Perawatan Wajah

Cara Mengatasi Jerawat

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi saat pori-pori kulit Anda tersumbat dan menyebabkan bintik-bintik pada kulit. Bintik-bintik ini muncul terutama di wajah, bahu, punggung, leher, dada, dan lengan

Jerawat ada beberapa jenis dari yang ringan seperti komedo,bintil, hingga yang berat seperti kista. Jerawat biasanya terjadi pada saat masa pubertas, tapi hal ini bisa terjadi pada usia berapapun. Jerawat pada umumnya tidak berbahaya, namun kondisi ini  bisa meninggalkan bekas luka di kulit.

Faktor risiko yang mengakibatkan munculnya jerawat pada kulit dapat berupa faktor genetik, siklus menstruasi, stres, iklim panas dan lembab, penggunaan makeup berbahan dasar minyak minyak, dan kebiasaaan memencet jerawat.

Pada umumnya terjadinya jerawat dapat dicegah. Semakin dini Anda memulai perawatan, semakin rendah pula risiko Anda terkena jerawat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu.

Bagaimana cara mengatasi jerawat yang membandel?

Saat ini, sudah ada banyak cara yang efektif dalam mengatasi jerawat. Setiap orang rata-rata memiliki tipe kulit yang berbeda-beda, pengobatan jerawat pada setiap orang pun umumnya akan berbeda pula. Tapi jangankhawatir karena hampir setiap kasus jerawat biasanya dapat diatasi.

Orang yang memiliki jerawat ringan seperti, komedo, dan bintik-bintik pada kulit, biasanya dapat menggunakan prroduk yang dijual tanpa memerlukan resep dari dokter untuk mengobati masalah jerawatnya. 

Produk ini biasanya mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat yang dapat membersihkan kulit. Tapi penggunaan produk ini tidak dapat menghilangkan jerawat dalam waktu semalam. 

Perawatan ini biasanya memerlukan waktu sekitar 4-8 minggu mendapatkan hasil yang baik. Setelah jerawat Anda sembuh, Anda harus terus merawat kulit agar tidak berjerawat.

Kapan Anda harus menemui dokter kulit

Jika Anda memiliki banyak jerawat, kista, atau nodul, dan obat yang biasa Anda gunakan mungkin tidak memiliki efek apa-apa terhadap jerawat Anda. Mungkin ini saatnya Anda harus menemui dokter kulit untuk konsultasi mengenai masalah jerawat Anda. Biasanya dokter kulit akan menawarkan perawatan sebagai berikut:

Obat jerawat yang dioleskan pada kulit: Kebanyakan pengobatan pada jerawat diberikan dengan cara dioleskan ke kulit. Ada banyak obat oles untuk mengatasi jerawat. Beberapa dari obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri. Fugsi yang lainnya bekerja untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit. Obat oles ini mungkin mengandung retinoid, asam peroksida benzoyl, antibiotik, atau bahkan asam salisilat. 

Dokter kulit Anda akan menentukan obat apa yang Anda butuhkan untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

Pengobatan jerawat yang bekerja di seluruh tubuh: Obat yang bekerja di seluruh tubuh ini mungkin diperlukan saat Anda memiliki jenis jerawat merah dan bengkak. Jenis pengobatan ini biasanya diperlukan untuk mengobati kista jerawat dan nodul. 

Dokter kulit mungkin akan meresepkan satu atau lebih dari obat dibawah ini:

Tips untuk mencegah terjadinya jerawat

Anda dapat mencoba untuk menghindari atau mengendalikan jerawat ringan Anda salah satunya dengan cara mengubah pola hidup anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan dirumah:

  • Bersihkanlah jerawat menggunakan sabun pembersih
  • Cobalah produk jerawat yang dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit
  • Hindari penggunaan produk yang dapat memicu terjadinya iritasi kulit
  • Lindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari
  • Hindari gesekan pada kulit Anda yang berjerawat
  • Jangan menyentuh atau menggaruk area yang terkena jerawat
  • Mandilah setelah melakukan aktivitas berat

Bersihkanlah wajah Anda dengan sabun pembersih wajah dan air hangat ,sebanyak dua kali sehari. Jika Anda cenderung memiliki masalah jerawat pada daerah rambut maka keramaslah rambut Anda setiap hari.

Hindari menggunakan produk tertentu, seperti scrub wajah dan masker. Produk ini cenderung  dapat mengiritasi kulit, yang bisa memperburuk masalah jerawat Anda.

Carilah produk yang mengandung benzoyl peroxide,asam salisilat, asam glikolat atau asam alfa hidroksi, yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat ringan dan sedang. Penggunaan produk ini memerlukan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Hindari penggunaan kosmetik atau produk lainnya yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Gunakan produk berlabel berbasis air, yang berarti mereka memiliki sedikit kemungkinan dapat menyebabkan jerawat.

Bagi sebagian orang, sinar matahari dapat memperburuk masalah jerawat. Dan beberapa obat jerawat membuat Anda lebih rentan terhadap sinar matahari. Gunakanlah pelembab secara teratur,usahakan gunakan produk yang tidak memiliki kandungan minyak berlebih.

Lindungi kulit Anda yang berjerawat dari kontak dengan barang seperti telepon, helm, kerah dan baju yang ketat,dll.

Melakukan hal tersebut dapat memicu lebih banyak jerawat yang timbul atau dapat menyebabkan infeksi pada jaringan kulit Anda.

Biasanya setelah melakukan aktivitas yang berat tubuh akan memproduksi minyak yang berlebih dan keringat pada kulit. Hal ini jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya jerawat. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Williams LB, et al. (2008). Chemical and mineralogical characteristics of French green clays used for healing. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2600539/)
Pappas A. (2009). The relationship of diet and acne: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2836431/)
The National Standard Research Collaboration. (2013). Tea tree oil (Melaleuca alternifolia). (http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tea-tree-oil/evidence/HRB-20060086)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app