Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Makanan dan Diet Sehat

15 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Yang Begitu Menakjubkan

Update terakhir: SEP 15, 2019 Tinjau pada SEP 15, 2019 Waktu baca: 7 menit
Telah dibaca 1.207.493 orang

15 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Yang Begitu Menakjubkan

Paduan rasanya yang unik dan daging buah yang nampak eksotis, membuat buah kiwi digemari banyak orang. Meski tergolong buah premium yang berharga cukup mahal, namun semua itu sepadan dengan berbagai manfaat buah kiwi yang begitu menakjubkan bagi kesehatan.

Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk, simak selengkapnya mengenai nilai gizi, kandungan dan manfaat buah kiwi berikut ini.

Nilai Gizi dan Kandungan Buah Kiwi

Buah kiwi mulanya berasal dari negeri Tiongkok dengan nama mihoutao. Kemudian pada tahun 1900, buah ini melanglang buana ke Inggris dan Amerika Serikat.

Selang empat tahun kemudian, barulah buah kiwi dikembangkan dan dibudidayakan di Selandia Baru. Sebuah negara yang berada di dekat kutub selatan dan kini menguasai sekitar 35% pasar kiwi global.

Buah bernama ilmiah Actinidia chinensis ini dikemas dengan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C dan serat yang membantu meningkatkan sistem imun dan proses metabolisme. Vitamin E yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan berbagai mineral lain yang erat kaitannya dengan fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

Dalam 100 gram buah kiwi, terkandung  zat-zat gizi sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA
Energi 61 Kcal 3%
Karbohidrat 14.66 g 11%
Protein 1 g 2%
Lemak total 0,52 g 2%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 3 g 8%
Vitamin
Folat 25 mcg 6%
Niasin 0,341 mg 2%
Riboflavin 0,025 mg 2%
Thiamin 0,027 mg 2%
Vitamin A 87 IU 3%
Vitamin C 92,7 mg 154%
Vitamin E 1,46 mg 10%
Vitamin K 40,3 mcg 34%
Elektrolit
Sodium 3 mg 0%
Kalium 312 mg 7%
Mineral
Kalsium 34 mg 3,5%
Tembaga 0.130 mg 14%
Besi 0,31 mg 4%
Magnesium 17 mg 4%
Mangan 0,098 mg 4%
Seng 0,14 mg 1%
Phyto-nutrient
Carotene-ß 52 mcg -
Crypto-xanthin-ß 0 mcg -
Lutein-zeaxanthin 122 mcg -

*RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh optimal.

Apa Saja Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan?

Manfaat buah kiwi terutama bagi kesehatan terbilang menakjubkan. Dibekali dengan kandungan vitamin C yang begitu tinggi membuatnya mampu membantu meningkatkan sistem imun guna mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Buah kiwi juga menjadi salah satu sumber makanan yang bersifat basa (alkali) sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menetralkan asam lambung. Ditambah dengan berbagai mineral penting yang baik bagi keseluruhan fungsi organ tubuh, menjadikan buah ini semakin nampak eksotis.

Berikut berbagai manfaat buah kiwi selengkapnya:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sebagian besar dari kita mungkin tak menyangka bahwa di dalam buah kiwi terkandung vitamin C yang dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah jeruk yang tersohor akan kandungan vitamin C nya.

Tingginya kandungan vitamin C di dalam buah kiwi inilah yang membuatnya mampu membantu meningkatkan sistem imun guna mencegah tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, vitamin C dalam buah kiwi juga berperan sebagai antioksidan yang efektif dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas.

Oleh sebab itu, nikmatilah kesegaran buah kiwi setiap hari sebagai salah satu cara alami dalam menjaga kebugaran tubuh agar siap melahap semua aktivitas sehari-hari tanpa hambatan.

2. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula merupakan penurunan penglihatan pusat yang menjadi penyebab utama gangguan penglihatan pada orang dewasa atau yang berusia lanjut. Untungnya kondisi ini dapat diminimalisir dengan rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari.

Buah kiwi mengandung lutein dan zeaxanthin yang terbukti efektif dalam meningkatkan kepadatan optik dari pigmen makula pada mata manusia. Bahkan menurut sebuah penelitian, efektivitasnya dalam mencegah degenerasi makula lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran.

Luar biasa bukan manfaat buah kiwi bagi kesehatan mata kita?

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Semua orang pastinya mendambakan kulit yang sehat, cerah dan bercahaya. Bahkan tak sedikit orang yang rela merogoh kocek besar demi mewujudkan keinginan tersebut. Sebenarnya untuk mewujudkan keinginan ini caranya cukup sederhana. Konsumsi saja setidaknya dua buah kiwi setiap harinya.

Buah dengan kulit luar berbulu ini kaya akan kandungan vitamin E yang kadarnya disinyalir lebih tinggi dibandingkan buah alpukat. Vitamin E sendiri sudah dikenal lama dalam dunia kecantikan karena memiliki manfaat yang begitu beragam bagi kesehatan kulit.

Untuk itu, siapapun yang mendambakan kulit sehat, cerah dan bercahaya mulai sekarang hiasi hari-hari Anda dengan rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari.

4. Menjaga Tumbuh Kembang Janin

Manfaat buah kiwi yang satu ini tentu erat kaitannya dengan ibu hamil. Buah kiwi mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin sekaligus membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan sebagai sumber energi.

Dengan mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang direkomendasikan secara rutin selama kehamilan, maka dapat mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada otak dan sumsum tulang belakang bayi atau yang disebut juga dengan neural tube defects (NTD).

5. Membantu Proses Metabolisme

Manfaat buah kiwi terasa semakin lengkap berkat kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam buah kiwi mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh sekaligus melindungi tubuh dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit.

6. Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Bagi para penderita diabetes tak perlu ragu untuk mengonsumsi buah kiwi. Mengapa? karena buah kiwi tergolong ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Jadi aman dikonsumsi para penderita diabetes, karena dapat menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

7. Baik bagi Kesehatan Jantung

Buah kiwi kaya akan berbagai mineral penting, salah satunya kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menetralkan sodium dalam tubuh dan bertindak sebagai vasodilator guna merelaksasi pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Ditambah lagi dengan kombinasi serat dan vitamin K di dalam buah kiwi yang mampu mencegah penumpukan kalsium di arteri semakin melengkapi kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung.

Maka tak heran, banyak ahli yang merekomendasikan untuk rutin mengonsumsi buah kiwi setiap hari karena berdampak positif terhadap kesehatan jantung.

8. Mencegah Kanker

Di negara asalnya Tiongkok, pohon-pohon dalam famili Actinidia (pohon kiwi) telah lama digunakan sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti nyeri sendi, batu kandung kemih serta kanker hati dan kerongkongan.

Baik buah maupun akarnya telah terbukti memiliki aktivitas antitumor dan antikanker pada beberapa organ tubuh seperti hati, paru-paru dan usus besar berkat kandungan polisakarida dan beberapa zat didalamnya yang berperan sebagai antioksidan.

Berkat kemampuannya tersebut, para ahli pun memasukkan buah kiwi ke dalam salah satu makanan terbaik untuk mencegah atau melawan kanker.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K yang terkandung dalam buah kiwi berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium guna membangun tulang yang sehat.

Seseorang yang mengalami defisiensi vitamin K berpeluang besar mengalami berbagai risiko cedera atau gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Untuk itu, cukupilah kebutuhan tubuh akan vitamin K dari berbagai makanan yang menjadi sumber terbaiknya seperti buah kiwi dan sayuran hijau.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, maka buah kiwi wajib terdaftar dalam menu dietnya. Apa alasannya? Buah kiwi kaya akan kandungan serat larut yang mampu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar ketika mengonsumsinya.

Belum lagi, dalam 100 gram buah kiwi hanya mengandung 55 kalori. Jadi sangat amat cocok untuk ditempatkan dalam daftar menu diet sehari-hari guna membantu penurunan berat badan.

11. Membantu Meringankan Gangguan Pernafasan

Para ahli menyarankan penderita gangguan pernafasan seperti asma atau batuk kronis untuk memperbanyak asupan vitamin C. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, buah kiwi dikemas dengan kandungan vitamin C yang begitu tinggi.

Jadi sangat tepat dikonsumsi oleh para penderita gangguan pernafasan karena terbukti dapat menenangkan saluran pernafasan dan mengendalikan gejala seperti mengi dan hidung tersumbat.

12. Membantu Meringankan Gejala Irritable Bowel Syndrome

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang bersifat kronis. Gejala yang sering dialami penderitanya berupa diare, sembelit dan perut kembung yang acap kali dipicu oleh makanan atau minuman tertentu.

Untuk membantu meringankan gejala tersebut, para ahli menyarankan para penderita IBS untuk rutin mengonsumsi buah kiwi. Karena kandungan serat dan kadar kreatinin yang tinggi dalam buah kiwi telah terbukti dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh dengan mengoptimalkan kerja sel saraf yang berfungsi mengendalikan pergerakan usus.

13. Melindungi DNA Manusia dari Kerusakan

Buah kiwi memiliki kemampuan untuk melindungi DNA manusia dari kerusakan akibat radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia. Para peneliti menyatakan bahwa kemampuan buah kiwi ini ditenggarai berkat kandungan vitamin C, beta karoten, flavonoid, fitonutrien dan beberapa zat lain yang terkandung dalam buah yang menakjubkan ini.

14. Meningkatkan Mood

Tak dapat dipungkiri, suasana hati yang sedang baik dapat berubah seketika karena di picu oleh berbagai hal. Bahkan tak jarang mood yang menurun dapat membuat seseorang menjadi frustasi.

Nah, menikmati 2 atau 3 buah kiwi menjadi solusi yang cerdas untuk mengalahkan suasana hati  yang buruk tersebut. Buah kiwi tinggi akan kandungan serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan mood, mengatur nafsu makan dan meningkatkan efisiensi tidur hingga 15%.

Bahkan dalam sebuah penelitian, kebiasaan rutin mengonsumsi buah kiwi di pagi hari diyakini lebih sehat dibandingkan dengan minum kopi atau teh.

15. Membantu Menetralkan Asam Lambung

Buah kiwi termasuk salah satu buah-buahan yang bersifat basa. Mengonsumsi sumber makanan yang bersifat basa (alkali) seperti kiwi dapat membantu melawan asam lambung berlebih sehingga aman untuk penderita penyakit maag.

Selain itu, makanan yang bersifat basa (alkali) juga dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit, dijadikan sumber energi instan dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak rentan terserang virus atau bakteri penyebab penyakit.

Itulah beberapa manfaat buah kiwi yang semakin menambah keeksotisannya sebagai buah impor. Setelah mengetahui berbagai nutrisi dan manfaat kiwi, apakah Anda masih berpikir dua kali untuk membelinya?

Baca manfaat buah lainnya:

  • Manfaat Buah Pepaya
  • Manfaat Buah Melon
  • Manfaat Buah Kurma
  • Manfaat Buah Tin
  • Manfaat Buah Sirsak
  • Manfaat Buah Kesemek
  • Manfaat Buah Naga

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit