Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Arang Aktif: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 8, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.997.959 orang

Arang biasanya terbuat dari gambut, batu bara, kayu, tempurung kelapa, atau minyak bumi. "Arang aktif" mirip dengan arang biasa. Pabrik membuat arang aktif dengan cara memanaskan arang biasa bersamaan dengan gas. 

Proses ini menyebabkan arang mengembangkan banyak ruang internal atau "pori-pori". Pori-pori ini membantu arang aktif "menangkap" bahan kimia.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Arang aktif umumnya diminum untuk mengobati keracunan, perut kembung, kolesterol tinggi, mabuk, sakit perut, dan masalah aliran empedu (kolestasis) selama kehamilan. Arang aktif diterapkan pada kulit sebagai bagian dari perban untuk membantu menyembuhkan luka.

Bagaimana cara kerjanya?

Arang aktif bekerja dengan "menjebak" bahan kimia dan mencegah penyerapannya.

Kegunaan & efektivitas

Mungkin efektif untuk:

Keracunan. Arang aktif berguna untuk menjebak bahan kimia sehingga mampu menghentikan beberapa jenis keracunan ketika digunakan sebagai bagian dari perawatan standar. 

Arang aktif harus diberikan dalam waktu 1 jam setelah racun tertelan dan tampaknya tidak bermanfaat jika diberikan dalam waktu 2 jam atau lebih setelah keracunan terhadap beberapa jenis racun. Arang aktif tampaknya tidak membantu menghentikan semua jenis keracunan.

Tidak adanya cukup bukti untuk:

  • Menurunkan kadar kolesterol
    Sejauh ini studi penelitian tidak setuju tentang efektivitas menggunakan arang aktif secara oral untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Diare disebabkan oleh obat kanker irinotecan
    Irinotecan adalah obat kanker yang diketahui dapat menyebabkan diare. Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan arang aktif selama pengobatan dengan irinotecan dapat mengurangi diare, termasuk diare parah, pada anak-anak yang menggunakan obat ini.
  • Mengurangi gas dalam perut
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa arang aktif dapat mengurangi gas usus secara efektif, tetapi penelitian lain tidak setuju tentang penggunaan ini. Terlalu sedikit informasi untuk menyimpulkan tentang efektivitas arang aktif terhadap masalah ini.
  • Gangguan pencernaan
    Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan produk kombinasi tertentu yang mengandung arang aktif dan simetikon, dengan atau tanpa magnesium oksida, dapat mengurangi rasa sakit, kembung, dan perasaan kenyang pada orang dengan gangguan pencernaan. Tidak ada informasi yang jelas apakah hanya menggunakan arang aktif akan membantu mengobati gangguang pencernaan.
  • Mengobati berkurangnya aliran empedu (kolestasis) selama kehamilan
    Berdasarkan beberapa laporan penelitian awal, mengonsumsi arang aktif tampaknya membantu mengobati kolestasis selama kehamilan.
  • Menurunkan kadar fosfat pada orang yang menggunakan dialisis
    Penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan arang aktif setiap hari selama 24 minggu dapat mengurangi kadar fosfat pada orang dengan hemodialisis yang memiliki kadar fosfat tinggi.
  • Mencegah mabuk
    Arang aktif ditambahkan ke dalam beberapa obat mabuk, tetapi beberapa ahli skeptis tentang seberapa baik efeknya ketika mabuk. Arang aktif tampaknya tidak menjebak alkohol dengan baik.
  • Efek toksik dari fenitoin (obat antiseizure)
    Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa arang aktif dapat membantu menghilangkan fenitoin dari tubuh, sehingga membuat tingkat fenitoin kembali ke kisaran normal.
  • Penyembuhan luka
    Studi tentang penggunaan arang aktif untuk penyembuhan luka memiliki hasil yang beragam. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa menggunakan perban dengan arang aktif membantu menyembuhkan luka pada orang dengan ulkus kaki vena. Tetapi penelitian lain menunjukkan bahwa arang aktif tidak membantu mengobati luka ulkus kaki vena.
  • Kondisi lainnya.

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan arang aktif pada kondisi diatas.

Efek samping & keamanan

Arang aktif MUNGKIN AMAN bagi kebanyakan orang dewasa ketika diminum dalam jangka pendek, atau ketika diterapkan pada luka. Efek samping mengonsumsi arang aktif termasuk sembelit dan tinja hitam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek samping yang lebih serius, tetapi jarang terjadi, ialah memperlambat atau menyumbat saluran usus, regurgitasi ke paru-paru, dan dehidrasi.

Pencegahan & peringatan khusus:

  • Ibu hamil dan menyusui: Arang aktif mungkin aman jika digunakan dalam jangka pendek pada Ibu hamil atau menyusui, tetapi konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum penggunaan terhadap Ibu hamil.
  • Penyumbatan gastrointestinal atau pergerakan makanan yang lambat melalui usus: Hindari penggunaan arang aktif jika Anda mengalami penyumbatan usus. Selain itu, hindari penggunaan arang aktif jika Anda memiliki kondisi yang memperlambat perjalanan makanan melalui usus Anda (peristaltik berkurang), kecuali jika dipantau oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Interaksi

Interaksi mayor

Jangan gunakan kombinasi ini!

Sirup ipecac berinteraksi dengan ARANG AKTIF

Arang aktif dapat mengikat sirup ipecac di perut, sehingga mengurangi efektivitas sirup ipecac.

Interaksi sedang

Berhati-hatilah menggunakan kombinasi ini!

Alkohol berinteraksi dengan ARANG AKTIF

Arang aktif terkadang digunakan untuk mencegah racun diserap oleh tubuh. Menggunakan alkohol bersamaan dengan arang aktif dapat mengurangi kemampuan arang aktif untuk mencegah penyerapan racun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Obat oral berinteraksi dengan ARANG AKTIF

Arang aktif menyerap zat-zat di lambung dan usus. Menggunakan arang aktif bersamaan dengan obat oral dapat mengurangi terserapnya obat ke dalam tubuh, dan mengurangi efektivitas obat tersebut. Untuk mencegah interaksi ini, gunakan arang aktif setidaknya satu jam setelah meminum obat.

Dosis

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah:

ORANG DEWASA

SECARA ORAL:

Overdosis atau keracunan obat: 50-100 gram arang aktif diberikan ketika awal penggunaan kemudian diikuti dengan dosis 12,5 gram/jam setiap 2-4 jam. Terkadang dosis tunggal 25-100 gram arang aktif dapat digunakan.

ANAK-ANAK

SECARA ORAL:

Overdosis atau keracunan obat: Arang aktif 10-25 gram direkomendasikan untuk anak-anak hingga usia satu tahun, sedangkan 25-50 gram arang aktif direkomendasikan untuk anak-anak berusia 1-12 tahun. 

Arang aktif sebanyak 10-25 gram direkomendasikan apabila diperlukan arang aktif dalam beberapa dosis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp