Ketahui Apakah Benar Brokoli Baik Bagi Ibu Hamil?

Kira-kira apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini.
Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 2, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ketahui Apakah Benar Brokoli Baik Bagi Ibu Hamil?

Brokoli salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Sehingga pada jumlah takaran konsumsi yang tepat dapat menjadikan anda lebih sehat dan serat yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik.

Anda juga bisa melakukan modifikasi ketika mengolah brokoli baik dikukus, ditumis atau bahkan dipanaskan dalam suhu rendah di microwave. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Hal yang perlu diperhatikan adalah waktu memasak yang tidak melebih batas wajar, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga hingga anda mengonsumsinya di waktu-waktu tertentu.

Brokoli Bagi Ibu Hamil

Nutrisi yang sama juga berlaku bagi ibu hamil. Kondisi ini memerlukan nutrisi yang lebih banyak untuk janin dan ibu hamil sendiri. Supaya terhindar dari berbagai risiko kesehatan karena malnutrisi

Maka brokoli dapat menjadi sayuran yang wajib dimasukkan ke dalam daftar menu harian untuk menambah kalsium dan asam folat. Kira-kira apa saja manfaat brokoli bagi kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Struktur tulang menjadi lebih baik

Masa kehamilan menjadi masa perkembangan ukuran janin yang semakin membesar. Dengan demikian ibu hamil harus mampu menahan tubuh sekaligus janinnya sendiri.

Vitamin K sekaligus kandungan kalsium pada brokoli dipercaya dapat membuat ibu hamil memiliki penyimpanan energi yang lebih baik. Dapat merangsang pertumbuhan janin dan sebagai pelindung yang baik untuk sistem syaraf yang masih berkembang di dalam kandungan.

2. Kadar kortisol yang menurun

Brokoli baik untuk kesehatan janin. Kandungan kolin dapat mengurangi kadar kortisol yang menyebabkan stres dan hipertensi di kemudian hari. Juga dapat menghindarkan janin dari tertular berbagai jenis penyakit yang mematikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

3. Bebas anemia dan radikal bebas

Ibu hamil memiliki resiko rentan anemia sehingga kandungan zat besi pada brokoli dapat menjadi alternatif pilihan. Selain itu juga sebagai penangkal radikal bebas karena kandungan vitamin A dan C cukup tinggi yang kaya akan antioksidan

Dengan demikian anda tidak akan mengalami berbagai keluhan selama kehamilan sekaligus dapat sedini mungkin melindungi janin dari risiko kesehatan.

Brokoli sebagai pencegah sel kanker

Selain mampu menutrisi dengan optimal pada ibu hamil, brokoli juga mampu mengurangi risiko penyakit kanker yang mematikan. Pernyataan ini diperkuat oleh salah satu penelitian yang dilakukan peneliti dari Oregon State University.

Kandungan yang terdapat di dalam brokoli sangat ampuh sebagai pencegah sel kanker. Akibat sifatnya yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam waktu yang cepat.

Kandungan sulforaphne yang terkandung dalam brokoli termasuk salah satu zat kimiawi pencegah kanker, bahkan memiliki kemampuan mengubah gen sehingga memiliki perlindungan yang baik terhadap sel-sel abnormal seperti kanker. 

Dengan demikian konsumsi brokoli yang seimbang dan teratur dapat mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

Porsi brokoli sebagai pencegah kanker

Berdasarkan informasi dari WHO atau World Health Organisation menyatakan jika konsumsi brokoli yang tepat dapat mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Porsi yang disarankan untuk mengkonsumsi sayuran harian adalah sebanyak 250 gram atau sama dengan 2 setengah gelas per hari. 

Dengan demikian anda bisa memakan porsi itu sekaligus atau membaginya sesuai jadwal makan harian seperti 3 kali sehari.

Ketika anda menggunakan satu gelas brokoli dalam satu kali porsi makan, maka anda telah mengkonsumsi 25 kalori dengan 5 gram karbohidrat dan 1 gram protein nabati. Dengan demikian tidak masalah jika ingin lebih banyak mengkonsumsi brokoli dalam waktu sehari.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Amazing Benefits Of Eating Broccoli During Pregnancy. Being The Parent. (https://www.beingtheparent.com/broccoli-during-pregnancy/)
13 Foods to Eat When You're Pregnant. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant)
Can you eat broccoli while pregnant?. WebMD. (https://www.webmd.com/baby/qa/can-you-eat-broccoli-while-pregnant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app