Petrolatum: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 5, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Petrolatum adalah salah satu jenis obat luat yang tergolong obat emolien yang memiliki sejuta manfaat luar biasa bagi kulit tubuh manusia seperti sebagai anti bakteri,  minyak rambut, membantu dan mencegah kulit dari segala macam iritasi hingga kegunaanya yang baik dalam bidang kosmetik. 

Obat petrolatum merupakan salah satu obat yang juga memiliki fungsi dalam melindungi kulit karena terbentuk dari campuran senyawa hidrokarbon yang sangat baik dalam melembutkan kulit, melembabkan kulit dan mengurangi rasa gatal pada kulit serta membantu kilit dalam proses pengelupasan dan regenerasi kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Selain fungsi baik diatas, ternyata petrolatum pun baik digunakan oleh bayi seperti menyembuhkan dan meringankan gejala ruam popok kemerahan dan bintik bintik pada bayi. 

Untuk para pasien dengan penyakit kulit seperti luka bakar dan luka penyembuhan akibat radoterapi pun juga sangat baik diolesi dan dipakaikan obat petrolatum.

Dosis pemakaian obat Petrolatum

Obat petrolatum merupakan salah satu jenis obat yang tergolong dijual bebas di pasaran dengan berbagai merek. Umumnya obat petrolatum yang banyak dijual bebas ialah dalam bentuk obat salep atau obat oles dimana pemakaiannya lebih mudah dan langsung mengenai kulit yang butuh perawatan atau terluka.

Dosis dan takaran penggunaan obat petrolatum untuk setiap merek tentunya juga berbeda beda tergantung pada dosis yang diterapkan setiap merek obat kepada produknya. 

Untuk dosis dan takaran pastinya, kamu bisa melihat dosis yang dianjurkan untuk dipakai di balik kemasan bungkusan obat petrolatum. Biasanya setiap produk pasti menulskan dosis dan takaran yang harus dipakai oleh konsumen untuk mengobati berbagai permasalahan kulit ataupun rambut yang perlu perawatan. 

Bila kamu ragu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaanmu untuk memilih produk dan merek mana yang terbaik untuk kamu pakai sesuai dengan kondisi kesehatan mu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Peringatan dalam menggunakan obat Petrolatum

Cucilah tangan kamu dan area kulit lainnya yang terluka atau butuh perawatan dengan air bersih sebelum dan sesudah kamu mengaplikasikan obat petroleum kepada bagian tubuh mu yang terluka atau butuh perawatan.

Selain harus dicuci bersih, bagian tangan yang dipakain untuk mengambil obat petrolatum dan bagian kulit yang mau diolesi juga harus dalam kondisi kering sehingga pengolesan petrolatum tidak akan menyatu dengan air yang masih belum terlap kering dan oleskan saja tipis tipis secara rutin setiap sehabis mandi siang dan malam sehingga manfaat obat petrolatum dapat lebih maksimal dirasakan oleh konsumennya.

Selalu perhatikan tanggal kadalaursa produk petroleum yang kamu beli dan jangan menggunakan produk yang sudah kadaluarsa.

Selalu juga perhatikan komposisi obat petroleum yang kamu beli karena umumnya produk di pasaran tidak akan menjual petroleum dengan kadar murni 100 % namun obat petroleum yang banyak dijual di pasaran ialah obat petroleum yang sudah ditambahkan dengan komposisi dan bahan lainnya sehingga untuk kamu yang punya alergi pada bahan bahan tambahan  yang ada pada produk petroleum tersebut sebaiknya memilih merek lain yang tidak akan meninggalkan efek samping untuk alergi yang kamu derita.

Untuk kamu yang pernah memiliki riwayat penyakit kulit, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter terdekatmu sebelum kamu memutuskan untuk membeli obat petrolatum agar obat petrolatum tidak mengganggu kondisi kesehatan kulitmu dan menambah permasalahan kuit yang sudah ada.

Untuk para ibu hamil, ibu menyusui dan wanita yang sedang menjalani program kehamilannya maka sebaiknya tidak memutuskan untuk memakai obat petrolatum sembarangan dan tanpa seijn atau sepengetahuan team dokter kandungan maupun team dokter anak yang tahu betul riwayat kehamilan si ibu karena dikhawatirkan obat petrolatum akan mengganggu program kehamilan yang sedang dijalani, kondisi kesehatan dan perkembang biakkan janin serta kualitas ASI yang sedang diproduksi oleh para ibu menyusui.

Efek samping penggunaan obat Petrolatum

Biasanya obat petrolatum jarang memiliki efek samping bagi para penggunanya yang memakai obat ini secara benar sesuai dosis yang di ada pada balik kemasan obat petrolatum. 

Namun ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan oleh si pengguna obat petrolatum seperti kulit yang memerah, kuliit yang terasa pedih dan memiliki sensasi terbakar serta munculnya iritasi pada kulit. 

Bila efek samping ini terjadi padamu maka segera hentikan pemakaian obat petrolatum dan bila efek samping masih belum juga mereda setelah tidak memakai obat petrolatum lagi, maka tandanya kamu harus segera pergi ke dokter kulit untuk memeriksakan kesehatanmu .


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medscape (2018). Drugs Diseases: Petrolatum & Mineral Oil Topical (Rx). (https://reference.medscape.com/drug/eletone-cream-tropazone-petrolatum-mineral-oil-topical-999753)
Drugs.com (2018). Petroleum Jelly White. (https://www.drugs.com/pro/petroleum-jelly-white.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app