Dampak Tidak Makan Daging Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jul 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dampak Tidak Makan Daging Bagi Kesehatan Tubuh

Menjadi vegetarian adalah salah satu hal yang dikaitkan dalam segi kesehatan atau segi keagamaan. Terdapat beragam jenis makanan yang tidak bisa dimakan oleh para vegetarian. Beberapa juga memilih tidak mengonsumsi telur dan minyak nabati untuk alasan tertentu. 

Jika Anda mempertimbangkan diet vegetarian, Anda ingin mempertimbangkan jenis vegetarian seperti apa Anda nantinya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Setelah Anda memutuskan makanan mana yang akan Anda hindari, Anda juga ingin membuat rencana untuk memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Mengapa memilih tidak makan daging?

Beberapa orang memutuskan untuk menjadi vegetarian karena berbagai alasan. Beberapa orang memilih untuk menjadi vegetarian karena alasan lingkungan, etika (hak binatang), dan / atau kesehatan. 

Mungkin saja adanya salah satu dari anda memiliki hubungan dengan banyak alasan ini atau memiliki alasan yang berbeda sama sekali. Memutuskan untuk menjadi vegetarian adalah pilihan pribadi.

Nutrisi pada vegetarian 

Nutrisi yang diperlukan dan didapat dari makanan sayur, buah, dan kacang-kacangan. Setiap porsi makanan vegetarian memiliki nutrisi yang harus cukup untuk tubuh setiap hari.  Nutrisi tersebut terdiri dari makronutrien, vitamin, dan mineral. 

Tidak ada salahnya untuk menjadi vegetarian asalkan seluruh asupan nutrisi dapat terpenuhi. 

Karbohidrat menyediakan energi dan vitamin untuk otak dan otot Anda. Produk biji-bijian, terutama sangat penting karena menyediakan karbohidrat, serat, dan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Contoh makanan tersebut diantaranya beras merah, gandum, dan roti. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38
  • Lemak 

Lemak dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk tetap sehat.. Sumber lemak sehat yang sangat baik termasuk kacang atau mentega kacang, minyak, dan alpukat.

  • Protein 

Protein dibutuhkan agar otot Anda tetap berkembang dan terjaga. MenjadiVegetarian harus memastikan untuk mengganti makanan vegetarian yang mengandung protein seperti kacang almond, yogurt, tahu, keju, susu, dan telur. 

Zat besi penting untuk darah Anda dan ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, tahu, sereal sarapan yang diperkaya, sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, dan buah kering seperti aprikot.

Asam Lemak Omega – 3 adalah asam lemak esensial; "Esensial" berarti Anda harus makan lemak ini dari diet Anda karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya sendiri. Asam lemak omega-3 membantu mengendalikan peradangan dan membantu mencegah penyakit jantung

Omega 3 dapat ditemukan di tahu, chia seeds, kacang walnut. 

Apakah dampak tubuh apabila tidak makan daging?

Salah satu hal yang mempengaruhi tubuh bagi orang tidak makan daging adalah nutrisi. Nutrisi yang didapat dari orang yang makan daging dan vegetarian tentu berbeda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Risiko yang terkait dengan mengikuti diet vegetarian mengelilingi kekurangan vitamin dan mineral tertentu, seperti zat besi,  vitamin B-12, dan asam lemak omega-3. 

Vitamin B12 diperlukan agar otak dan sistem saraf Anda berfungsi. Vitamin B12 murni hanya ditemukan dalam makanan hewani, Untuk vegetarian yang bukan vegan, contoh makanan dengan B12 termasuk susu sapi dan telur. 

Untuk individu yang mengikuti diet vegan, makanan seperti susu kedelai yang diperkaya, dan sereal yang diperkaya adalah sumber B12 yang baik. 

Zat besi dalam daging (terutama daging merah) lebih mudah diserap daripada jenis yang ditemukan dalam makanan nabati, yang dikenal sebagai zat besi non-heme. 

Penyerapan zat besi non-heme ditingkatkan oleh vitamin C dan asam-asam lain yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, tetapi dapat dihambat oleh asam fitat dalam biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen B12 untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup vitamin tersebut.

Pada omega-3, Makanan yang tidak mengandung ikan atau telur memiliki EPA dan DHA yang rendah. Tubuh kita dapat mengubah ALA dalam makanan nabati menjadi EPA dan DHA, tetapi tidak terlalu efisien. 

Vegetarian bisa mendapatkan DHA dari suplemen ganggang, yang meningkatkan kadar DHA dalam darah dan juga EPA. 

Secara teknis Anda bisa menjadi vegetarian, memakan makanan yang seluruhnya terdiri dari snack, kentang goreng, dan milkshake, yang memiliki sedikit nilai gizi. Akibatnya, banyak manfaat kesehatan mungkin tidak sama seperti yang didapat pada orang yang mengonsumsi daging. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Marlene Busko, Charles P. Vega, MD. Does Less Meat and More Plants Equal No Diabetes?. Medscape. (http://cme.medscape.com/viewarticle/916983)
Meat in your diet. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/meat-nutrition/)
Meat: Good or Bad?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/meat-good-or-bad)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app