Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Chondroitin: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 765.499 orang

Chrondroitin adalah suplemen herbal yang sering digunakan sebagai obat osteoarthritis. Chondroitin itu sendiri dapat ditemukan secara alami, yaitu di jaringan ikat manusia dan tulang rawan ikan hiu atau daging sapi.

Chondroitin adalah suatu polimer yang bertindak sebagai matriks, menghubungkan antar filamen dalam tulang rawan. Zat ini dipercaya dapat membantu tubuh menjaga cairan dan nutrisi di dalam tulang rawan manusia supaya tetap kenyal, fleksibel, dan sehat.

Manfaat Chondroitin lainnya diyakini dapat mengobati katarak, gangguan kandung kemih, penyakit jantung, atau osteoporosis. Manfaat tersebut biasanya didapatkan setelah Chondroitin dikombinasikan dengan tanaman atau ekstrak lainnya. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat Chondoritin bagi kesehatan.

Mengenai Chondroitin

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul

Kandungan

-

Manfaat Chondroitin

Salah satu manfaat Chondroitin yang paling utama adalah mengobati osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit yang membuat sendi terasa nyeri dan kaku, atau lebih dikenal dengan pengapuran sendi.

Para peneliti menemukan bahwa Chondroitin dapat meringankan nyeri, meningkatkan pergerakan sendi, dan mengurangi kebutuhan obat pereda nyeri. Manfaat Chondroitin ini biasanya didapatkan setelah menggunakan suplemen glukosamin secara bersamaan.

Kombinasi Chondroitin dan glukosamin berperan penting untuk memelihara kesehatan sendi. Itulah kenapa dua zat tersebut banyak ditemukan pada suplemen rematik.

Baca Selengkapnya: Sederet Obat Radang Sendi Terbaik dari Dokter

Efek samping Chondroitin

Chondroitin kemungkinan aman bagi sebagian besar orang. Namun, tetap ada kemungkinan efek samping yang muncul akibat Chondroitin.

Beberapa efek samping Chondroitin yang paling sering terjadi adalah:

  • Sakit kepala
  • Perubahan suasana hati (mood swing)
  • Ruam dan gatal pada kulit
  • Diare

Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Dosis Chondroitin

Dosis Chondroitin berbeda-bea pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai dosis Chondroitin yang tepat dan aman.

Untuk mengobati osteoarthritis, beberapa penelitian mengungkapkan dosis Chondroitin yang digunakan adalah 1.200-1.800 miligram. Suplemen herbal ini diminum sekali dalam sehari.

Penting diketahui bahwa tidak semua produk alami alias herbal tergolong aman. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Konsultasikan duu ke dokter atau apoteker sebelum menggunakan Chondroitin sebagai suplemen obat.

Ingat, Chondroitin tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat yang diresepkan oleh dokter.

Interaksi Chondroitin

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Chondroitin dapat berinteraksi dengan berbagai jenis obat berikut ini:

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko interaksi obat dalam tubuh.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Chondroitin sebagai suplemen obat adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak disarankan menggunakan Chondroitin. Sebab belum ada penelitian yang membuktikan keamanannya.
  • Chondroitin tidak dianjurkan untuk penderita asma dan kanker prostat, terlebih tanpa pengawasan dokter.
  • Chondroitin dapat berfungsi sebagai pengencer darah. Hati-hati dengan risiko perdarahan, terutama pada penderita hemofilia atau penderita gangguan darah lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp