Makanan dan Diet Sehat

11 Buah untuk Mengobati Ambeien agar Cepat Sembuh

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Sep 1, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
11 Buah untuk Mengobati Ambeien agar Cepat Sembuh

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Selain sayuran dan biji-bijian, buah kaya serat sangat direkomendasikan untuk mengobati ambeien atau wasir.
  • Buah beri-berian--seperti raspberry, blueberry, dan stroberi--mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengatasi ambeien.
  • Pilihan alami lain untuk mengobati ambeien adalah dengan memakan pisang. Tak hanya mengandung vitamin C dan kalium, pisang juga memiliki kandungan serat yang baik untuk proses pencernaan. Pilih jenis pisang yang matang, bukan yang masih muda.
  • Kandungan serat pangan kurma mencapai 6,7 gram per 100 gram. Buatlah infused water kurma dan minum di pagi hari untuk meredakan sembelit.
  • Jambu biji memiliki sifat laksatif yang berfungsi sebagai pencahar alami sehingga bisa membantu melancarkan BAB dan mengatasi sembelit.
  • Buah pir, buah ara atau buah tin, kiwi, jeruk, dan buah delima juga memberikan efek serupa. Semakin tinggi asupan serat, maka kondisi pencernaan akan semakin baik.
  • Klik untuk untuk mendapatkan obat ambeien serta obat lambung dan saluran pencernaan lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Ambeien atau melebarnya pembuluh darah di saluran akhir 'pembuangan' umumnya terjadi akibat kekurangan makanan berserat. Oleh sebab itu, cara yang cukup ampuh mengatasi ambeien adalah dengan meningkatkan asupan serat. Salah satu contoh makanan kaya serat adalah buah, dan dari sekian banyak buah, ada beberapa jenis yang dinobatkan sebagai buah untuk mengobati ambeien.

Selain buah, sayuran dan biji-bijian secara umum adalah makanan kaya serat yang sangat direkomendasikan untuk selalu dikonsumsi oleh penderita ambeien atau wasir. Namun, jangan lupa bahwa bahan makan ini tidak dapat menyembuhkan ambeien secara instan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Ketika Anda rajin mengonsumsi makanan kaya serat, ambeien tidak akan memberat. Tindakan ini juga bisa langkah pencegahan ambeien.

Baca Juga:

Daftar buah untuk mengobati ambeien

Buah dengan kandungan serat tinggilah yang tepat untuk mengobati ambeien. Nah, buah dengan kandungan serat tinggi dapat diartikan sebagai buah yang memiliki, minimal, 5 gram serat per saji. Contoh buah-buahan kategori ini adalah blakcberry, raspberry (beri merah), dan pir.

Selain itu, ada pula buah yang disebut sebagai "buah sumber serat yang baik", yakni buah-buahan yang mengandung antara 2,5-5 g serat per porsi atau 10-19 persen dari kebutuhan harian. Buah-buahan ini meliputi blueberry, pisang, kurma, buah ara, kiwi, jambu biji, dan jeruk.

Buah-buahan kaya serat tersebut sangat baik untuk mengatasi ambeien. Namun, jangan lupakan juga sayuran hijau dan biji-bijian yang juga bisa dijadikan penambah asupan serat untuk memperlancar proses pencernaan. Pada akhirnya, kombinasi konsumsi makanan-makanan itulah yang dapat membantu menyembuhkan ambeien.

Berikut beberapa jenis buah untuk mengobati ambeien:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Ambeien (Wasir) via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 27

1. Buah beri-berian

Buah beri nyatanya ampuh mengobati ambeien. Kandungan vitamin C dan serat yang tinggi dari buah ini sangat baik untuk membersihkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB.

Kandungan serat dalam buah beri:

  • Raspberries: 6,5 gram per 100 gram.
  • Blackberries: 7,6 gram per cup.
  • Blueberries: 3,6 gram per cup.
  • Stroberi: 2 gram per 100 gram.

Selain itu, kandungan asam lemak Gamma Linoleic Acid atau GLA dalam buah beri dapat mendorong tubuh memproduksi hormon prostaglandin. Zat ini sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit. Sayangnya, buah beri cenderung sulit untuk ditemukan di pasar-pasar tradisional.

2. Buah pir

Buah pir masuk dalam golongan buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Buah dengan rasa manis dengan sedikit asam segar ini baik untuk dikonsumsi para penderita ambeien.

Setiap 100 gram pir mengandung serat pangan sebanyak 3,1 gr. Selain itu, serat buah pir merupakan jenis yang tidak larut sehingga membuatnya lebih mudah dicerna usus.

Kandungan air dan serat dalam buah pir sangat membantu dalam melembutkan feses sehingga dapat meringankan kondisi ambeien. Buah pir juga bisa dijadikan makanan pencegahan ambeien.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

3. Buah pisang matang

Pisang dikenal sangat baik untuk pencernaan karena kandungan serat, vitamin C, dan kaliumnya yang tinggi. Alasan utama mengapa pisang baik untuk ambeien adalah karena seratnya.

Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar tiga gram serat. Serat sangat baik untuk melunakkan kotoran dan akan mencegah sembelit yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien.

Namun, pastikan Anda hanya mengonsumsi buah pisang yang matang, bukan yang mengkal atau muda. Alih-alih menyehatkan, makan pisang muda malah bisa memicu sembelit bahkan usus buntu

Baca Juga: 10 Makanan Penyebab Radang Usus Buntu

4. Buah kurma

Buah kurma yang menjadi ciri khas bulan Ramadan ini ternyata sangat baik untuk mengobati ambeien. Khasiat utamanya ada pada kandungan serat pangannya yang tinggi serta kemampuannya sebagai pencahar alami.

