Asam Pantotenat: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Mar 2, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 996.311 orang

Asam pantotenat merupakan suatu golongan vitamin B kompleks, yakni vitamin B5. Vitamin ini sangat banyak manfaatnya guna melengkap vitamin di dalam tubuh kita. 

Selain sebagai vitamin tambahan, asam pantotenat juga berguna sebagai terapi pada penyakit gangguan kejiawaan seperti autisme, ADHD, gangguan jantung, sistem pernapasan, dan lain-lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Asam pantotenat terkandung dalam hewani yang memiliki fungsi untuk mensistesis CoA (koenzim- A), serta membantu sintesis lemak, protein, dan karbohidrat di dalam tubuh. 

Koenzim- A ini berperan dalam pelepasan energi guna memetabolisme mineral yang masuk di dalam tubuh. Vitamin B5 mudah sekali larut di dalam air dan mudah keluar melalui urin.

Sumber dari asam pantotenat paling banyak terdapat pada daging, sayur, dan buah-buahan seperti:

  • Daging ayam
  • Kuning telur
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Ikan
  • Susu
  • Kacang-kacangan

Defisiensi Asam Pantotenat

Meskipun asam Pantotenat ini tidak dibutuhkan terlalu banyak di dalam tubuh, kekurangan asam Pantotenat juga berdampak pada kesehatan kita. Defisiensi asam Pantotenat menyebabkan Koenzim-A di dalam tubuh menjadi sangat rendah. Terdapat beberapa gejala yang terjadi akibat kekurangan asam Pantotenat yaitu:

  • Kaku otot
  • Kram otot
  • Nyeri kepala
  • Mati rasa
  • Mual muntah
  • Insomnia
  • Mudah marah
  • Hipoglikemia
  • Kadar adrenalin yang meningkat

Manfaat dari Asam Pantotenat

Asam Pantotenat sangat banyak manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Berikut beberapa manfaat dari asam Pantotenat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Perawatan Ulkus

Ulkus pada kaki yang banyak disebabkan oleh riwayat diabetes melitus yang cukup tinggi perlu dilakukan perawatan. KAndungan Asam Pantotenat pada vitamin B5 berfungsi umtuk mepercepat penyembuhan luka ulkus.

ADHD

Penyakit ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan suatu kelainan perilaku yang terlihat pada anak dimana muncul peningkatan motorik dan hilangnya atensi pada anak

Aktivitas yang berlebihan seperti tidak bisa diam, sulit tenang, dan sulit diberi tahu ini merupakan suatu faktor genetik pada hampir dari 80% kasus ADHD.

Radang Sendi

Radang sendi sepreti osteoarthritis merupakan inflamasi pada persendian dimana timbul gesekan antara tulang karena kurangnya pelumas sinovial pada kartilago. 

Selain itu pada arthritis rematik yang merupakan kelaianan autoimun yang menyerang sendi dan menimbulkan peradangan sehingga dapat mengarah pada pengecilan otot, perubahan struktur tulang, hingga penipisan tulang.

Jerawat

Jerawat merupakan peradangan ringan pada pori-pori di wajah akibat debu atau minyak berlebih yang menempel di wajah. Jerawat sangat menyakitkan dan mengganggu penampilan. Jerawat atau acne dapat bersifat ringan hinga berat sesuai dengan jumlah jerawat yang muncl serta bentuknya.

Nyeri menstruasi

Nyeri menstruasi atau pada masa PMS sangat mengganggu kenyamanan wanita karena menandakan siklus haid yang datang kembali. Asam Pantotenat melalui makanan dapat dikonsumsi untuk mengurangi nyeri mens.

Efek samping Asam Pantotenat

Hingga saat ini, Asam Pantotenat dinilai memiliki efek samping yang sangat rendah. Pemberian dosis kecil tidak memberikan efek negatif apapun bagi tubuh, terkecuali dengan pemberian dosis besar tetapi ini kembali lagi pada metabolisme tubuh setiap orang yang berbeda. 

Efek samping yang dapat muncul namun jarang terjadi antara lain ruam merah pada kulit, pembengkakan pada bibir, dan sesak napas. Asam Pantotenat tidak memiliki interaksi dalam pemberian obat lainnya secara bersamaan.

Pemberian Asam Pantotenat

Selain dari makanan sehat sehari-hari, asam Pantotenat juga tersedia dalam bentuk pil multivitamin hingga suplemen yang mengandung vitamin B5. 

Asam Pantotenat di dalam multivitamin tidak banyak karena perlu mencukupi vitamin dan mineral lain yang diperlukan bagi tubuh. Dosis asam Pantotenat berbeda-beda bergantung pada usia seseorang.

Untuk orang dewasa, asam Pantotenat dapat dikonsumsi dengan dosis 3 miligram hingga 7 miligram perharinya. Sedangkan pada anak usia dibawah 3 tahun, cukup mengonsumi 1 hingga 2 miligram sudah mencukupi kebutuhan vitamin B5 anak dalam satu hari.             

Asam Pantotenat disimpan di wadah dengan suhu ruangan yang terjaga dan terhindar dari sinar matahari langsung. Usahakan untuk melihat tanggal kadaluarsa sebelum mengonsumsi vitamin B5 asam Pantotenat

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp