Daftar Makanan Mengandung Bakteri Baik untuk Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Daftar Makanan Mengandung Bakteri Baik untuk Tubuh

Meski bakteri dikenal sebagai penyebab penyakit, namun ternyata ada beberapa bakteri baik yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Bakteri baik ini dikenal sebagai probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat membantu tubuh mencegah penyakit dan membantu mengobati penyakit. Probiotik bermanfaat bagi sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Konsep mengenai probiotik sendiri diungkapkan oleh peneliti Elie Metchnikoff di awal abad ke-20 berdasarkan riset penduduk pedesaan Bulgaria. Sebenarnya makanan seperti apa sajakah yang kaya akan probiotik? Berikut daftarnya:

Makanan Kaya Probiotik Bagi Tubuh

1. Tempe

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi menggunakan ragi Rhizopus oligosporus dalam waktu tertentu. Karena dibuat dari kacang-kacangan, tempe mengandung protein nabati yang tinggi. 

Tempe juga kaya akan kandungan vitamin B12. Tempe tidak hanya baik bagi tubuh karena mengandung protein namun juga sebagai sumber bakteri baik atau probiotik.

2. Kefir

Kefir merupakan produk turunan dari olahan susu. Kefir dibuat dari susu kambing yang difermentasi dengan kefir grain. Kefir kaya akan antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab kanker. Kefir kaya akan kandungan probiotik seperti bifidus dan lactobacilli.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk turunan susu yang diolah dengan fermentasi menggunakan kultur bakteri aktif. Yoghurt kaya akan bakteri baik seperti acidophilus dan lactobacillus. 

Yoghurt memiliki cita rasa kental yang sedikit asam. Yoghurt juga sekarang mudah didapat. Anda juga dapat membuat yoghurt sendiri di rumah menggunakan peralatan sederhana.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

4. Sauerkraut

Mungkin belum semua orang terbiasa mendengar istilah sauerkraut. Sauerkraut sebenarnya terbuat dari sayuran seperti kol yang difermentasi sehingga kaya akan bakteri baik atau sumber probiotik bagi tubuh. 

Sauerkraut juga bermanfaat untuk membantu anda mengurangi reaksi alergi pada tubuh. Karena terbuat dari sayur, sauerkraut kaya akan kandungan vitamin E, vitamin C, vitamin B dan vitamin A bergantung dari jenis sayur yang digunakan.

5. Kimchi

Kimchi seperti halnya sauerkraut, merupakan makanan yang dibuat dari sayuran difermentasi. Kimchi sendiri berasal dari Korea Selatan yang memiliki cita rasa asam, pedas dan juga asin. 

Kimchi seperti sauerkraut tidak hanya kaya akan probiotik namun juga multivitamin seperti vitamin C, vitamin A dan Vitamin B kompleks, kalsium, zat besi dan beta-carotene.

Jenis Bakteri Baik

Meski jenis bakteri baik atau probiotik cukup banyak dan beragam, namun secara umum terdapat dua grup yang masuk ke dalam klasifikasi bakteri baik.

1. Lactobacilllus

Bakteri Lactobacilllus merupakan bakteri baik yang sudah cukup dikenal masyarakat. Bakteri ini dapat anda temukan di yoghurt dan makanan fermentasi. Lactobacilllus baik untuk penderita diare dan penderita intoleransi laktosa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

2. Bifidobacterium

Bakteri ini umum ditemukan pada makanan yang berasal dari olahan susu. Bakteri ini baik untuk membantu menyembuhkan gangguan sistem pencernaan.

Manfaat Probiotik untuk mengobati Penyakit

Terdapat beberapa makanan yang menurut para peneliti memiliki kemungkinan untuk dibantu menggunakan probiotik. Karena probiotik memiliki manfaat utama membentuk pencernaan sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan kotoran dalam tubuh dibuang. Penyakit di bawah ini dapat dibantu dengan probiotik seperti:

  • Infeksi oleh diare
  • Diare karena konsumsi antibiotic
  • Irritable bowel syndrome
  • Inflammatory bowel disease (IBD) yang merupakan radang pada usus halus dan usus besar

Selain bermanfaat untuk membantu meringankan penyakit pada sistem pencernaan, penyakit di bawah ini terbantu oleh kehadiran probiotik seperti:


13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
14 Probiotic Fermented Foods for a Healthy Gut. Eat This, Not That. (https://www.eatthis.com/best-probiotic-foods/)
The best probiotic foods for a healthful diet. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323314)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app