Bahaya Jadi Perokok Pasif Yang Wajib Anda Tahu

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bahaya Jadi Perokok Pasif Yang Wajib Anda Tahu

Rasanya kita sudah tahu bahwa merokok itu berbahaya. Tentu saja ketika kita sedang membeli rokok sudah ada slogan yang sangat akrab karena tertulis jelas di wadah rokok tersebut. Dimana slogannya adalah “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan serta janin”. 

Ya, ini adalah benar adanya karena sudah banyak kematian yang disebabkan karena menghisap rokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Nah, jadi jika Anda sayang dengan hidup Anda, tentu hentikan kebiasaan merokok sekarang juga sebelum terlambat. Namun apakah Anda sudah tahu bahwa merokok ternyata bukan hanya merugikan diri kita sendiri. Namun banyak orang yang disekeliling kita yang juga merasakan kerugian yang sama. 

Bahkan dalam beberapa studi yang dilakukan, berdekatan dengan orang yang merokok justru membuat Anda lebih rugi karena asap rokok yang keluar lebih mengandung bahan yang berbahaya.

Mengenal perokok pasif dan aktif

Namun bukan berarti Anda langsung merokok saja. karena akibat dan bahayanya sama saja. Perokok ini disebut dengan nama perokok pasif. Maksudnya, seseorang yang tidak menghirup rokok secara langsung namun ikut menghirup asap rokok dari rokok yang dinyalakan oleh orang lain. 

Banyak yang berpendapat bahwa menjadi perokok pasif itu tidak ada masalah.

Hanya saja perlu Anda tahu, tidak merokok memang menjadi pilihan terbaik. Namun jika Anda berada di lingkungan yang notabennya semuanya perokok, hal itu akan sama saja. Bahaya asap rokok pasif disebabkan karena nikotin dan racun lain yang ada di asap rokok tersebut. 

Perokok pasif juga berpotensi mengidap kanker yang sama dengan mereka yang perokok aktif. Beberapa kanker yang menghantui Anda adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Berbeda dengan perokok pasif, perokok aktif adalah perokok yang melakukan kegiatan merokok secara langsung. Walaupun berbeda, namun kedua jenis perokok ini tetap saja tidak ada bedanya. Karena sama-sama memberikan efek atau dampak yang buruk untuk tubuh.

Bahaya perokok pasif bagi wanita hamil dan anak-anak

Asap rokok menjadi hal yang dianggap biasa oleh masyarakat. Padahal asapnya sangat beresiko membahayakan nyata seseorang. Asap rokok menjadi hal yang sangat berbahaya bagi wanita hamil dan juga anak-anak. Karena memang asap rokok menyebabkan bayi didalam rahim terganggu perkembangannya. 

Belum lagi banyak orang tua yang merokok didepan anak yang akhirnya asapnya malah dihirup oleh anak tersebut. Berikut bahaya asap rokok bagi anak yang masih balita:

Bukan hanya untuk anak-anak saja, wanita hamil yang terpapar asap rokok juga terbayangi bahaya mematikan. Berikut bahaya asap rokok untuk wanita hamil:

  • Bayi yang lahir berpotensi prematur alias tidak normal seperti biasanya
  • Berat badan bayi yang dilahirkan tidak normal
  • Bayi bisa mendadak meninggal
  • Cacat mental
  • ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Syndrome
  • Tidak bisa berkembang dengan baik

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The American Cancer Society medical and editorial content team. (2015). Health risks of secondhand smoke. (https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/tobacco-and-cancer/secondhand-smoke.html)
Passive smoking: protect your family and friends. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/quit-smoking/passive-smoking-protect-your-family-and-friends/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app