HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Menangani Kaki Saat Keseleo dan Cara Menghindarinya

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 26, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Menangani Kaki Saat Keseleo dan Cara Menghindarinya

Keseleo atau terkilir dapat terjadi kapanpun dan dimana saja. Biasanya keadaan ini terjadi akibat pergerakan fisik yang salah dan kebanyakan terjadi pada pergelangan kaki atau lutut. 

Keseleo terjadi karena serat ligamen yang robek dan mengakibatkan cedera ligamen. Ligamen sendiri adalah penghubung antara tulang dan tulang yang berupa pita elastis yang kuat. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Tidak hanya dialami oleh orang yang sering berolahraga, keseleo juga bisa terjadi pada orang yang jarang berolahraga. 

Ada tiga tingkatan keseleo apabila dilihat dari tingkat keparahannya: 

  • Keseleo ringan, ditandai dengan rasa nyeri pada pergelangan disertai dengan bengkak akbat robekan kecil pada ligamen. Pada keadaan ini Anda masih bisa berjalan karena tidak berdampak pada stabilitas sendi.
  • Keseleo sedang, disertai dengan rasa nyeri yang cukup kuat dan disertai dengan bengkak yang cukup parah akibat ligamen robek sebagian. Pada keadaan ini Anda akan mengalami kesulitan berjalan akibat stabilitas sendi yang agak terganggu.
  • Keseleo berat, disertai dengan rasa nyeri hebat dan bengkak yang sangat parah akibat putusnya ligamen. Pada keadaan ini Anda tidak bisa berjalan akibat ketidakmampuan sendi menyangga beban dan timbul memar akibat kerusakan jaringan yang terjadi di sekitar sendi.

Penanganan Keseleo

Pada kondisi keseleo ringan dan sedang bisa Anda lakukan sendiri di rumah namun harus dilakukan dengan cara yang benar supaya tidak berpengaruh pada kestabilan sendi dan rasa nyeri yang terjadi berkepanjangan. 

Berikut tahap penanganan keseleo yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah :

  • Istirahat 2-3 hari supaya tidak semakin parah
  • Kompres dengan menggunakan es pada bagian yang terasa sakit selama 15-20 menit setiap 2-3 jam dalam satu hari, gunakan handuk supaya area keseleo tidak kontak langsung dengan es.
  • Gunakan perban elastis untuk meminimalisir pergerakan pada area keseleo supaya bengkak tidak bertambah parah. 

Letakkan kaki Anda pada posisi yang lebih tinggi supaya bengkak tidak bertambah parah, kalau Anda duduk bisa menggunakan bangku tambahan atau bisa juga menggunakan bantal sebagai alas kaki saat Anda tidur.

Gunakan obat Pereda Nyeri

Kalau rasa nyeri pada kaki cukup mengganggu Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri yang berupa krim atau gel yang dioles untuk mengantisipasi rasa nyeri pada bagian yang keseleo. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

Selain itu penggunaan obat pereda nyeri ini dapat mempercepat penyembuhan.

Berikut ini adalah pilihan obat pereda nyeri yang bisa Anda oleskan, dari yang berbentuk krim, gel hingga yang berupa semprot :

  • Salisilat, berupa krim yang mudah diserap kulit
  • Counterirritant, mengandung bahan seperti metilsalisilat, mentol, dan camphor yang memberikan sensasi dingin saat digunakan
  • Eugenol, mengandung bahan yang berasal dari minyak cengkeh sangat berguna untuk meredakan nyeri.
  • OAINS (Obat Anti Inflamasi Nonsteroid), berguna untuk menghambat enzim siklooksigenase yang akan menghentikan peradangan dan meredakan nyeri.
  • Capcaisin, memberikan sensasi panas karena mengandung bahan yang terdapat dalam cabai.

Walaupun obat oles ini penggunaanya cukup mudah dan sederhana, tapi sebaiknya membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakan supaya bisa lebih mengerti mengenai kandungan aktif yang ada di dalamnya dan apa saja yang harus dihindari termasuk menghindari mengoleskan pada area keseleo apabila disertai luka. 

Biarkan obat oles meresap terlebih dahulu baru kembali menggunakan perban.

Segera ke Dokter Apabila Sakit Berlanjut

Apabila dalam tiga hari keseleo tidak ada perubahan atau Anda berada dalam kondisi nyeri yang dirasakan sudah tidak tertahankan karena mengalami keseleo berat akibat putusnya ligamen maka sebaiknya Anda secepatnya pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. 

Dokter akan meresepkan pereda nyeri yang lebih kuat seperti kodein atau bisa juga melakukan fisioterapi supaya sendi bisa kembali bergerak normal seperti biasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anti Nyeri via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 39

Pada kasus keseleo berat hingga menyebabkan robeknya ligamen dan kerusaka jaringan di sekitar area dapat dilakukan tingakan pembedahan yang dilanjutkan dengan fisioterapi untuk membantu pemulihan sendi, biasanya pada kasus seperti ini proses pemulihan memakan waktu beberapa minggu hingga benar benar pulih total.

Pencegahan Keseleo di Kemudian Hari

Keseleo adalah faktor resiko yang terjadi kapanpun dan dimanapun, terlebih lagi Anda baru pertama kali melakukan satu jenis olahraga. 

Yang harus Anda lakukan adalah melakukan peregangan untuk mencegah menegangnya otot saat berolah raga dan sebaiknya menghindari aktifitas olahraga yang berlebihan untuk mencegah kelelahan otot yang juga bisa mengakibatkan keseleo akibat tidak dapat menyangga sendi dengan sempurna. 

Gunakan sepatu khusus untuk berolahraga dan pakaian olahraga yang nyaman untuk meminimalisir faktor resiko keseleo. Apabila lokasi tempat Anda melakukan olahraga basah dan licin sebaiknya Anda berpindah tempat untuk menghindari resiko Anda terpeleset atau salah menapak. 

Selalu lakukan stretching dan istirahat setelah melakukan aktifitas olahraga beberapa lama.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Porter DA, et al. Principles of rehabilitation for the foot and ankle. In: Baxter's The Foot and Ankle in Sport. Philadelphia, Pa.: Mosby Elsevier; 2008. https://clinicalkey.com.
Safran MR, et al. Sprain. In: Instructions for Sports Medicine Patients. Philadelphia, Pa.: Saunders Elsevier; 2012. https://clinicalkey.com.
How to care for a sprained ankle. American Orthopaedic Foot & Ankle Society. http://www.aofas.org/footcaremd/how-to/foot-injury/Pages/How to Care for a Sprained Ankle.aspx?PF=1.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app