Precatory Bean: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Precatory bean atau Abrus precatorius, umumnya dikenal sebagai kacang jequirity atau rosario, adalah tanaman berbunga herba yang termasuk ke dalam keluarga kacang Fabaceae. Precatory adalah tanaman yang Akar, daun, dan bijinya dapat digunakan sebagai obat. Walaupun tanaman herbal ini dipercaya memiliki banyak kegunaan, namun hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa precatory bean dapat berfungsi untuk mengobati kondisi apapun.

Akar precatory bean dapat digunakan untuk mengatasi asma, peradangan saluran pernapasan, demam, hepatitis, malaria, kejang, gigitan ular, sakit tenggorokan, sakit perut, infeksi cacing pita, dan untuk mempercepat proses persalinan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Daun precatory bean juga dapat diminum untuk mengatasi demam, batuk, pilek, flu, gigitan serangga, dan gonore.

Meskipun precatory bean memiliki sifat racun yang cukup tinggi, banyak wanita menggunakan obat herbal ini untuk mempercepat persalinan, aborsi, atau untuk mencegah terjadinya kehamilan. Precatory bean juga dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit pada pasien yang sakit parah dan seluruh bagian tanaman dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan pada mata.

Manfaat Precatory Bean

Precatory bean mengandung abrin, yang beracun dan mencegah sel tumbuh atau berfungsi secara normal. Precatory bean mungkin berfungsi sebagai alat kontrasepsi dengan memblokir ovulasi pada wanita dan menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma pada pria. Mungkin juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bakteri tertentu, cacing pita, atau parasit yang menyebabkan malaria. Precatory bean juga mengandung bahan kimia yang dapat memperlambat pembekuan darah, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi alergi.

Berikut beberapa aplikasi Precatory bean pada kehidupan sehari :

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas dan keamanan precatory bean untuk penggunaan-penggunaan di atas.

Dosis Precatory Bean

Precatory bean bisa menjadi racun yang berbahaya; satu biji jika dikunyah, telah diklaim dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi seorang anak, namun kulit biji yang keras dan tidak tembus cahaya dapat mengurangi potensi racunnya.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dosis penggunaan yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk penggunaan preactory bean. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman, oleh karena itu, dosis penggunaan tetap harus diperhatikan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada kemasan produk dan konsultasikan dengan apoteker, dokter atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakannya.

Efek Samping Precatory Bean

Precatory bean adalah obat yang cukup berbahaya jika diminum tanpa pengawasan ahli medis. Precatory bean mengandung bahan kimia yang disebut abrin. Abrin adalah racun dan dapat menyebabkan kematian, bahkan pada dosis rendah. Gejala keracunan termasuk kram perut yang diikuti oleh diare parah dan muntah berdarah. Gejala lain termasuk detak jantung yang cepat, serta toksisitas hati atau ginjal. Gejala dapat terjadi dalam beberapa jam atau muncul hingga beberapa hari kemudian. Kematian dapat terjadi setelah mengalami masalah perut persisten selama 3-4 hari.

Precatory bean dapat menyebabkan peradangan, iritasi, dan masalah mata yang parah ketika bersentuhan dengan kulit.

Interaksi Precatory Bean

  • Obat untuk diabetes (obat antidiabetes). Mengkonsumsi obat diabetes bersamaan dengan precatory bean dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah.
  • Obat yang memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah bersamaan dengan precatory bean dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.

Perhatian

  • Biji, akar, dan daun A. precatorius semuanya beracun. Rantai A (effectomere) dari konstituen abrin dilaporkan bertanggung jawab untuk aktivitas toksik dari tanaman ini.
  • Kehamilan dan menyusui: Penggunaan precatory bean selama kehamilan atau menyusui sangat tidak dianjurkan. Bahan kimia yang disebut abrin, dapat memicu terjadinya kontraksi rahim dan dapat menginduksi terjadinya aborsi.
  • Anak-anak: Precatory bean tidak aman jika digunakan pada anak-anak.
  • Gangguan pendarahan; Precatory bean mungkin dapat memperlambat pembekuan darah. Secara teori, penggunaan obat ini mungkin membuat gangguan pendarahan semakin parah.
  • Diabetes: Precatory bean mungkin menurunkan gula darah. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda dengan hati-hati jika Anda menderita diabetes dan menggunakan precatory bean.
  • Pembedahan: Precatory bean mungkin memperlambat pembekuan darah atau menurunkan gula darah. Hentikan penggunaan precatory bean setidaknya 2 minggu sebelum menjalani operasi.


1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Precatory Bean Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/precatory-bean.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app