Ketahui 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kering

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Feb 25, 2022 Tinjau pada Jul 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kering

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Penyebab kulit kering umumnya disebabkan oleh cuaca dingin, faktor kebiasaan mandi, serta pemakaian produk kulit yang digunakan;
  • Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan mengoleskan krim pelembab yang mengandung petroleum jelly, coconut oil, atau lidah buaya;
  • Perhatikan waktu mandi, jangan terlalu lama. Gunakan pula air hangat bukan air panas untuk mencegah pengelupasan dan kerusakan kulit;
  • Konsumsi makanan yang baik bagi kulit seperti tomat, wortel, kacang-kacangan, dan bluberry, serta salmon yang kaya akan asam lemak omega 3;
  • Klik untuk membeli produk perawatan kecantikan secara online ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD;
  • Booking paket perawatan kecantikan dengan promo menarik di klinik kecantikan terdekat dari rumah Anda hanya melalui HDmall.

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang segar dan sehat, tetapi jika Anda memiliki kulit kering, Anda tak perlu khawatir. Anda hanya perlu melakukan perawatan yang teratur dan lebih memperhatikan kandungan yang ada pada produk perawatan kulit yang Anda gunakan. 

Umumnya, penyebab kulit kering (xerosis) mungkin disebabkan oleh cuaca dingin, kebiasaan mandi, serta pemakaian kosmetik atau sabun tertentu yang Anda gunakan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut ini Honestdocs merangkum beberapa cara mengatasi kulit kering, baik melalui penggunaan pelembab hingga nutrisi makanan atau minuman yang dibutuhkan.

4 Cara mengatasi kulit kering

1. Gunakan air hangat bukan air panas

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya menghindari mandi uap atau penggunaan air panas ketika mandi. Kebiasaan mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas dapat merusak kulit, menyebabkan pengelupasan kulit, serta mengurangi kemampuan tubuh dalam membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan suhu yang tepat ketika mandi agar tubuh serta kulit tidak merasa terlalu panas.

Baca juga: Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

2. Gunakan krim pelembab alami

Hindari produk yang mengandung alkohol dan ada baiknya untuk menggunakan bahan-bahan alami seperti petroleum jelly, minyak mineral, krim, atau lotion alami yang mengandung shea butter, ceramide, stearic acid, atau gliserin. 

Semua bahan pelembab tersebut dianggap dapat membantu mengisi penghalang kulit jika digunakan secara rutin dan konsisten.

3. Mandi jangan terlalu lama

Durasi waktu mandi disarankan tidak melebihi 10 menit agar tidak menyebabkan kulit bertambah kering, apalagi jika menggunakan air panas. Ketika mandi, Anda dapat menggunakan pembersih yang lembut dan mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pembersih tanpa sabun untuk membersihkan tubuh tanpa membuat kulit menjadi kering atau Anda dapat menggunakan sabun yang mengandung ceramides, molekul lemak yang membentuk penghalang luar kulit dan membantu menjaga kelembaban kulit.

4. Hindari alergen dan iritasi

Salah satu penyebab kulit kering juga dapat disebabkan oleh penggunaan pakaian atau bahan yang bersentuhan langsung dengan kulit. 

Jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif, ada baiknya menggunakan sarung tangan untuk mencuci piring ataupun mencuci baju untuk menghindari Anda dari iritasi akibat sabun ataupun deterjen.

Selain hal di atas, Anda juga perlu memperhatikan bahan kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit Anda. Ada baiknya untuk menggunakan bahan yang bersifat alami tanpa mengandung bahan kimia yang mungkin dapat merusak kulit.

Kandungan bahan alami yang baik untuk kulit kering

Petroleum jelly

Kandungan petroleum jelly dikenal juga sebagai minyak mineral yang menutupi kulit dalam lapisan pelindung dan membantu menghilangkan bercak kulit kering dan iritasi. Gunakan pelembab petroleum jelly setelah mandi dan hanya gunakan pada area tubuh bagian luar kulit.

Baca juga: Manfaat Petroleum Jelly Bagi Tubuh

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minyak kelapa (Coconut Oil)

Minyak kelapa memiliki sifat emolien yang mengisi ruang di antara sel-sel kulit serta membantu menciptakan permukaan kulit yang halus dan lembab. 

Minyak kelapa sendiri termasuk dalam salah satu bahan herbal sederhana yang mudah ditemukan dan dapat mengurangi kulit kering. Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit kering, termasuk pada bibir kering.

Oatmeal

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan kandungan berbahan oatmeal. Oatmeal koloid mengandung antioksidan dan sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi iritasi pada kulit dan menghilangkan rasa gatal.

Lidah buaya (Aloe vera)

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan salah satu bahan terbaik yang biasanya digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering. 

Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah dengan menggunakan krim yang terbuat dari campuran gel lidah buaya dan minyak almond.

Antioksidan dan omega-3

Selain mengoleskan krim pelembab langsung pada kulit, Anda juga perlu memperbaiki dan meningkatkan kebutuhan nutrisi dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan omega 3. 

Makan makanan yang mengandung antioksidan dan omega-3 dapat mengurangi kerusakan kulit akibat racun dan membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sehat. Beberapa makanan yang baik bagi kesehatan kulit adalah tomat, wortel, kacang-kacangan, dan bluberry. Selain itu, salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

Beberapa cara mengatasi kulit kering di atas dapat Anda lakukan di rumah, tetapi jika sudah merasa tidak nyaman dengan kulit kering Anda, sebaiknya segera berdiskusi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sethi A, et al. (2016). Moisturizers: The slippery road. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103%2F0019-5154.182427)
Reynertson KA, et al. (2015). Anti-inflammatory activities of colloidal oatmeal (Avena sativa) contribute to the effectiveness of oats in treatment of itch associated with dry, irritated skin. (http://jddonline.com/articles/dermatology/S1545961615P0043X)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya banyak faktor penyebab munculnya rasa gatal pada kulit kering. Lalu apa saja penyebab rasa gatal pada kulit kering? Bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Buka di app