Cara Memutihkan Kulit Secara Medis

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan pada kulit Anda, hingga efek samping apa yang mungkin Anda alami setelah prosedur berakhir.
Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Memutihkan Kulit Secara Medis

Selain memliki kulit yang bersih dan sehat, kulit putih juga ternyata menjadi dambaan setiap orang. Pendapat bahwa seseorang tampan atau cantik dengan kulit putih masih dipercaya banyak orang dan sulit untuk dihilangkan. 

Itulan alasannya mengapa saat ini hampir setiap orang berlomba-lomba untuk memutihkan kulit menggunakan berbagai cara. 

Iklan dari HonestDocs
Korean Whitening Infusion di Reface Clinic

Korean Whitening Infusion merupakan perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih putih dan cerah

Korean whitening infusion di reface clinic

Tidak peduli dengan kemungkinan risiko yang akan mereka alami, yang terpenting adalah memiliki kulit putih. Tetapi, apakah ada cara yang aman untuk memutihkan kulit memalui jalur medis? 

Penyebab warna kulit gelap 

Warna kulit seseorang merupakan warisan genetik dari orang tua. Gen kemudian akan menentukan seberapa banyak melanin yang ada tubuh Anda. 

Melanin merupakan zat pewarna kulit alami yang dihasilkan oleh melanosit (sel dalam lapisan kulit). Apabila melanin yang diproduksi banyak, maka kulit Anda cenderung berwarna gelap. 

Tidak hanya oleh melanin, gelapnya kulit Anda juga dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, hormon, dan zat kimia tertentu. 

Contoh nyata yang sering membuat kulit menjadi gelap adalah berjemur di bawah matahari dalam waktu yang cukup lama. 

Akan tetapi, perubahan warna kulit yang terjadi tidak permanen. Warna kult akan kembali seperti semula seiring berjalannya waktu. 

Iklan dari HonestDocs
Premium Whitening Injection di Reface Clinic

Premium whitening injection merupakan salah satu perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh agar terlihat lebih putih dan cerah

Premium whitening injection di reface clinic

Hal ini terjadi karena kulit memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi sehingga kulit dapat berubah ke warna asli dengan sendirinya. 

Cara memutihkan kulit lewat jalur medis

1. Krim dokter 

Dengan resep dokter, Anda bisa menggunakan krim pemutih untuk mendapatkan kulit putih yang dinginkan. Krim pemutih dapat mengurangi warna kulit yang tidak merata, hingga mampu mengubah warna kulit Anda yang asli. 

Krim pemutih yang Anda dapatkan dari dokter umumnya memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menurunkan jumlah melanin pada kulit. 

Sebelum menggunakannya, tanyakan pada dokter mengenai dosis dan cara pemakaiannya agar kulit Anda tidak mengalami masalah lain. 

Keamanan dari krim pemutih dari dokter tidak perlu dikhawatirkan karena dokter memiliki izin praktek yang menjamin produknya. 

Hindari menggunakan krim pemutih yang Anda dapatkan tanpa izin BPOM yang jelas. 

Iklan dari HonestDocs
Premium Whitening Injection di Reface Clinic

Premium whitening injection merupakan salah satu perawatan yang berguna untuk menjadikan kulit wajah dan tubuh agar terlihat lebih putih dan cerah

Premium whitening injection di reface clinic

Krim tersebut bisa saja mengandung bahan-bahan kimia seperti merkuri, hydroquinon dan kortikosteroid yang dapat menimbulkan dampak serius pada kulit Anda. 

2. Chemical peeling 

Chemical peeling merupakan prosedur medis dengan menggunakan krim khusus berbahan dasar kimia yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. 

Di dokter, prosedur ini mampu menyamarkan bekas luka dan jerawat, noda dan flek hitam, garis-garis halus dan keriput, serta membantu mencerahkan warna kulit yang kusam. 

Krim yang biasanya digunakan dalam prosedur adalah phenol, asam trikloroasetat, asam karbol, asam salisilat, asam glikolat, dan asam laktat

Krim yang akan diaplikasikan pada kulit Anda akan disesuaikan dengan jenis, kondisi, kebutuhan dan masalah kulit apa yang Anda alami. 

Saat menjalani prosedur ini, krim akan dioleskan ke wajah Anda secara merata, dibiarkan selama beberapa saat hingga timbul reaksi kimia yang mengakibatkan tercipta luka-luka ringan pada permukaan kulit. 

Luka-luka tersebut menunjukan bahwa sel kulit mati sedang terangkat dan akan digantikan dengan sel kulit yang baru. 

3. Laser resurfacing 

Cara memutihkan kulit dengan menggunakan laser ini bertujuan untuk menghancurkan sel kulit lama yang sudah rusak dan membuat sel kulit baru muncul. 

Selain itu, proses ini juga mampu mengurangi produksi dan jumlah melanin dalam kulit sehingga kulit Anda akan cenderung berwarna putih. 

Meskipun demikian, memutihkan kulit dengan prosedur laser resurfacing ini memilki efek sampin yang menimbulkan kemerahan, pembengkakan, dan memar. 

Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan tubuh dari efek samping tersebut sekitar 14 samapi 21 hari. 

4. Microdermabrasion 

Hampir sama dengan chemical peeling, yaitu mengikis lapisan kulit terluar. Namun  microdermabrasion menggunakan semprotan berisi kristal, bukan krim. Kristal kecil akan disemprotkan ke wajah Anda. 

Lalu kristal tersebut akan membantu proses pengikisan kulit Anda.

Selesai proses penyemprotan, kemungkinan kulit Anda akan memerah, namun dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. 

Setelah melakukan perawatan untuk memutihkan kulit ini, Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan beberapa jenis produk make up. Tunggulah sampau kulit bener-benar pulih dari efek yang dihasilkan. 

5. Crysurgery 

Jika beberapa cara memutihkan kulit diatas hanya mengurangi produksi melanin, maka prosedur yang satu ini akan menghancurkan melanin menggunakan nitrogen cair. 

Tidak hanya sekedar memutihkan kulit, crysurgery juga mampu mengatasi beberapa masalah kulit yang lain. 

Sama seperti prosedur lain, crysurgery dilakukan dengan cara mengoleskan nitrogen cair pada permukaan kulit dan dibiarkan membeku. 

Setelah itu, sambil membuat luka-luka kecil pada kulit, nitrogen akan mencair secara perlahan-lahan. Lapisan kulit terluar akan mengelupas kemudian diganti dengan kulit baru yang lebih terang dari sebelumnya. 

Setelah menjalani prosedur ini, Anda bisa saja mengalami efek samping yang menimbulkan lepuhan area kulit yang terkena cairan nitrogen. 

Meskipun dapat mempercantik kulit Anda, sebelum memutuskan menjalan perawatan untuk memutihkan kulit diatas, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. 

Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan pada kulit Anda, hingga efek samping apa yang mungkin Anda alami setelah prosedur berakhir. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cryosurgery for Common Skin Conditions - American Family Physician (https://www.aafp.org/afp/2004/0515/p2365.html)
Skin Lightening Surgery, Before and After, Treatment, Procedures, Cost, Side Effects, Pictures - LightSkinCure (http://www.lightskincure.org/skin-lightening/skin-lightening-surgery-treatment-procedures-cost-side-effects-pictures/)
Skin Lightening / Whitening Treatment in Mumbai, India - Laser Skin Surgery - Dr. Rinky Kapoor (http://www.rinkykapoor.com/skin-lightening-skin-whitening-treatment-mumbai/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app