Beberapa Fakta Menarik Tentang Tulang Manusia

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beberapa Fakta Menarik Tentang Tulang Manusia

Sistem rangka manusia merupakan suatu fondasi yang kuat seperti kayu dan batu bata untuk membuat rumah. Dengan fondasi yang kuat, tubuh Anda dirancang untuk melakukan banyak tugas yang luar biasa, dari berlari hingga saat melahirkan.

Berikut pada artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang sistem kerangka dan beberapa hal unik lainnya yang mungkin belum pernah Anda ketahui tentang tulang, tulang rawan, dan ligamen yang membentuk sistem rangka Anda. Berikut pembahasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kerangka Manusia Terbuat dari Lebih dari 200 Tulang

Di dalam tubuh Anda terdapat 206 tulang. Setiap tulang memainkan peran yang sangat penting dalam membuat semua mekanisme tubuh Anda berfungsi dengan baik. Jika terdapat tulang yang patah, maka semua tulang di sekitarnya tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Tulang Diisi dengan Jaringan Seperti Sponge

Sumsum tulang adalah zat kenyal yang ditemukan di dalam tulang besar seperti pinggul, panggul, dan tulang paha. Sumsum tulang memiliki sel punca. Sel induk yang bertanggung jawab untuk memproduksi banyak sel terpenting dalam tubuh Anda, termasuk sel darah, otak, jantung, dan tulang.

Bayi Dilahirkan dengan 300 Tulang

Orang dewasa biasanya hanya akan berakhir hanya dengan memiliki 206 tulang, tetapi bayi dilahirkan dengan hampir 100 lebih tulang. Hal tersebut bukan karena tulang menghilang saat seseorang bertambah tua. Namun, tulang-tulang kecil tersebut bergabung bersama untuk membentuk tulang yang lebih besar dari sistem rangka.

Tulang Terkecil di Tubuh Berada di Telinga Anda

Stapes, sebuah tulang di telinga bagian dalam merupakan tulang yang terkecil dari semua tulang. Tulang tersebut juga kadang-kadang disebut sanggurdi karena bentuk Y-nya. Bersama dengan landasan dan tulang palu, stapes membantu menerjemahkan suara yang Anda dengar menjadi gelombang yang dapat dipahami otak Anda.

Tulang Terpanjang Pada Tubuh Adalah di Kaki Anda

Tulang paha, yang membentang dari pinggul ke lutut merupakan tulang terpanjang dan terbesar di tubuh Anda. Tulang tersebut juga merupakan tulang yang terkuat. Pikirkan saja semua bobot tubuh yang dipikul tulang paha Anda dalam sehari. Tidak heran tulang kaki Anda sangat kuat!

Tulang Sangat Kuat dan Dirancang Untuk Menerima Tekanan

Ya, setiap tulang pastinya bisa patah. Tetapi tulang manusia dirancang untuk tahan terhadap tekanan. Sebagai contoh, beberapa tulang harus mampu menyerap dua hingga tiga kali berat tubuh Anda secara paksa.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Satu Tulang yang Tidak Terhubung ke Tulang Lain

Tulang hyoid, yang ada di tenggorokan Anda merupakan satu-satunya tulang yang tidak terhubung ke sendi. Tulang hyoid bertanggung jawab untuk menahan lidah Anda.

Tulang Memang kuat, Tetapi Gigi Lebih Kuat

Enamel pada gigi Anda, yang dianggap sebagai bagian dari sistem kerangka, sebenarnya lebih kuat dari tulang. Enamel melindungi saraf dan jaringan halus di dalam gigi Anda.

Tulang Dapat Sembuh Secara Alami

Ketika Anda mengalami patah tulang, tubuh Anda akan bekerja memproduksi sel-sel tulang baru dan membantu menyembuhkan patah tulang. Gips atau penyangga yang digunakan saat patah tulang hanya untuk memastikan tulang pulih dengan lurus sehingga Anda tidak memiliki masalah lagi di masa mendatang.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Seiring bertambahnya usia kekuatan tulang akan berkurang. Menjaga tulang kuat membutuhkan makanan yang kaya kalsium seperti produk susu, brokoli, dan beberapa makanan lau seperti ikan. Olahraga, terutama latihan menahan beban, juga dapat membantu menjaga tulang tetap kuat.

Cara Menjaga Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat:

  • Mengkonsumsi banyak sayuran. Sayuran merupakan sumber terbaik Vitamin C, yang merangsang produksi sel pembentuk tulang. Warna hijau dan kuning dalam sayur telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu mineralisasi tulang.
  • Melakukan latihan kekuatan. Latihan latihan kekuatan sangat penting bagi mereka yang menderita defisiensi sendi ekstremitas bawah seperti radang sendi lutut atau pinggul, yang merupakan kondisi yang dapat membatasi kemampuan seseorang untuk melakukan latihan angkat beban.
  • Tambahkan Vitamin D ke Suplemen Anda. Untuk membantu menyerap kalsium, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 1.000 hingga 2.000 IU vitamin D setiap hari. Mengkonsumsi suplemen vitamin D dapat memastikan Anda memenuhi kebutuhan harian Anda.
  • Jangan merokok dan jangan mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan. Hilangnya kepadatan mineral tulang sering dikaitkan dengan penggunaan tembakau dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Uppin S, et al. (2008). Lesions of the bones of the hands and feet: A study of 50 cases [Abstract]. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18466029)
Shah K, et al. (2013). The role of muscle in bone repair: The cells, signals, and tissue responses to injury. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3698863/)
Sanders, RJ, et al. (2002). Management of cervical ribs and anomalous first ribs causing neurogenic thoracic outlet syndrome. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12096257)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app