mendapatkan gambaran struktur tulang yang lebih rinci.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Perawatan fraktur leher femur
Perawatan fraktur leher femur biasanya melibatkan pembedahan, penggunaan obat-obatan, dan rehabilitasi medis.

Pemberian obat-obatan
Obat penghilang rasa sakit dapat diberikan untuk mengatasi rasa sakit. Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas (OTC), seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), atau obat resep, seperti opioid.

Dokter Anda mungkin meresepkan bifosfonat dan obat osteoporosis lainnya untuk membantu mengurangi risiko terjadinya patah tulang pinggul di kemudian hari, tergantung pada usia Anda. Obat-obatan ini membantu memperkuat tulang Anda dengan meningkatkan kepadatan tulang Anda.

Operasi
Operasi darurat biasanya direkomendasikan untuk menangani patah tulang pinggul untuk menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan mobilitas sesegera mungkin. Ada berbagai jenis operasi yang digunakan untuk mengobati patah tulang leher femur. 

Jenis operasi yang diperlukan akan tergantung pada tingkat keparahan patah tulang Anda, usia Anda, dan kondisi medis yang mendasarinya. Apakah fraktur Anda menyebabkan kerusakan pada suplai darah ke kepala femur, juga dapat membantu menentukan jenis operasi yang akan dibutuhkan.

Beberapa prosedur operasi yang mungkin dilakukan meliputi :

  • Open Reduction Internal Fixation : dilakukan dengan memperbaiki struktur sendi pinggul dengan menggunakan plat, sekrup dan pin yang berbahan titanium.
  • Partial Hip arthroplasty : Mengganti sebagian struktur sendi pinggulTotal Hip arthroplasty : Mengganti seluruh struktur sendi pinggul

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app