11 Cara Efektif Membakar Lemak Dalam Tubuh Dengan Cepat

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 2, 2019 Waktu baca: 4 menit
11 Cara Efektif Membakar Lemak Dalam Tubuh Dengan Cepat

Tidak sedikit orang yang rela menempuh cara instan untuk membakar lemak, misalnya dengan melakukan diet-diet ekstrem. Alih-alih menurunkan berat badan, membakar kalori dengan cara yang salah malah bisa membahayakan tubuh. Ketimbang bersusah-susah melakukan diet ekstrem, ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa membantu membakar kalori lebih cepat, lho! Lalu, bagaimana cara membakar lemak dengan cepat dan efektif tanpa bikin badan sakit?

Cara membakar lemak dalam tubuh dengan sehat dan efektif

Lemak adalah salah satu nutrisi yang sering kali dihindari oleh banyak orang. Meski memang dibutuhkan juga oleh tubuh, namun terlalu banyak asupan lemak dapat menumpuk dalam tubuh dan mengundang sejumlah penyakit. Mulai dari mengganggu penampilan dan memicu obesitas hingga stroke.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ada beberapa cara membakar lemak yang bisa memberikan hasil efektif, tapi juga aman bagi tubuh Anda. Dengan catatan, cara-cara ini perlu dilakukan secara rutin supaya memberikan hasil maksimal. Lemak dalam tubuh akan berkurang secara bertahap jika Anda konsisten melakukannya.

Berikut berbagai cara membakar lemak yang bisa Anda lakukan mulai hari ini, antara lain:

1. Kardio

Anda suka olahraga dan ingin membakar lemak dengan cepat? Anda bisa memilih olahraga kardio seperti senam aerobik atau zumba.

Selain bisa membakar lemak, kardio juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan melakukan olahraga ini. Sebaiknya lakukan olahraga kardio sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dan lakukan secara bertahap agar tubuh Anda tidak kaget

Baca Selengkapnya: Manfaat Olahraga Kardio Rutin Serta Jenis Kardio Terbaik

2. Lari

Berlari bisa membantu membakar kalori dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Aktivitas ini bisa Anda lakukan kapan saja, tapi baiknya dilakukan setiap pagi saat udara masih segar dan belum tercemar polusi. Lari pagi juga membuat Anda tetap aktif saat siang hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

3. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Setelah rajin berolahraga, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan meminum air yang cukup, proses metabolisme dalam tubuh juga akan bekerja dengan optimal.

Semakin baik proses metabolisme dalam tubuh, maka lemak-lemak jahat pun akan terbakar dengan mudah. Segarnya air minum juga akan membuat Anda lebih energik dan bersemangat. 

4. Minum teh hijau

Bagi Anda yang suka minum teh, cobalah pilih teh hijau. Selain menyegarkan, minum teh hijau sebanyak 2-3 cangkir setiap hari juga dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dengan cepat. Manfaat teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena kanker dan menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

5. Jika tidak suka teh, Anda bisa menggantinya dengan kopi

Bagi Anda yang tak suka teh tapi sangat menggilai kopi, maka hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda. Kopi dapat membantu melunturkan lemak di tubuh karena mengandung kafein yang dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Semakin baik metabolisme, maka semakin banyak pula kalori dan lemak tubuh yang terbakar.

6. Perbanyak makan makanan yang mengandung protein

Protein adalah salah satu makronutrien yang penting untuk tubuh untuk proses pembentukan otot. Ternyata, semakin banyak otot yang Anda punya, maka semakin tinggi pula laju metabolisme Anda.

Makanan kaya protein seperti tahu, tempe, telur, hingga daging juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, Anda terhindar dari makan berlebihan sehingga berat badan lebih mudah dikendalikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

7. Perbanyak asupan asam lemak tak kenuh

Asam lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacangan-kacangan, buah alpukat, minyak zaitun, dan sebagainya. Lemak tak jenuh membantu menurunkan kolesterol jahat dan membakar lemak berlebih

8. Tidur

Siapa sangka bahwa tidur, yang dikira tidak melakukan aktivitas apa-apa, ternyata mampu membakar kalori hingga 500 kalori! Anda tentu bertanya-tanya, bagaimana ini bisa terjadi?

Meskipun tubuh tidak banyak bergerak saat tidur, ternyata beberapa organ tubuh tetap bekerja untuk membersihkan racun, memperbaiki sel, dan memperbaiki jaringan tubuh. Berbagai proses inilah yang membuat kalori dalam tubuh jadi berkurang saat tidur.

Agar Anda dapat membakar lemak secara maksimal saat tidur, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup minimal 8 jam setiap hari. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan memprosuksi banyak ghrelin yang memicu Anda untuk mengonsumsi makanan manis.

Baca Juga: Manfaat Tidur Malam

9. Lakukan banyak aktivitas

Dengan membiasakan diri melakukan banyak aktivitas, tubuh Anda akan bergerak secara aktif. Cara ini bisa membakar lemak dengan efektif. Anda bisa melakukannya dengan hal-hal yang sederhana seperti melakukan pekerjaan rumah, berkebun, atau naik-turun tangga daripada naik lift.

10. Menjaga pola makan

Anda harus disiplin dalam makan, baik soal waktu hingga pemilihan asupan makanan. Ganti pola makan Anda, dari yang makan 3 kali sehari dengan porsi normal, menjadi makan sedikit tapi sering. Hal ini dapat membantu membakar lemak dalam tubuh secara lebih efektif.

Selain itu, usahakan untuk makan tepat waktu setiap hari supaya pola makan Anda terbentuk dengan baik. Cara ini juga akan membuat proses pencernaan lebih aktif dan bekerja secara optimal. 

11. Jangan lewatkan jam makan

Kalau Anda ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat, justru jangan sampai melewatkan sarapan atau jam makan siang Anda. Selain rentan memicu maag, mengonsumsi makanan kurang dari 1.000 kalori setiap hari malah memudahkan tubuh untuk menimbun cadangan makanan.

Sering melewatkan jam makan juga dapat menghambat proses metabolisme tubuh, sebab tubuh melakukan mekanisme pertahanan diri. Alih-alih membakar lemak, Anda malah bisa kalap makan di waktu makan selanjutnya.

Baca Juga: 8 Aktivitas Sederhana Ini Diam-diam Membakar Banyak Kalori Tubuh

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best Ways to Burn Fat Without Going to the Gym. Health.com. (https://www.health.com/weight-loss/best-way-burn-fat)
Turning Your Body Into a Fat-Burning Machine. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/body-into-fat-burning-machine-1231548)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app