Cara Membedakan Patah Tulang dan Kaki Keseleo

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Membedakan Patah Tulang dan Kaki Keseleo

Patah pada tulang kaki merupakan hal yang sangat memprihatinkan karena ini dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari terutama mengganggu berdiri dan berjalan Anda. Namun apabila terjadi trauma apakah Anda bisa membedakan bahwa ini hanya keseleo atau terdapat patah tulang?

Fraktur pada tulang kaki dapat terjadi pada:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  1. Tulang paha (femur). Tulang paha adalah tulang di atas lutut Anda. Itu juga disebut tulang paha.
  2. Tulang kering (tibia). tibia adalah jenis tulang pada kaki bagian bawah yang lebih besar dari dua tulang di bawah lutut Anda.
  3. Tulang betis (fibula). Fibula adalah jenis tulang yang lebih kecil dari dua tulang di bawah lutut Anda.
  4. Tempurung lutut (patella) meluncur bolak-balik di depan sendi lutut. Tempurung lutut menangguhkan ligamen dari otot paha dan membantu menambah kekuatan untuk meluruskan kaki.

Penyebab patah tulang kaki

Tiga penyebab paling umum dari patah kaki adalah:

  1. Trauma. Istirahat kaki bisa disebabkan oleh jatuh, kecelakaan kendaraan, atau dampak saat bermain olahraga.
  2. Aktivitas berlebih. Gaya yang berulang atau terlalu sering digunakan dapat menyebabkan fraktur stres.
  3. Osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tubuh kehilangan terlalu banyak tulang atau membuat tulang terlalu sedikit. Osteoporosis menghasilkan tulang yang lemah yang cenderung patah.

Gejala patah tulang kaki

Patah tulang kaki biasanya ditentukan pada jenis patahnya. Patah tulang terbuka menimbulkan tulang yang terlihat atau keluar dan disertai pendarahan. Patah tulang tertutup dapat menimbulkan gejala seperti:

  1. Nyeri hebat, terutama saat digerakan
  2. Bengkak dan memar
  3. Kaki tampak memendek
  4. Tidak mampu berjalan

Kaki keseleo

Kaki keseleo disebabkan oleh puntiran yang berlebihan pada ligamen otot. Kaki keseleo paling sering terjadi di dekat mata kaki yang disebut ankle sprain.

Ligamen, yang menyediakan koneksi antara tulang-tulang pergelangan kaki terjadi trauma ketika lebih dari kekuatan peregangan normal. Kondisi paling sering terjadi ketika kaki diputar ke dalam, seperti saat bermain basket, sepak bola, dan olahraga berat yang menggunakan poros kaki lebih dominan.

Apa yang menyebabkan keseleo?

Ketika pergelangan kaki terluka karena keseleo, ini disebabkan Pembuluh darah menjadi "bocor" dan memungkinkan cairan mengalir ke jaringan lunak di sekitar sendi.

Sel darah putih yang bertanggung jawab atas peradangan bermigrasi ke daerah tersebut, dan aliran darah juga meningkat. Kondisi ini menimbulkan tampakan pada daerah yang keseleo berupa:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1
  1. Pembengkakan karena peningkatan cairan dalam jaringan
  2. Rasa sakit yang semakin buruk terutama saat digerakan.
  3. Kemerahan dan rasa hangat akibat aliran darah yang meningkat akibat

Bagaimana cara membedakan nyeri patah tulang dan nyeri keseleo?

Cara yang membedakan adanya patah tulang atau adanya keseleo adalah dengan mendeteksi adanya krepitasi pada perabaan patah tulang.

Krepitasi adalah suara gemeretak yang terjadi akibat gesekan dari 2 bagian ujung tulang yang telah patah. Bunyi krepitasi ini didengar dengan perabaan area yang timbul memar akibat trauma oleh dokter. Sementara pada kaki keseleo tidak menimbulkan krepitasi tulang karena tidak ada tanda patah tulang.

Meskipun kaki keseleo dan patah tulang dapat menimbulkan memar, biasanya krepitasi patah tulang sangat jelas dengan perabaan namun kaki keseleo dapat menimbulkan krepitasi minimal pada beberapa daerah. 

Namun ini bukan disebabkan gesekan antar tulang, ini mungkin disebabkan pembengkakan akibat terkumpulnya darah yang menumpuk di daerah yang keseleo.

Patah tulang berat beresiko hilangnya motorik sehingga tidak dapat menggerakan bagian yang patah, namun pada keseleo biasanya bagian pergelangan masih dapat digerakan meskipun terbatas akibat rasa nyeri.

Patah tulang terbuka memerlukan tindakan medis segera karena dapat beresiko kehilangan darah yang banyak dan menimbulkan syok. Tetapi pada kaki keseleo sama sekali tidak menimbulkan kehilangan darah.

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
First Aid for Broken Bones and Fractures. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/first-aid/broken-bones)
Fracture - Definition and Patient Education. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/fracture)
Types of Broken Bones: Symptoms, Treatment, Healing & Surgery. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/broken_bone_types_of_bone_fractures/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app