Kandungan serat pangan kurma mencapai 6,7 gr per 100 gr, sehingga sangat baik untuk pencernaan. Untuk meredakan sembelit, Anda bisa merendam kurma semalaman, lalu memakannya pada pagi harinya. Kurma tentu saja juga sangat baik untuk ambeien, baik sebagai pencegahan maupun pengobatan.

Baca Selengkapnya: 22 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Terbukti!

5. Buah ara (buah tin)

Buah ara, atau juga dikenal sebagai buah tin, merupakan salah satu buah yang sudah dikenal sejak lama sebagai buah yang berkhasiat untuk mengobati sembelit. Kandungan seratnya yang cukup tinggi, yakni sekitar 3 gr dari setiap 100 gr buah tin segar. Jumlah serat ini sangat baik untuk pencernaan.

Sayangnya, buah ini jarang dikonsumsi di Tanah Air karena lebih banyak dibudidayakan di wilayah Timur Tengah.

6. Buah kiwi

Buah kiwi juga masuk dalam jajaran buah kaya serat yang sangat baik untuk mengobati ambeien. Dalam 100 gr buah kiwi terkandung 3 gr serat pangan yang sangat baik untuk pencernaan.

Serat tersebut akan membantu melancarkan pengeluaran kotoran yang tentunya akan meringankan kondisi ambeien. Selain itu, kandungan vitamin C buah eksotis yang banyak dibudidayakan di Selandia Baru ini juga sangat baik untuk membantu proses penyembuhan ambeien dari dalam.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan yang Begitu Menakjubkan

7. Jambu biji

Buah jambu biji dikenal dapat menyehatkan kulit karena kandungan vitamin E dan C-nya yang tinggi. Tak hanya itu. Jambu biji ternyata juga sangat baik untuk pencernaan.

Menggigit atau menelan langsung biji buahnya yang bersifat laksatif dapat berfungsi sebagai pencahar alami untuk melancarkan BAB dan mengatasi sembelit. Belum lagi kandungan seratnya yang tinggi, sekitar 3 gr dari 100 gr buah jambu biji segar. Serat ini tentunya sangat baik untuk penderita ambeien untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C dan E nya dapat membantu penyembuhan dan regenerasi luka dari dalam.

8. Buah jeruk

Jeruk juga merupakan buah untuk mengobati ambeien yang ampuh. Kandungan vitamin C, serat, dan air pada buah ini sangat baik untuk pencernaan, terutama dalam melembekkan feses.

Hampir sama dengan pisang, dalam satu buah jeruk ukuran sedang (154 gram) mengandung serat sebanyak 3 gram. Sementara kandungan vitamin C-nya dapat membantu proses penyembuhan dan berperan dalam menjaga elastisitas pembuluh darah. Hal inilah yang akan membantu meringankan gejala ambeien.

9. Buah delima

Buah delima yang khas dengan warna merah dengan rasa asam dan manis ini juga terbukti baik untuk menyembuhkan ambeien. Kandungan astringent alaminya dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi di anus, sehingga mampu mengurangi rasa sakit yang timbul.

Dalam setiap 100 gram buah delima saja mengandung serat sebanyak 4 gram. Tak mengherankan jika buah delima baik untuk pengobatan ambeien. Buah ini bahkan disarankan dikonsumsi oleh penderita ambeien yang sudah semakin parah untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang timbul. 

Penyajian buah delima disarankan dengan meminum jusnya dibanding memakan buahnya langsung. Namun, pastikan hanya mengonsumsi jus delima segar, bukan jus olahan yang dijual botolan di toko.

10. Brokoli dan sayuran hijau

Selain buah-buahan di atas, sayuran dan biji-bijian juga sangat baik untuk mencegah dan mengobati ambeien. Pilihlah sayuran yang berwarna hijau pekat, seperti brokoli dan sayuran berdaun hijau.

Serat sayuran hijau ini akan membantu melembekkan tinja dan melancarkan proses pencernaan. Kandungan vitamin dalam sayur juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan

11. Biji-bijian

Meskipun bukan merupakan jenis buah-buahan, biji-bijian dapat membantu penderita ambeien, terutama dalam masa penyembuhan. Kandungan serat dan protein pada bahan makanan ini baik untuk melancarkan pencernaan dan membantu penyembuhan di area anus.

Dibanding mengandalkan protein dari hewan yang bisa menambah parah sembelit dan tentunya juga ambeien, lebih baik memilih biji-bijian sebagai sumber protein.

Rekomendasi kebutuhan serat harian

Asupan makanan sehari-hari harusnya mengandung cukup serat, apalagi jika Anda menderita ambeien, kebutuhan serat harus dipenuhi bahkan ditambah. Lalu, berapa banyak sebenarnya kebutuhan serat harian?

Menurut National Digestive Diseases Informatiaon, Anda dianjurkan untuk mencukupi asupan serat sebanyak 25 gr per hari untuk wanita dan 38 gr per hari untuk pria. Kebutuhan serta yang tercukupi akan sangat baik untuk penyembuhan ambeien.

Baca Juga: 22 Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Semakin tinggi asupan serat pangan pada menu harian Anda, kondisi pencernaan Anda biasanya akan semakin baik. Memulai penyembuhan ambeien dari dalam merupakan pilihan yang bijak sebelum ambeien jadi parah dan mengharuskan untuk dioperasi.

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Brown AY. AllScripts EPSi. Rochester, Minn. April 16, 2019.
Bleday R, et al. Home and office treatment of symptomatic hemorrhoids. https://www.uptodate.com/contents/search.
Kellerman RD, et al. Hemorrhoids, anal fissure, and anorectal abscess and fistula. In: Conn's Current Therapy 2019. Philadelphia, Pa.: Elsevier; 2019. https://www.clinicalkey.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app