Bovine Colostrum: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 14, 2019 Update terakhir: Feb 20, 2020 Waktu baca: 2 menit

Apa Anda pernah mendengar kata bovine colostrum? Atau apakah Anda mengetahui apa itu bovine colostrum? Bagi sebagian orang mungkin bovine colostrum sudah tidak asing lagi karena ternyata cairan susu sapi ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk pengobatan. 

Bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik bovine colostrum. Jadi, mari simak detil bovine colostrum di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Mengenai Bovine Colostrum

Bovine colostrum adalah cairan susu yang berasal dari sapi. Cairan susu ini muncul selama 2 hingga 4 hari setelah melahirkan, tepatnya sebelum ASI yang sebenarnya muncul.

Bovine colostrum berwarna kuning muda. Memiliki rasa yang halus, dan bau seperti mentega susu. Cairan susu sapi ini telah sejak dulu digunakan untuk pengobatan tradisional. Saat ini, bovine colostrum populer dalam bentuk suplemen yang memiliki banyak manfaat.

Golongan

Suplemen bovine colostrum ini dijual bebas, namun lebih disarankan untuk mendiskusikan penggunaannya dengan dokter.

Kemasan

Bovine colostrum dijadikan suplemen berupa bubuk, dan kapsul.

Kandungan

Bovine colostrum mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, immunoglobulin, glikoprotein, polipeptida, laktoperoksidase, laktoferin, lisozim, sitokin, kasein, insulin, oligosakarida fibroblast, bioaktif, dan antibodi.

Kadar antibodi dalam bovine colostrum 100 kali lebih tinggi daripada kadar antibodi dalam susu sapi biasa. Antibodi dapat melawan agen penyakit seperti bakteri, jamur, dan virus.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

Manfaat Bovine Colostrum

Bovine colostrum memiliki banyak manfaat, namun belum ada informasi yang cukup untuk menilai efektivitas kegunaan bovine colostrum.

Adapun manfaat bovine colostrum, yaitu untuk membakar lemak, membentuk otot tanpa lemak, meningkatkan stamina dan vitalitas, meningkatkan kinerja atletik, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan cedera, memperbaiki kerusakan sistem saraf, meningkatkan suasana hati, memperlambat penuaan.

Selain itu, bovine colostrum juga bermanfaat untuk mengobati diare, infeksi saluran pernafasan, influenza, mata kering, peradangan di mulut, gagal tumbuh, diabetes, dan meningkatkan fungsi kognitif. Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan bovine colostrum ini.

Efek Samping Bovine Colostrum

Bovine colostrum aman bagi sebagian besar orang saat digunakan dengan tepat, dan tidak mengalami efek samping apapun.

Akan tetapi, bovine colostrum dapat menimbulkan efek samping seperti mual, perut bergas, kembung, diare, dan ruam kulit pada sebagian orang meski jarang terjadi.

Sementara pada beberapa penderita HIV terdapat efek samping seperti mual, muntah, fungsi hati tidak normal, dan penurunan sel darah merah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Dapatkan Obat Antiseptik Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 31

Selain itu, terdapat pula kekhawatiran tentang kemungkinan terkena sapi gila.

Dosis Bovine Colostrum

Dewasa dosis hingga 60 g/hari telah digunakan.

Anak-anak dosis hingga 10 g/hari telah digunakan.

Dosis bovine colostrum yang tepat, tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk bovine colostrum, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bovine colostrum.

Interaksi Bovine Colostrum

Saat ini, belum ada informasi yang cukup mengenai interaksi bovine colostrum.

Perhatian

JIka Anda sedang hamil atau menyusui, tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan penggunaan bovine colostrum. Jadi, hindarilah penggunaan agar tetap aman.

Jika Anda alergi terhadap susu sapi atau produk susu, Anda mungkin akan alergi pula terhadap bovine colostrum. Bila Anda memiliki alergi tersebut, sebaiknya hindarilah penggunaan bovine colostrum.

Demikian berbagai hal mengenai bovine colostrum yang dapat Anda ketahui. Bila Anda tertarik atau memerlukan pengobatan dengan bovine colostrum, konsultasikanlah pada dokter Anda. 

Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari cairan susu sapi ini.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lizzie Streit, MS, RDN, LD, BOVINE COLOSTRUM (https://www.healthline.com/nutrition/bovine-colostrum), 27 February 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app